11 Cara Mengatasi HP Mencet-Mencet Sendiri & Penyebabnya

Beberapa dari kamu pasti pernah mengalami errornya layar HP seperti layar HP memencet atau menekan dan masuk ke aplikasi lain tanpa disentuh. Hal tersebut tentunya membuat jengkel setiap penggunanya.

Lalu apakah ada cara mengatasi HP mencet-mencet sendiri seperti di atas tadi? Tentu ada, kamu dapat melakukan beberapa cara untuk mengatasi permasalahan pada layar HP yang sering menekan sendiri.

Silahkan simak informasi selengkapnya mengenai beberapa cara mengatasi, penyebab dan tips agar layar HP-mu tidak error berikut ini.

Cara Mengatasi HP Mencet-Mencet Sendiri

Berdasarkan pengalaman saya, yang juga pernah mengalami error pada layar HP menekan dengan sendirinya. Namun hal tersebut bisa kamu atasi dengan beberapa cara berikut ini yang tentunya mudah.

1. Restart Perangkat HP

Cara yang pertama untuk mengatasi error layar HP memencet atau menekan dengan sendirinya yaitu dengan cara merestart atau reboot. Dengan begitu HP milikmu akan kembali ke performa terbaiknya lagi.

2. Jangan Menggunakan HP Terlalu Lama

Kemudian kamu pun harus paham akan masalah error tersebut yaitu dengan menggunakan HP secukupnya. Tidak memaksakan untuk terus digunakan karena akan membuat layar menjadi error kembali.

3. Tidak Menekan Layar HP Terlalu Kencang

Dengan tidak menekan atau memencet layar HP terlalu kencang atau keras dapat memperbaiki dan mengantisipasi layar HP menjadi error. Karena jika terlalu kencang maka LCD akan tertekan dan dapat rusak.

4. Menggunakan Tempered Glass

Jika layar HP masih mengalami error seperti menekan dengan sendiri. Maka kamu bisa gunakan tempered glass untuk mengatasi errornya. Hal ini terbukti sangat efektif ketika saya mengalami error layar HP.

5. Mengganti Touchscreen Secara Berkala

Cara berikutnya yaitu dengan mengganti touchscreen secara berkala. Dan pastikan touchscreen yang diganti merupakan produk original. Ini dilakukan agar touchscreen dapat bertahan lama saat digunakan.

6. Melakukan Upgrade OS Secara Berkala

Setiap HP memiliki fitur notifikasi upgrade OS masing-masing. Nah, fitur ini dapat kamu gunakan untuk mengatasi errornya layar HP menekan sendiri dengan meng-update OS pada perangkat HP secara berkala.

7. Mengecek Kalibrasi Layar

Kamu juga bisa mngecek kalibrasi layar menggunakan aplikasi khusus yang bisa diunduh melalui Google Playstore. Dengan cek kalibrasi layar tersebut kamu bisa mengetahui letak permasalahannya.

8. Membersihkan Layar Menggunakan Alkohol

Selanjutnya membersihkan layar HP menggunakan tisu atau kapas yang sudah diberikan sedikit cairan alkohol.

9. Membersihkan Layar Menggunakan Minyak Kayu Putih

Selain alkohol, menggunakan minyak kayu putih pun terbukti efektif untuk membersihkan layar yang menjadi penyebab error dan sering memencet dengan sendirinya.

10. Mematikan Fitur Force GPU Rendering

Untuk mematikan fitur Force GPU Rendering ini dapat dilakukan via masuk ke menu USB Debugging ketika menghubungkan HP ke perangkat Laptop ataupun PC-mu.

11. Menggunakan Charger Original

Cara terakhir yang juga efektif yaitu dengan menggunakan charger baik itu kepala dan kabel charger yang original. Karena jika tidak sesuai maka kadang layar akan menjadi error dan memencet-mencet sendiri.

Penyebab HP Mencet-Mencet Sendiri

Jika di atas tadi kamu sudah mengetahui beberapa cara mengatasi HP mencet-mencet sendiri. Berikutnya kamu juga harus mengetahui faktor penyebab yang membuat layar HP menekan dengan sendirinya.

1. Menyentuh Layar Terlalu Kencang

Dengan menyentuh layar terlalu kencang dapat menjadi penyebab akan errornya layar HP seperti memencet atau menekan sendiri. Ini dikarenakan LCD yang ditekan akan membuat kalibrasi layar error.

2. LCD Sudah Usang

Selanjutnya yaitu LCD pada HP sudah usang atau sudah termakan umur atau umur penggunaan yang sudah cukup lama. Dengan begitu tidak heran jika layar HP tersebut menjadi error dan menekan sendiri.

3. LCD Terkena Air

Ketika layar LCD HP terkena cipratan air ataupun terkena sedikit air secara tidak sengaja pun dapat membuat error dan akan menekan atau memencet layar dengan sendirinya.

4. HP Terjatuh Dibagian Layar

Ketika HP terjatuh dan terkena bagian layar meskipun tidak terlalu tinggu. Namun hal tersebut bisa berefek error dan rusaknya layar LCD menjadi menekan-nekan dengan sendiri untuk waktu yang lama.

5. Anti Gores yang Sudah Usang

Menggunakan anti gores yang sudah usang pun bisa menjadi salah satu penyebab errornya layar HP yang menjadi menekan-nekan aplikasi lain secara otomatis dengan sendirinya.

6. HP Overheat

Jika penggunaan HP dengan waktu yang lama maka perangkat HP tersebut akan menjadi panas dan overheat. Dengan begitu layar HP bisa saja menjadi error kehilangan kalibrasi layar.

7. Menggunakan Charger yang Tidak Sesuai

Dan yang terakhir yaitu HP menggunakanc charger yang tidak sesuai. Maka HP akan menjadi error saat disentuh atau digunakan nantinya.

Tips Merawat Touchscreen HP Agar Lebih Awet

Nah, untuk informasi yang terakhir yaitu mengenai beberapa tips untuk merawat touchscreen pada perangkat HP-mu agar lebih awet ketika digunakan. Yuk langsung simak beberapa tips yang ada di bawah ini:

1. Membersihkan Debu Di Layar

Membersihkan layar HP pada bagian sela-sela menggunakan lap microfiber ataupun sikat gigi bekas.

2. Mengganti Anti Gores Secara Berkala

Jika menggunakan anti gores maka kamu bisa ganti anti gores tersebut untuk beberapa waktu sekali. Hal ini dilakukan agar bagian layar HP tetap terjaga kebersihannya.

3. Menggunakan Casing Karet yang Kuat

Gunakan casing HP berbahan karet yang cukup tebal. Ini dilakukan agar jika mengalami ponsel jatuh maka casing karet bisa meredam hentakan ke arah layar HP.

4. Selalu Menggunakan Charger yang Sesuai

Gunakan selalui charger yang sesuai atau original agar HP-mu terhindar dari errornya layar atau sering dikenal dengan ghost touch.

5. Menyentuh Layar Secara Lembut

Terakhir gunakan HP secara baik dan lembut terutama ketika sedang menyentuh layar seperti bermain game maupun scroll media sosial.

Akhir Kata

Demikian beberapa cara mengatasi HP mencet-mencet sendiri yang dapat saya sampaikan dan tentunya dapat kamu lakukan jika HP-mu mengalami masalah tersebut. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Artikel Menarik Lainnya: