Cara Mengatasi Galat 500 Kesalahan Pada Sistem SSCASN

Cara Mengatasi Galat 500 Kesalahan Pada Sistem SSCASN

Cara Mengatasi Galat 500 Kesalahan Pada Sistem SSCASN

Pemerintah kini kembali membuka pendaftaran SSCASN 2023 dan masih berlangsung untuk pendaftaran baik untuk peserta PPPK atau PNS. Ada beberapa pendaftaran yang perlu dilalui mulai dari pendaftaran akun dan pendaftaran berkas lamaran.

Namun, sebagian orang mengalami permasalahan upload berkas dan menemukan keterangan “Galat 500 kesalahan pada sistem” lantas bagaimana cara mengatasi galat 500 kesalahan pada sistem SSCASN? Yuk, ini penjelasan lengkapnya.

Penyebab Galat 500 Kesalahan Pada Sistem SSCASn

Seperti yang telah kita ketahui pendaftaran ASN ini sedang berlangsung pada saat ini untuk CPNS atau PPPK. Dimana ada beberapa persyaratan yang harus di penuhi untuk bisa melakukan pendaftaran.

Dan salah satunya pendaftaran berkas untuk mendapatkan kartu ujian nantinya. Dan tentunya ada beberapa tahapan untuk mendapatkan kartu tersebut. Dimulai dari pendaftaran akun untuk bisa login di website resmi pendaftaran SSCASN.

Setelah memiliki akun untuk login selanjutnya peserta harus melanjutkan pendaftaran ke tahap berikutnya. Dengan mengisi data lengkap mulai dari data diri, pengalaman kerja dan lain sebagainya.

Dan ada dari beberapa calon pendaftar yang mengalami galat 500 kesalahan pada sistem saat berusaha memasukkan data di sistem CASN ini. lalu apa penyebabnya? Berikut penjelasan lengkapnya adalah:

1. Kesalahan Pengetikan Data

Nah, penyebab pertama dalam mengalami permasalahan galat 500 kesalahan pada sistem SSCAN yaitu karena kesalahan pengetikan data dan itu biasanya terjadi karena kurang teliti.

Jadi, kamu perlu pastikan semua pengisian sudah sesuai dengan data yang kamu miliki agar tidak ada salah data.

2. File Berkas Terlalu Besar

Selanjutnya penyebab galat 500 kesalahan pada sistem SSCASN penyebabnya adalah saat upload berkas ukuran file melebihi batas maksimal yang ditentukan oleh tim seleksi CASN.

3. Padatnya Pengunjung

Penyebab lainnya kenapa mengalami masalah galat 500 kesalahan pada sistem yaitu karena server sedang sibuk dan dikunjungi banyak orang sehingga membuat web terasa berat dan sistem tidak berjalan dengan baik.

4. Jaringan Kurang Stabil

Dan penyebab terakhir kenapa saat melakukan pendaftaran kamu menerima masalah galat 500 kesalahan pada sistem yaitu karena jaringan internet yang kamu miliki kurang stabil atau banyak chace.

Demikian itulah beberapa penyebab kenapa kamu mengalami masalah galat 500 kesalahan pada sistem SSCASN. Dan mari kita bahas bagaimana cara mengatasi galat 500 kesalahan pada sistem SSCASN.

Cara Mengatasi Galat 500 Kesalahan Pada Sistem SSCASN

Setelah kita mengetahui apa saja penyebabnya kamu menerima pop up galat 500 kesalahan pada sistem SSCASN selanjutnya kamu akan tahu cara mengatasi galat 500 kesalahan pada sistem, berikut cara mengatasinya:

1. Sesuaikan Data dengan Dukcapil atau Dapodik

Nah, bagi kamu pelamar CPNS dan kamu menerima pop up galat tersebut karena data tidak sama di NIK atau tanggal lahir kamu bisa menghubungi Dukcapil untuk memperbaiki data agar sama dengan ijazah dana data lainnya.

Dan jika kamu pelamar PPPK Nik atau tanggal lahir tidak sama kamu juga perlu pastikan juga Dukcapil dan juga Dapodik atau sistem informasi lainnya agar NIK atau tanggal lahir tersebut sama.

2. Pastikan Jaringan Normal

Jika masalah yang kamu hadapi karena jaringan internet yang kurang stabil kamu bisa mengubah jaringan kamu bisa menggunakan WIFI atau juga pindah di provider lain yang jaringannya sedang bagus.

3. Compress File

Dan jika masalahnya karena file berkas yang kamu upload itu terlalu besar kamu bisa kecilkan file tersebut menjadi lebih kecil sesuaikan dengan permintaan dari pihak SSCASN misal 100-1 MB pastikan file kamu tidak melebihi file tersebut.

Atau juga bisa kurang dari file yang ditentukan juga bisa menjadi masalah jadi pastikan file sesuai yang diminta dari ukuran berkasnya.

4. Buka Webiste SSCASN di Waktu Sepi

Nah, jika di jam-jam kerja biasanya pengguna website ini cukup padat dan tentunya kamu bisa memilih jam-jam sepi semisal jika malah kamu bisa mulai dari jam 10 malam sampai dengan jam 12 lewat.

5. Hapus Chace

Jika semua solusi di atas telah kamu coba kamu bisa coba hapus chace yang ada di HP yang kamu miliki selanjutnya matikan HP beberapa menit dan kemudian coba unggah ulang dan isi data ulang di waktu yang sepi.

Demikian beberapa cara mengatasi Galat 500 kesalahan pada sistem SSCASN pastikan semua data benar dan baca kembali panduan upload berkas agar pendaftaran kamu berhasil selamat mencoba.

FAQ| Cara Mengatasi Galat 500 Kesalahan Pada Sistem SSCASN

Apa yang dimaksud galat 500?

Ini merupakan kode internal server error 500 yang muncul di browser kamu karena ada kesalahan server di dalam server hosting website tersebut.

Tanggal berapa pendaftaran CASN 2023?

Di mulai sejak tanggal 20 September hingga 9 Oktober 2023 mendatang.

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: