Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Kompatibel di Play Store

This apps insn’t compatible with your device anymore” itu bisa muncul ketika pengguna hendak mengunduh atau memperbarui aplikasi di Play Store. Nah, kemunculan pesan ini mengidikasikan bahwa aplikasi sudah tidak kompatibel.

1 Fashion murah

Lantas bagaimana cara mengatasi aplikasi tidak kompatibel di Play Store? Nah, bagi kamu yang belum mengetahuinya kamu bisa simak artikel ini sampai selesai karena tim Mustakim Media akan menjelaskan cara hingga penyebabnya. Simak sampai akhir ya!

fashion muslim murah

Penyebab Aplikasi Tidak Kompatibel di Play Store

Kemunculan pesan seperti di atas memang cukup merepotkan pengguna sebab saat pesan itu muncul pengguna tidak bisa mengunduh atau menginstal aplikasi di Play Store. Nah, mengingat dampaknya cukup bisa mengganggu.

Maka, kita perlu mencari tahu bagaimana cara mengatasi aplikasi tidak kompatibel di Play Store. Dan sebelum membahas bagaimana cara mengatasinya alangkah baiknya kamu bisa simak beberapa hal yang menyebabkan itu bisa terjadi.

Berikut kami tim Mustakim Media akan menjelaskan beberapa langkah cara mengatasi aplikasi tidak kompetibel di play store, ini penjelasan lengkapnya.

1. Sistem Operasi Telah Usang

This apps insn’t compatible with your device anymore” pesan ini bisa muncul di Play Store dan salah satu penyebabnya karena ponsel android milik pengguna memakai sistem operasi yang telah usang.

1 Fashion murah

Dan untuk diketahui, penyebab aplikasi tidak kompatibel di Play Store yang utama adalah ponsel android yang di pakai pengguna menggunakan sistem operasi yang telah usang.

Google setiap tahunnya ruti merilis API android atau sistem pemerograraman yang memungkinkan pengembang menginmplementasikannya di aplikasi buatan mereka agar dapat berjalan di ponsel.

Dan API Anddroid ini digunakan untuk mendukung sistem operasi android yang terbaru. Setelah API Android terbaru diintegrasikan, pengembangan biasanya akan membatasi aplikasi mereka hanya bisa beroperasi di ponsel tertentu.

Nah, ini kita bisa mengetahui ponsel android dengan sistem operasi usang tidak akan bisa menjalankan aplikasi versi terbaru dari pengembang. Hingga muncul pesan seperti di atas tadi.

2. Bug Play Store

Lalu untuk penyebab selanjutnya aplikasi tidak kompatibel di Play Store yang kedua adalah terdapat gangguan atau bug pada sistem di Aplikasi Play Store itu sendiri. dan bug tersebut memungkinkan untuk memunculkan pesan tersebut.

Dan itu bisa menjadi salah satu penyebab aplikasi tidak kompatibel di Play Store, sehingga memunculkan tulisan pesan tersebut dan jika menjumpainya kamu bisa memperbarui sistemnya.

1 Fashion murah

3. Versi OS Android tidak Sesuai

Na, selanjutnya penyebab aplikasi tidak kompatibel di Play Store dalam setiap aplikasi tercantum minimal OS Android yang dibutuhkan untuk memasang aplikasi tersebut. Apabila versi OS Android tidak sesuai dengan tingkat minimal OS maka kemungkinan terjadi bug dan error akan lebih tinggi.

4. Sepsifikasi yang Dibutuhkan Tinggi

Selanjutnya aplikasi yang tersedia di Play Store biasanya memiliki kemampuan untuk mendeteksi versi spesifikasi perangkat tidak dapat mendukung aplikasi, maka aplikasi tidak akan berjalan dengan baik.

5. Aplikasi Tidak Tersedia Negara Pengguna

Beberapa aplikasi yang terdapat di Play Store hanya dirilis di negara tertentu. Misalnya, suatu aplikasi hanya tersedia di region Jepang, sehingga apabila aplikasi ingin dipasang oleh perangkat yang berada di region Indonesia tidak akan kompatibel.

Nah, itulah beberapa cara penyebab kenapa aplikasi tidak kompatibel di Play Store. Dan kini mari kita jelaskan bagaimana cara mengatasi aplikasi tidak kompatibel di Play Store berikut penjelasan lengkapnya.

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Kompatibel di Play Store

Nah, sebagaimana pemaparan yang telah kami sampaikan sebelumnya mengenai penyebab kenapa aplikasi tidak kompatibel di Play Store. Aplikasi tidak bisa terpasang disebabkan karena aplikasi tidak kompatibel pada Play Store.

Untuk cara mengatasi aplikasi tidak kompatibel di Play Store berikut beberapa langkah cara untuk mengatasinya. Diantaranya adalah:

1 Fashion murah

1. Unduh Aplikasi yang Tidak Kompatibel di Aplikasi Pihak Ketiga

Selain googel Play Store ada pula aplikasi yang dapat kamu jadikan alternatif untuk mengunduh aplikasi, terutama aplikasi yang tidak kompatibel dengan perangkat yang kamu miliki.

Dan APK tersebut seperti halnya APKPure, APKMirror, Aptoide, aplikasi lainnya. dan ketika kamu menggunakan aplikasi tersebut kamu dapat menggunakan cara ini dalam memasang aplikasi yang tidak kompatibel.

Nah, kamu perlu mengaktifkan fitur untuk memasang aplikasi dari sumber tidak dikenal kamu dapat pergi ke menu setting kemudian klik security lalu klik Unknown Source.

2. Mengunduh Aplikasi VPN untuk Mengubah Wilayah Perangkat

Meski kamu sudah memasang aplikasi melalui pihak ketiga seperti yang telah dipaparkan sebelumnya beberapa aplikasi masih sulit untuk digunakan. Dan apabila beberapa aplikasi masih sulit digunakan.

Kamu dapat mengubah wilayah perangkat dengan menggunakan Virtual Private Network atau yang dikenal dengan VPN aplikasi VPN dapat membantu perangkat terhubung ke negara di mana aplikasi tersebut di rilis.

Nah, meskipun demikian penggunaan aplikasi VPN ini dapat menyebabkan ketidaklancaran aplikasi atau ping merah ketika bermain game online atau ping merah ketika bermain game online. Untuk pemakaian lebih baik kamu dapat membeli akun VPN yang premium.

1 Fashion murah

3. Memperbarui Versi OS Android Terbaru

Cara yang dapat kamu lakukan untuk memperbarui versi OS Android ini akan memenuhi memori internal serta melambatkan performa perangkat, memperbarui iOS akan membuat aplikasi yang tidak kompatibel menjadi dapat digunakan.

Biasanya, versi OS Android yang dapat digunakan pada aplikasi minimal berada di versi android 6.0 Marsmallow. Ada pula beberapa aplikasi yang perlu spesifikasi lebih tinggi, seperti android 7.0 Nougt dan lebih tinggi lainnya.

4. Gunakan Custom ROM OS Android

Dan apabila perangkat kamu sudah tidak dapat memperbarui versi OS, kamu dapat menggunakan custom OS untuk mendapatkan versi OS terbaru.

Kamu dapat menggunakan CyanagonMod atau yang kini sudah bertransformasi menjadi LineageOS. Dan untuk menggunakan akses root. Namun, hal ini dapat menjadi ancaman kerusakan pada perangkatmu.

5. Membersihkan Chace Play Store

Cara mengatasi aplikasi tidak kompatibel di Play Store selanjutnya adalah menghapus chace yang menumpuk caranya buka menu setting di ponsel android. Lalu pilih menu pengelolaan aplikasi dan pilih aplikasi Play Store. Dan selanjutnya kamu bisa klik opsi hapus chace Play Store.

6. Menghapus Update Play Store

Versi Play Store yang terbaru kadang membawa permasalahan dalam hal kompatibel ponsel android. oleh karena itu, cara mengatasi aplikasi tidak kompatibel di Play Store juga bisa menghapus update Play Store.

1 Fashion murah

Kamu bisa membuka “settings” lalu pilih menu pengelolaan aplikasi dan pilih aplikasi Play Store, setelah itu pilih opsi “Uninstall Update” tindakan ini akan mengembalikan Play Store ke versi lebih stabil.

FAQ | Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Kompetibel di Play Store

Jadi, aplikasi tidak Kompatibel itu apa?

Aplikasi tidak kompatibel adalah spesifikasi perangkat tidak memenuhi kebutuhan dari sebuah aplikasi atau game yang ingin kamu download.

Bagaimana Cara Memperbarui Google Play Store?

Kamu bisa buka aplikasi Google Play Store, pilih kanan dan klik profil, selanjutnya klik tentang versi Play Store kamu akan menerima pesan memberitahukan play store sudah versi terbaru klik oke jika tersedia “Update” dan otomatis akan terinstal.

Artikel Menarik Lainnya: