Cara Mengaktifkan Verifikasi 2 Langkah Akun Gmail (Mudah)

Pengguna baru Gmail bisa menambahkan cara mengaktifkan verifikasi 2 langkah akun gmail untuk meningkatkan keamanan Gmail sekaligus akun Google. Dan fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuka akun Gmail lebih dari dua perangkat.

Lantas bagaimana cara mengaktifkan verifikasi 2 langkah akun Gmail? Bagi kamu yang belum mengetahui caranya kamu bisa simak artikel ini sampai selesai karena tim Mustakim Media akan menjelaskan bagaimana caranya. Simak sampai akhir ya!

Cara Mengaktifkan Verifikasi 2 Langkah Akun Gmail

Gmail merupakan salah satu platform penting bagi pengguna android untuk mengaktifkan banyak fitur di HP. Saat pertama kali pengguna mendaftar Gmail dengan menyambungkan nomor HP dan pertanyaan keamanan.

Hal tersebut cukup penting untuk urusan mengganti password Gmail di kemudian hari. dan pengguna Gmail bisa mengaktifkan verifikasi dua langkah (Two-Factor Autehentication, 2FA) merupakan metode keamanan untuk pengguna berisi identitas dari dua sumber informasi.

Bagi pengguna baru kamu bisa ikuti beberapa langkah untuk cara mengaktifkan verifikasi 2 langkah akun gmail, begini cara yang bisa kamu ikuti, diantaranya adalah:

  • Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah buka akun Google kamu
  • Selanjutnya kamu bisa pilih keamanan dan klik
  • Kemudian setelah itu kamu bisa pilih verifikasi 2 langkah pada menu login ke akun Google
  • Sleanjutnya klik “Mulai”
  • Dan ikuti langkah-langkah di layar HP kamu mengenai verifikasi 2 langkah tersebut hingga selesai

Pengguna yang melakukan verifikasi 2 langkah akan terhubung dengan perangkat kedua seperti HP. Tentunya, pengguna juga bisa melewati verifikasi dua langkah Gmail apabila dirasa langkah tersebut mengganggu.

Dengan verifikasi 2 langkah juga disebut autentikasi 2 langkah kamu dapat juga menambahkan lapisan keamanan ekstra ke akun kamu jika sandi kamu di curi. Dengan menyiapkan verifikasi 2 langkah kamu dapat login ke akun kamu dengan sandi atau juga dengan ponsel kamu.

Melewati Verifikasi 2 Langkah Akun Google

Selain bisa cara mengaktifkan verifikasi 2 langkah akun gmail kamu juga bisa melawati verifikasi 2 langkah akun Gmail. Dan berikut caranya:

  • Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah buka aplikasi pengaturan atau setelan di HP
  • Selanjutnya klik bagian akun Google
  • Dan pilih kelola akun Google
  • Kemudian kamu bisa klik bagian keamanan
  • Dan pilih “Verifikasi 2 Langkah
  • Kemudian klik “Nonaktifkan”
  • Dan konfirmasi dengan pilih menonaktifkan

Kamu sebagai pengguna tidak akan menemui verifikasi dua langkah saat masuk ke akun di perangkat lain. demikian beberapa cara mengaktifkan verifikasi dua langkah Gmail yang praktis untuk dilakukan.

3 Pilihan Informasi Verifikasi 2 Langkah

Nah, dari keunggulan metode verifikasi 2 langkah ini adalah memastikan bahwa hanya orang yang memiliki akses ke kedua sumber informasi tersebut yang dapat masuk ke akun. Nah, perlu kamu ketahui ada 3 pilihan informasi verifikasi 2 langkah Gmail.

Dan berikut beberapa pilihan yang perlu kamu ketahui jika ingin menggunakan verifikasi 2 langkah akun Gmail, diantaranya adalah:

1. Kode Verifikasi

Nah, pertama pengguna menerima kode verifikasi melalui pesan teks atau aplikasi yang terhubung ke nomor HP.

2. Autentikasi Biometrik

Kedua, pengguna harus mengkonfirmasi identitas melalui pemindai sidik jari, pemindai wajah atau teknologi biometrik lainnya.

3. Kode Unik

Yaitu pengguna menerima kode unik melalui email atau pesan teks yang harus dimasukkan pada waktu yang sama sebagai informasi login.

Untuk itu, pengguna bisa mengaktifkan verifikasi dua langkah Gmail dengan mudah.

Kenapa Verifikasi 2 Langkah Itu Penting?

Di dunia maya akun-akun layanan online yang kamu gunakan adalah aset penting yang harus dijaga kerahasiaannya. Sebab, data-data seperti username dan password merupakan incaran penjahat cyber.

Sama halnya di rumah, kamu menyimpan barang-barang berharga seperti perhiasan, alat elektronik dan lainnya.

Sebagai orang adanya perhiasan pastinya di simpan di tempat yang aman di simpan di brangkas di kunci dan menggunakan sandi itulah fungsi verifikasi 2 langkah itu sama seperti adalah.

2 step verification adalah lapisan keamanan tambahan untuk melindungi akun kamu lebih jauh dengan memastikan bahwa orang yang berusaha untuk mengakses akun adalah kamu pribadi.

Dengan verifikasi 2 langkah kamu bisa memasukkan nama pengguna dan kata sandi. Setelah itu, kamu tidak langsung masuk, karena kamu harus menyediakan informasi tambahan. Pemeriksaan informasi kredensial tambahan ini bisa menggunakan beberapa cara.

Misal dengan menerima kode verifikasi yang dikirim ke perangkat kamu yang telah terautentikasi.

FAQ| Pertanyaan Seputar Cara Mengaktifkan Verifikasi 2 Langkah Akun Gmail

Apa kegunaan verifikasi?

Verifikasi dilakukan untuk memastikan kelengkapan, kebenaran dokumen, memastikan bahwa produk telah sesuai dengan persyaratan yang dijanjikan.

Apa Manfaat Verifikasi 2 langkah?

Manfaat verifikasi 2 langkah yaitu untuk membantu memastikan informasi pribadi kamu tetap bersifat pribadi, aman, dan terlindungi.

Artikel Menarik Lainnya: