Cara Mengatasi HP Kemasukkan Air Baterai Tanam

Kamu mengalami HP kemasukkan air dan baterai HP kamu baterai tanam? tenang tidak perlu khawatir karena kami akan menyediakan beberapa cara mengatasi HP kemasukkan air baterai tanam.

1 Fashion murah

Meskipun hal ini akan berdampak negatif jika tidak segera ditangani tapi kami memiliki cara epektif untuk mengatasinya dan kamu bisa simak artikel ini sampai selesai karena akan dijelaskan caranya secara lengkap.

fashion muslim murah

Tanda-Tanda HP Kemasukkan Air Baterai Tanam

Tidak perlu panik jika kamu mengalami HP yang kemasukan air semisal karena hujan atau tercelup di kolam dan lain sebagainya.

Meskipun mudah sensitif HP baterai tanam bisa konslet kena air yang masuk ke dalam badan ponsel. Dan salah satu cara kuno mengatasi HP kemasukan air baterai tanam yakni dengan beras terjadi bisa berhasil dan ada pula yang gagal.

Dan kamu perlu mengetahui terlebih dahulu kondisi HP yang seperti apa keparahannya. Karena bisa saja HP yang terkena air masih bisa hidup atau tidak mati total.

Nah, sebelum mengetahui cara mengatasinya alangkah baiknya kamu simak terlebih dahulu ciri-ciri HP kemasukkan air dan berikut penjelasan lengkapnya adalah:

1 Fashion murah

1. Touchscreen tidak berfungsi normal

Nah, untuk ciri pertama HP yang kemasukan air adalah salah satunya touchscreen tidak berfungsi normal bisa saja bergerak sendiri atau malah susah digerakkan dan itu merupakan tanda HP kamu terkena air.

2. LCD bermasalah

Selanjutnya tidak hanya di touchscreen yang sulit di fungsikan bisa dilihat juga apa ada masalah di LCD atau ada tanda yang berbeda dari keadaan HP normal seperti ada gelembung dan lainnya.

3. Sejumlah Komponen HP Tidak Berfungsi

Selanjutnya ciri dari HP baterai tanam yang kemasukan air adalah sejumlah komponen HP tidak berfungsi secara normal dan hal tersebut bisa saja menjadi ciri-ciri bahwa HP kamu terkena air dan mengalami masalah di beberapa fitur.

4. Suara HP Tidak Normal

Bukan dari hanya tampilannya saja bisa saja karena HP terkena air maka akan berdampak pula ke dalam audio atau suara HP yang tidak normal tidak seperti biasanya.

5. Tidak Bisa di Charger

Dan ciri selanjutnya adalah HP tidak bisa tercharger karena terhalang air dan lain sebagainya.

Nah, setelah mengetahui beberapa cara mengatasi layar HP blan selanjutnya kamu perlu mengetahui bagaimana cara mengatasinya dan berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk cara mengatasinya.

1 Fashion murah

Cara Mengatasi HP Kemasukkan Air Baterai Tanam

Setelah mengetahui beberapa ciri-ciri HP yang terkena air baterai tanam selanjutnya mari kita bahas bagaimana cara mengatasi HP kemasukkan air baterai tanam, kamu bisa simak beberapa langkah di bawah ini, diantaranya adalah:

1. Matikan HP

Nah, untuk langkah pertama cara mengatasi HP kemasukkan air baterai tanam kamu bisa mematikan HP yang terkena air dan langsung matikan saja. dan jangan biarkan HP terus menyala, karena jika air terkena komponen dapat membuat kerusakan.

2. Keluarkan Kartu Memori dan SIM

Selanjutnya setelah mematikan HP kamu bisa langsung keluarkan kartu memori dan kartu SIM caranya yaitu dengan melepas tray card pada HP dan keluarkanlah memory card dan juga kartu SIM dari HP yang terkena air.

3. Jangan Pencet Tombol Apapun

Selanjutnya jangan menekan tombol apa pun, hal ini dikhawatirkan akan mendorong air lebih jauh untuk masuk ke bagian HP yang lainnya. Sehingga tidak memencet tombol apa pun meskipun HP masih dalam keadaan hidup.

4. Keringkan Dengan Beras

Selanjutnya kamu bisa ambil semangkuk beras dan masukkan HP ke mangkuk tersebut dan pastikan sim card dan SD card HP sudah dilepas. Dan kamu pastikan HP tertutup oleh beras.

5. Tidak pakai Hair Dryer

Nah, secara umum pemakaian hair dryer bisa untuk mengeringkan benda yang terkena air. Namun, pemakaian Hair drayer pada HP basah malah bisa membuat air tambah masuk ke komponen sensitif HP.

1 Fashion murah

6. Bersihkan dengan Tiner

Selanjutnya kamu juga bisa membersihkan HP pakai tiner ditunjukan untuk mengatasi masalah korosi yang sudah terlanjur terjadi pada komponen-komponen HP.

Dan caranya cukup mudah yakni ambil tiner kemudian oleskan ke kuas selanjutnya bersihkan komponen yang korosi dengan dioleskan menggunakan kuas tiner tadi. Selain itu, kamu bisa lap komponen dengan tisu dan selesai.

7. Tunggu Pengeringan Beberapa Wkatu

Selanjutnya setelah semua cara diatas telah kamu lakukan kamu bisa menunggu HP benar-benar tidak basah dan air yang masuk sudah kering kamu bisa memastikan langkah diatas telah dilakukan dengan benar.

8. Jangan Cas HP

Selanjutnya cara mengatasi HP kemasukkan air baterai tanam kamu tidak boleh dicas sebab sambungan listrik saat HP kemasukkan air berpotensi semakin merusaknya.

9. Jangan Goyangkan HP

Sebaiknya juga jangan menggoyangkan HP yang kemasukkan air begitu juga dengan meniup-niupnya dengan maksud mengeluarkan air. Sebab,  hal ini juga dikhawatirkan justru mendorong air masuk ke sudut-susut lain. Dan sebaiknya letakkan saja HP sembari mengeringkannya.

10. Jangan Jemur di Bawah Matahari

Selain menggoyangkan HP disarankan pengguna tidak menjemur HP dibawah matahari kamu mungkin ingin melakukan hal ini agar air di dalam HP cepat menguap dan kering. Namun, nyatanya cara ini justru bisa merusak komponen HP bukannya kering HP justru bisa rusak.

1 Fashion murah

11. Gunakan Vacuum Cleaner USB

Selanjutnya bisa menggunakan vacumm cleanner khusus USB untuk mengeluarkan air sedotan udara dari vacuum dapat menarik air keluar dari HP yang terkena air.

12. Gunakan Silice Gel

Dan selain menggunakan cara di atas untuk cara mengatasi HP kemasukkan air baterai tanam kamu bisa menggunakan Silice Gel. Dimana Silice gel ini memiliki fungsi menyerap air dan lembap di sekitarnya. Caranya, letakkan HP di dalam plastik bersama dengan beberapa silica gel selama 2 sampai tiga menit.

13. Bawa Ke Tempat Service

Nah, untuk cara mengatasi HP kemasukan air baterai tanam di atas telah kamu lakukan semuanya dan tidak memberikan dampak positif apa pun langkah terakhir kamu bisa membawanya ke tempat service HP terdekat.

Maka di sana penyervise akan membuka seluruh komponen HP dan mencoba membersihkan dengan berbagai alat yang cukup menunjang dan tentunya mereka lebih paham dari kita.

Namun, jika menggunakan cara ini kamu perlu menyediakan uang untuk membayar tukang service menurut pengalaman saya pribadi biaya untuk membersihkan HP yang baru saja tenggelam dan masih hidup.

Kamu harus mengeluarkan uang sebesar Rp.35.000,- hingga Rp.50.000 untuk biaya service.

1 Fashion murah

FAQ| Pertanyaan Seputar Cara Mengatasi HP Kemasukkan Air Baterai Tanam

Berapa lama HP yang terkena air di dalam beras?

Kamu bisa merendam sekitar 2-4 jam saja tapi jika tidak mendapatkan kemajuan kamu bisa membawa ke tukang service terdekat.

Apakah LCD bisa rusak jika terkena air?

LCD dan baterai HP merupakan salah satu komponen yang mudah rusak jika terkena air.

Apakah HP boleh di cas setelah terkena air?

Sebaiknya tidak sebab sambungan listrik saat HP kemasukkan air berpotensi semakin merusaknya.

Artikel Menarik Lainnya:

Blog Literasi dan Dunia Teknologi

Menu