6 Cara Mengajukan Pinjaman Koperasi Alfamart [Mudah]

Tak hanya sekadar minimarket, Alfamart memiliki program koperasi untuk membantu karyawan mendapatkan pinjaman. Dengan program tersebut, anggota dapat meminjam dana darurat tanpa kendala.

Untungnya pinjaman koperasi Alfamart memiliki bunga yang relatif lebih rendah. Simak cara membuat pengajuan, syarat, dan berbagai informasi lainnya berikut ini.

Apa Saja Syarat Pengajuan Pinjaman Koperasi Alfamart?

Kalau kamu karyawan dari PT Sumber Alfaria Trijaya TBK, maka akan lebih mudah mengikuti program pinjaman koperasi. Selain itu, ada juga persyaratan pinjaman koperasi Alfamart yang harus terpenuhi berikut ini.

1. Telah Menjadi Anggota Koperasi Minimal 6 Bulan

Untuk menjadi anggota koperasi Alfamart, kamu harus tercatat sebagai pegawai resmi. Selain itu syarat pendaftaran hanya KTP, surat rekomendasi atasan, dan mengisi formulir.

Kalau kamu sudah tercatat sebagai anggota lebih dari 6 bulan, maka manfaat pinjaman uang tunai yang disediakan dapat dirasakan anggotanya.

2. Tidak Memiliki Tunggakan Kredit

Syarat wajib lainnya, kamu tidak boleh memiliki tunggakan baik di koperasi Alfamart maupun di layanan kredit lainnya. Jika data kamu bersih dari riwayat kredit yang buruk dapat dipastikan pengajuan lebih cepat diterima.

3. Pengajuan Kamu Telah Disetujui Pimpinan Alfamart

Sebelum membuat pengajuan ke koperasi, kamu juga harus meminta persetujuan dari pimpinan terkait.

4. Bersedia Mengikuti Aturan Koperasi Alfamart

Salah satu aturan yang harus dipahami adalah tenor pembayaran maksimal 24 bulan. Selain itu calon debitur memiliki jumlah tabungan sukarela dan bunga angsuran kurang dari 30% nilai gaji.

5. Jumlah Pinjaman Koperasi Alfamart Sudah Ditentukan

Koperasi berhak menerima maupun menolak pengajuan pinjaman. Bahkan, anggota harus mengikuti aturan mengenai jumlah pinjaman. Pihak koperasi yang akan menentukan jumlah pinjaman yang akan diterima.

6. Anggota Berhak Menerima Pembagian SHU (Sisa Hasil Usaha)

Debitur akan menerima SHU atau sisa hasil usaha yang selalu dibayar pada bulan Maret atau April seusai rapat tahunan. Selain itu, anggota tidak boleh mengambil setoran maupun pengembalian dengan pinjaman yang tidak dibayar.

Cara Mengajukan Pinjaman Koperasi Alfamart

Jika sudah memenuhi persyaratan pengajuan, Anda bisa langsung mengajukan pinjaman ke koperasi. Pengajuan dapat dilakukan secara online, berikut panduan pinjaman koperasi Alfamart.

1. Login ke Situs Intranet

Kalau kamu karyawan Alfamart pasti bisa login ke situs intranet menggunakan NIK dan PIN. Setelah berhasil masuk ke halaman utama, pilih menu SAT atau Sumber Alfaria Trijaya.

2.  Pilih SAP

Kemudian, kamu dapat memiliki SAP sesuai gerai tempat kamu bekerja yakni Alfamidi atau Alfamart.

3. Pilih Kebutuhan

Kalau sudah, silakan tentukan kebutuhan atau tujuan kamu meminjam uang ke koperasi Alfamart.

4. Atur Jumlah Pinjaman

Tentukan berapa besar uang yang ingin dipinjam dari koperasi Alfamart. Jumlah pinjaman bisa dikurangi kalau dirasa melebihi kemampuan karyawan.

5. Pilih Tenor Cicilan

Kamu juga dapat menentukan tenor cicilan disesuaikan dengan jumlah pinjaman.

6. Pilih Menu “Ajukan Pinjaman”

Setelah mengisi data, nominal pinjaman, dan tenor pembayaran, silakan pilih ajukan pinjaman. Kalau sudah, kamu tinggal menunggu konfirmasi 1×24 jam jika semuanya sudah memenuhi syarat nanti akan dihubungi via email.

Jadwal Pencairan Dana Pinjaman Koperasi Alfamart

Agar memudahkan pencairan dana pinjaman, kamu harus memilih periode yang tepat. Berbeda dengan meminjam uang ke aplikasi KTA online, kalau pinjam di koperasi Alfamart butuh waktu.

Biasanya, pencairan dana butuh waktu paling lambat 2 minggu setelah karyawan membuat pengajuan. Uang yang kamu pinjam akan dikirim ke rekening sesuai periode pencairan. Berikut ini waktu pencairan pinjaman koperasi Alfamart:

1. Pengajuan Tanggal 1-10

Khusus debitur yang mengajukan kredit dana pada tanggal 1-10 pinjaman akan dicairkan pada tanggal 25.

2. Periode Pengajuan Tanggal 11-20

Berikutnya, untuk debitur yang mengajukan kredit tanggal 11-20 akan memperoleh dana pada tanggal 5. Kamu akan menerima notifikasi apabila pencairan dana sudah berhasil.

3. Pengajuan Pinjaman Tanggal 21-31

Periode pencairan yang terakhir tanggal 15 jika debitur membuat pengajuan tanggal 21-31. Kalau kamu mengajukan tanggal 15 September maka tunggu pencairan dana pada tanggal 21-30 September.

FAQ Pertanyaan Seputar Pinjaman Koperasi Alfamart

Apa Itu Koperasi Alfamart?

Kopkar atau koperasi Alfamart merupakan lembaga keuangan yang memberi kemudahan kepada anggotanya untuk meminjam uang, memiliki tabungan, dan menjalankan usaha.

Bagaimana Proses Pendaftaran Pinjaman Koperasi Alfamart?

Kamu harus mendaftar jadi anggota lalu menunggu di konfirmasi, biasanya peserta menunggu 6 bulan hingga dapat diterima.

Berapa Iuran Sukarela Koperasi Alfamart?

Setiap anggota wajib membayar iuran sukarela mulai dari Rp 10.000 – 30% dari profit yang diterima setiap bulan sebagai karyawan.

Apakah Pinjaman Koperasi Alfamart Membutuhkan Agunan?

Pinjaman koperasi Alfamart tidak membutuhkan agunan karena pembayaran langsung dipotong dari gaji. Selama cicilan belum lunas, karyawan akan tetap menjadi anggota sehingga tidak akan terjadi gagal bayar.

Artikel Menarik Lainnya: