Cara Mencegah Pemborosan Pulsa dan Paket Data di Android

Cara Mencegah Pemborosan Pulsa dan Paket Data di Android

Kebutuhan cara mencegah pemborosan pulsa di HP Android saat ini diperlukan karena memang sering kali pulsa maupun paket data habis dengan cepat. Dari komponen penunjang fungsi HP atau Smartphone, pulsa menjadi salah satu bagian penting yang harus dimiliki.

Dengan adanya pulsa tersebut, kamu bisa mengakses berbagai layanan yang ada di smartphone. Pulsa menjadi alat pembayaran elektronik yang bisa digunakan untuk internet lewat pemakaian data, telepon, dan juga SMS. Kamu bahkan juga dapat melakukan transaksi transfer pulsa saat ini.

Pemborosan Pulsa di HP Saat ini Lebih Banyak Digunakan untuk Data Internet

Dari banyaknya penggunaan pulsa sebagai alat pembayaran elektronik tersebut. Kamu pasti lebih sering menjadikannya sebagai data agar bisa mengakses internet. Data saat ini sangat dibutuhkan karena hampir semua aplikasi membutuhkan internet agar bisa berjalan.

Pemborosan pulsa sama dengan pemborosan data yang sering terjadi akibat penggunaan berlebihan baik disadari maupun tidak. Banyak dari kamu yang terlalu sering menggunakan data untuk Download, Browsing, bermain media sosial, dan lainya tanpa sadar karena sudah terlalu asyik atau menyenangkan.

Cara mencegah pemborosan pulsa di HP tentu jadi pembahasan menarik untuk kamu yang sering kali kehabisan pulsa sebelum waktu seharusnya. Sikap borong menang muncul dari setiap orang namun tentunya dapat diatur agar tetap sesuai dengan kebutuhannya.

Penggunaan pulsa atau data yang berlebihan sering kali disebabkan oleh kurangnya pemahaman terhadap pulsa itu sendiri. Kamu harus mengerti beberapa hal penting dari penggunaan pulsa tersebut agar bisa digunakan lebih hemat dan tidak boros.

Cara Mencegah Pemborosan Pulsa dan Data Internet di HP

Demi bisa menghemat pulsa dan data internet, kamu harus mengerti cara untuk bisa mencegah munculnya pemborosan. Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk bisa mencegah adanya pemborosan pulsa atau data tersebut, seperti dijelaskan di bawah ini.

1. Atur penggunaan paket data internet

Cara pertama yang dapat kamu lakukan untuk mencegah pemborosan pulsa atau paket data internet adalah dengan mengatur total data dalam periode tertentu. Cara untuk mengatur penggunaan data tersebut bisa dilakukan lewat setting di HP sehingga akan ada notifikasi ketika data mencapai batasnya.

2. Gunakan fitur penghemat data

Beberapa HP android terbaru saat ini punya fitur penghemat data yang bisa kamu manfaatkan sebagai cara mencegah pemborosan pulsa dan data internet di Android. HP terbaru dari Samsung contohnya yang punya fitur penghemat data atau pulsa. Cara mengaktifkannya cukup mudah, seperti :

  • Masuk ke menu setting
  • Temukan pilihan penggunaan data
  • Pada halaman penggunaan data tersebut, pilihan penghemat data
  • Geser bagian aktifkan sekarang untuk masuk ke mode penghemat data

3. Nonaktifkan semua hal yang dapat menjadikan data atau pulsa boros

Cara ketiga yang dapat kamu lakukan sebagai upaya mencegah pemborosan pulsa dan data internet adalah dengan menonaktifkan semua hal yang menjadikan data banyak digunakan. Ada beberapa hal yang bisa kamu nonaktifkan sehingga data dan pulsa lebih hemat lagi, seperti disebutkan di bawah ini.

  • Konten berlangganan, kamu perlu menonaktifkan konten berbayar dan berlangganan agar pulsa tidak langsung terbuang sia – sia dengan cara menghubungi CS operator pulsa
  • Sinkronisasi dan Update Otomatis, kamu juga perlu menonaktifkan sinkronisasi dan update otomatis yang ada pada Smartphone sehingga data lebih hemat lagi

4. Pilih paket operator yang lengkap dan lebih murah

Cara mencegah pemborosan pulsa dan paket data lainnya adalah dengan memilih paket internet yang lengkap dari provider atau operator terbaik. Kamu bisa langsung memilih paket untuk internet, SMS< dan Telepon jadi satu sehingga lebih hemat penggunaannya dibandingkan membeli satu persatu

5. Nonaktifkan data internet jika tidak digunakan

Cara lain yang juga bisa kamu lakukan untuk dapat menghemat data adalah dengan menonaktifkannya ketika tidak dibutuhkan. Kamu bisa buka panel cepat dan tekan data seluler agar tidak aktif sehingga pulsa atau data tidak digunakan secara sembarangan.

Lewat beberapa penjelasan di atas, ada banyak cara agar pulsa atau dalam hal ini paket data bisa lebih hemat lagi. Cara mencegah pemborosan pulsa dan paket data tersebut penting agar pengeluaran penggunaan pulsa setiap bulannya tidak berlebih.

Freelancer content writer teknologi. Sangat suka dengan dunia teknologi, seperti melihat masa depan.

Artikel Menarik Lainnya: