Cara Mengatasi Hardisk Rusak Beserta Penyebabnya

Cara Mengatasi Hardisk Rusak Beserta Penyebabnya

Gambar dibuat dengan Canva Pro

Seperti yang telah kita ketahui bahwa hardisk merupakan media penyimpanan utama yang terdapat pada PC dekstop, laptop, konsol gim bahkan komputer server dan memiliki komponen penting penyimpanan data sekunder.

Lantas bagaimana cara mengatasi hardisk rusak? Kamu perlu simak artikel ini sampai selesai arena tim Mustakim Media akan menjelaskan penyebab dan juga cara mengatasinya secara tepat. Simak sampai akhir ya!

Penyebab Hardisk Rusak

Umumnya penyebab kerusakan hardisk ini diakibatkan oleh kesalahan pemakaian atau karena umur hardsik yang sudah lama dan akibatnya berdampak serius seperti data yang hilang atau tidak dapat diakses.

Dan sebagai langkah pencegahan, terdapat gejala-gejala potensial kerusakan pada hardisk yang bisa kamu kenali. Dan berikut beberapa informasi penyebab kerusakan pada hardisk diantaranya adalah:

1. Pemakaian Berlebihan

Komputer atau laptop yang dipakai secara berlebihan dalam waktu yang lama bisa membuat komponen yang ada di dalamnya cepat rusak termasuk hardisk. Sebaiknya berikan waktu istirahat pada perangkat untuk kamu pakai hingga suhu dingin.

Sementara jika pemakaian komputer server yang memang harus terus dinyalakan lakukan pemeriksaan dan perawatan rutin dengan prosedur khusus untuk hindari kerusakan.

2. Overheat

Penyebab kerusakan hardisk selanjutnya karena overheat, hardisk bersifat mudah panas. Dan tentunya panas berlebihan pada perangkat yang kamu pakai mempengaruhi performa kerusakan hardisk. Semakin lama kamu memakai perangkay dalam keadaan overheat maka hardisk pun akan semakin cepat rusak.

3. Terjatuh atau Terbentur

Penyebab selanjutnya karena terjatuh atau terbentur. Hardisk merupakan komponen hardware yang berisikan disc.cakram. benda ini memiliki sifat sensitif jika terjatuh karena berpotentsi mengalami kerusakan.

Oleh sebab itu, ada baiknya selalu berhati-hati saat memindahkan perangkat supaya tidak terjatuh atau juga terbentur.

4. Instalasi Berlebihan

Penyebab hardisk rusak juga bisa karena instalasi berlebihan. Instalasi software atau sistem operasi yang berlebihan juga bisa berpotensi mendatangkan kerusakan pada hardisk.

Dan alasannya karena hardisk akan bekerja ekstra saat kamu melakukan banyak instalasi bahkan cakram akan berputar lebih cepat jika kamu dengarkan secara seksama. Selain itu, penggunaan software dengan sumber daya yang besar akan membuat hardisk juga mengalami cepat panas.

5. Listrik Tidak Stabil

Listrik yang tidak stabil akan mempengaruhi kemampuan putaran hardisk. Kecepatan putaran tidak stabil dari hardisk ini akan sebabkan kerusakan dari hardisk ini akan sebabkan kerusakan seperti bad sector.

Sehingga kamu dituntut untuk mengetahui daya listrik terlebih dahulu sebelum menghubungkannya dengan perangkat. saat ini, sejumlah PC dekstop dilengkapi dengan stabilier untuk menstabilkan listrik.

6. Laptop Mati Seketika

Saat laptop kamu tidak menerima respon banyak pengguna mematikan laptop secara paksa dengan menekan tombol power. Dan akibatnya force shut down tersebut bisa sebabkan kerusakan hardisk karena cakram yang asalnya berputar cepat akan berhenti secara langsung.

7. Kerusakan Hardisk Karena Pemakaian

Selanjutnya penyebab hardisk rusak adalah kerusakan wajar karena lamanya pemakaian sehingga komponen elektronik memiliki batas usia, termasuk hardisk.

Cara Mengetes Hardisk Rusak

Terdapat beberapa tipe kerusakan pada hardisk sehingga perlu melakukan pengecekan hardisk ini benar-benar rusak atau tidak berikut beberapa cara mengetes hardisk rusak, diantaranya adalah:

  • Langkah pertama kamu bisa buka aplikasi windows atau tekan ikon windows pada keyboard
  • Ketikan CMD
  • Pilih rus as adminitrastor dan klik yes
  • Setelah jendela MCD terbuka ketikan chdsk E: /f apabila drive yang bermasalah drive E
  • Kamu dapay mengetikan drive lain sesuai drive yang bermaslaah pastikan menambahkan /f dibagian akhir sesuai contoh
  • Dan tunggu hingga proses selesai

Cara Mengatasi Hardisk Rusak

Ada beberapa tipe kerusakan hardisk sehingga memperbaiki atau mengatasinya akan berbeda. Nah, untuk lebih jelasnya simak sampai akhir cara mengatasi hardisk rusak di bawah ini:

1. Cara Mengatasi Hardisk Rusak Bad Sektor

Nah, setelah mengetahui hardisk kamu mengalami kerusakan bad sector logic atau bad sector fisik berikut langkah cara mengatasi hardisk rusak secara manual, yaitu:

  • Langkah pertama kamu bisa pasang dua buah hardisk pada PC kamu dua buah hardisk ini terdiri dari hardisk yang masih bisa digunakan dan masih rusak
  • Unduh software yang dapat memperbaiki hardisk rusak lalu instal
  • Buka software yang telah kamu unduh lalu pilih nama hardisk yang ingin kamu format dan klik continue
  • Selanjutnya kamu bisa klik Low Level Format dan klik Format Thid Device
  • Tunggu hinga proses selesai dilakukan spesifikasi laptoop kamu sangat mempengaruhi keccepatan format hardisk
  • Buat partisi baru ketukan seluruh proses selesai dilaksanakan

2. Cara Mengatasi hardisk rusak Tidak Terbaca

Dan jika hardisk kamu tidak mengalami bad sector tetapi masih belum terbaca, bisa jadi ada kesalahan dalam proses pemasangannya. Kamu dapat mengecek konektor ATA atau SATA pada hardisk.

Selanjutnya cek soket ATA dan SATA pada hardisk, lalu periksa konektor yang menghubungkan hardisk ke PSU (Power Supply Unit). Dan hal ini karena hardisk yang tidak terbaca dapat terjadi disebabkan ada masalah pada pemasangan atau kabel yang tidak terhubung dengan benar.

Selain itu, soket yang rusak juga dapat menjadi penyebab hardisk kamu tidak terbaca meskipun baik-baik saja.

Cara Merawat Hardisk Dengan benar

Setelah mengetahui cara mengatasi hardisk rusak selanjutnya kamu juga perlu mengetahui bagaimana cara mewarat hardisk dengan baik dan benar dan berikut beberapa tips yang perlu kamu ketahui, diantaranya adalah:

1. Matikan Laptop dengan benar

Pertama kamu perlu mematikan laptop secara benar dengan menekan tombol shut down dan selain itu jangan terlalu lama membiarkan laptop kamu dalam keadaan sleep yang terlalu lama.

2. Jaga Hardisk Dari Guncangan

Selanjutnya hardisk salah satunya terdiri dari lapisan cakram magnetik yang bisa berputar dengan kecepatan yang sangat tinggi. Dan kondisi ini sangat riskan hardisk mengalami goncangan.

3. Jalankan Disk Cleanup

Untuk menjalankan ini kamu bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka jendela windows eksplorer
  • Klik kanan pada hardisk yang ingin di cleanup
  • Klik properties
  • Klik tombol disk cleanup
  • Setelah jendela disk cleanup muncul pilih data-data yang akandibuang
  • Dan klik Ok

Nah, demikian itu merupakan cara mengatasi hardisk rusak serta beberapa tips bagaimana cara merawat hardik dengan baik dan tentunya apabila hardisk diperbaiki dengan cepat kamu tidak perlu khawatir.

Karena hardisk ini sangat menunjang aktivitas sehari-hari semoga apa yang tim Mustakim media sampaikan dapat bermanfaat ya!

FAQ| Pertanyaan Seputar Cara Mengatasi Hardisk Rusak

Apakah hardisk yang rusak bisa diperbaiki?

Tentu, hadisk eksternal yang mengalami kerusakan dapat diperbaiki melalui layanan pemulihan data profesional seperti Recovery Data Indonesia.

Apakah data di hardisk yang rusak bisa hilang?

Umumnya kerusakan hardisk oleh kesalahan pemakaian atau karena umur hardisk sudah lama akan membuat data yang hilang atau tidak dapat diakses.

Berapa lama hardisk bisa bertahan?

Secara umum hardisk dapat bertahan sekitar 2 tahun dan 10 bulan.

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: