Cara Mencuci Sepatu Kanvas dengan Baik dan Benar

Perhatikanlah selalu bagaimana cara mencuci sepatu kanvas dengan baik dan benar. Sebab, kerap terjadi kesalahan dalam melakukan pencucian sepatu berbahan kanvas. Kalau proses mencucinya salah, sepatu berbahan kanvas bisa rusak.

Maka dari itu, perlu pemahaman yang baik mengenai cara mencuci sepatu kanvas. Jangan sampai melakukan kesalahan yang jadi penyebab sepatu kanvas jadi rusak. Berikut ini adalah panduan dalam cara mencuci sepatu kanvas dengan baik dan benar.

Tata Cara Cuci Sepatu Kanvas dengan Benar

Cara untuk cuci sepatu kanvas dengan benar itu cukup mudah. Melalui sejumlah tahapan yang tepat, proses mencuci bisa langsung dilaksanakan. Berikut ini adalah tata cara cuci sepatu kanvas dengan baik dan benar.

1. Lepaskan Tali

Proses awal yang perlu dilakukan adalah melepaskan tali terlebih dulu. Pelepasan tali ini jadi hal yang wajib dilakukan supaya pencucian optimal.

2. Basuh Dulu Semua Bagian dengan Air

Lakukanlah pembasuhan semua bagian sepatu dengan air. Pastikan bahwa semua bagian dari sepatu kanvas telah terbasuh dengan air.

3. Mulai Cuci dengan Sikat yang Dimasukkan ke Air Deterjen

Kini saatnya melakukan pencucian dengan sikat. Masukkan sikat ke rendaman deterjen dan air, kemudian sikatkan ke seluruh bagian sepatu.

4. Gosok di Bagian yang Kotor dengan Pelan

Proses penyikatan harus dilakukan dengan pelan dan jangan serampangan. Gosoklah dengan pelan di bagian sepatu yang dianggap paling kotor.

5. Bilas Sepatu dengan Air Bersih

Ketika seluruh bagian sepatu sudah dibersihkan, maka langkah berikutnya adalah membilas sepatu tersebut dengan air bersih. Bilas langsung dengan air yang mengalir.

6. Jemur Sepatu atau Keringkan dengan Kipas Angin

Tahap terakhir adalah menjemur sepatu yang tadi sudah dicuci. Jemurlah di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung biar sepatu tak rusak warnanya.

Tips Cuci Sepatu Kanvas secara Optimal

Dalam proses mencuci sepatu kanvas, ada beberapa tips yang bisa diterapkan. Dengan tips cuci sepatu kanvas yang tepat, segalanya akan berlangsung dengan lancar dan baik. Ini dia beberapa tips dalam mencuci sepatu kanvas secara optimal.

1. Gosoklah dengan Sikat Khusus

Dalam mencuci sepatu kanvas, ada baiknya untuk menggunakan sikat khusus. Sikat khusus itu mempunyai bulu yang lembut sehingga tak merusak sepatu saat penggosokan. Untuk membeli sikat khusus tersebut bisa ke toko online.

2. Gunakan Sabun Khusus

Jangan pakai sabun deterjen biasa. Ada sabun khusus untuk cuci sepatu yang bisa dibeli di toko atau marketplace. Sebaiknya gunakanlah sabun khusus tersebut biar proses mencuci sepatu bisa berlangsung dengan lebih lancar.

3. Jemur dengan Sinar Matahari Tidak Langsung

Setelah pencucian, sepatu kanvas sangat disarankan untuk dijemur lewat sinar matahari tidak langsung. Proses ini sangat disarankan agar sepatu tak rusak akibat sinar matahari yang terik.

4. Jangan Gosok Terlalu Keras

Penggosokan untuk hilangkan noda itu sebaiknya jangan terlalu keras. Lakukan semuanya dengan lembut biar bagian sepatu tak rusak. Perhatikan hal ini jika ingin lancar dalam proses mencuci sepatu berbahan kanvas.

Beberapa Kesalahan Saat Mencuci Sepatu Kanvas

Ketahui dan kenali juga sejumlah kesalahan dalam mencuci sepatu kanvas. Memang ada beberapa kesalahan yang sering terjadi saat mencuci sepatu kanvas. Berikut ini beberapa kesalahan ketika cuci sepatu kanvas yang jangan sampai diulangi.

1. Cuci Pakai Deterjen Biasa

Salah satu kesalahan yang sering terjadi adalah mencuci pakai deterjen biasa. Penggunaan deterjen biasa itu hanya akan membuat sepatu kanvas itu rusak. Karenanya, jangan sampai cuci sepatu kanvas dengan deterjen biasa.

2. Langsung Jemur di Sinar Matahari Langsung

Langsung jemur di bawah sinar matahari adalah kesalahan berikutnya. Ketika langsung jemur di sinar matahari langsung, sepatu kanvas bisa rusak. Ini adalah kesalahan yang sering terjadi saat cuci sepatu kanvas.

3. Menggosok Terlalu Keras

Menggosok terlalu keras juga jadi kesalahan ketika cuci sepatu kanvas. Penggosokan yang terlalu keras itu memang hanya bikin masalah. Sepatu bisa rusak kalau proses menggosok dilakukan terlalu keras. Maka dari itu, jangan gosok terlalu keras saat cuci sepatu kanvas.

4. Menuangkan Deterjen ke Sepatu

Menuangkan deterjen ke sepatu adalah kesalahan ketika cuci sepatu kanvas. Kesalahan seperti ini juga sering terjadi. Kalau menuangkan deterjen ke sepatu langsung, bagian kulit sepatu bisa langsung rusak.

FAQ | Cara Mencuci Sepatu Kanvas

Kenapa proses mencuci sepatu kanvas harus hati – hati?

Itu karena bahan sepatu kanvas sangat mudah rusak kalau cara mencucinya keliru.

Bolehkah cuci sepatu kanvas dengan deterjen?

Boleh saja asalkan tidak langusung ditaburkan pada sepatu kanvas yang akan dicuci.

Apakah boleh cuci sepatu kanvas dengan penggosok?

Boleh. Asalkan penggosok yang digunakan itu khusus untuk cuci sepatu.

Artikel Menarik Lainnya: