8 Cara Mengatasi HP Ngeblank dengan Mudah

HP ngeblank itu biasanya ditandai dengan tampilan hitam dan putih dan hal itu biasanya terjadi karena masalah pada memori, kerusakan LCD, baterai atau sistem yang sedang error. Lantas bagaimana cara mengatasi HP ngeblank?

Nah, sebelum kamu membawanya ke tempat service alangkah baiknya kamu bisa melakukan hal-hal ini dulu untuk mengatasi HP ngeblank. Ngelakuin apa? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini ya!

Penyebab HP Mengalami Ngeblank

Sebelum beranjak ke cara mengatasi HP ngeblank alangkah baiknya kita simak terlebih dahulu apa saja penyebab yang menjadikan HP mengalami blank. Secara umum sih itu disebabkan karena layar tidak berfungsi dengan baik.

Dan tentunya yang membuat layar mengalami hal demikian ada sebab-sebabnya. Nah, kami akan jelaskan beberapa penyebab mengapa layar HP jadi layar hitam atau putih dan cukup lama. Berikut beberapa penyebabnya yang perlu kamu ketahui, diantaranya adalah:

  • Penyebab pertama yaitu layar LCD longgar
  • Kemudian kesalahan pada sistem ponsel
  • Pengisian daya ponsel yang berlebihan atau terlalu lama
  • Selanjutnya Chace aplikasi belum dibersihkan
  • Kemudian selain itu berada di suhu ruangan ekstrim misalnya terlalu panas atau dingin
  • Apliaksi tidak kompatibel dengan perangkat yang digunakan
  • Kemudian bisa juga karena memori sudha penuh
  • Baterai yang perlu diganti
  • Dan masih banyak lagi penyebab umum lainnya yang menyebabkan HP ngeblank

Demikian beberapa penyebab HP mengalami blank selanjutnya mari kita bahas bagaimana cara mengatasi HP ngeblank simak penjelasan berikut ya!

Cara Mengatasi HP Ngeblank

Nah, setelah kamu mengetahui beberapa alasan atau penyebab HP ngeblank selanjutnya mari kita bahas bagaimana cara mengatasi HP ngeblank. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan sebagai pertolongan pertama sebelum kamu membawanya ke tempat service, yaitu:

1. Bersihkan Port Pengisian daya

Nah, salah satu penyebab Hp ngblank seperti penjelasan diatas yaitu masalah baterai. Debu dan kotoran dalam ponsel ternyata dapat mempengaruhi kinerja HP, sekaligus membuat HP blank.

Dan berikut beberapa langkah cara mengatasi HP ngeblank dengan membersihkan port pengisian daya, diantaranya adalah:

  • Kamu bsia gunakan tusuk gigi dari kayu atau cotton bud berukuran kecil
  • Bersihkan port pengisi daya dari debu dan kotoran
  • Setelah itu tunggu hingga 10 menit setelah port pengisian daya dibersihkan
  • Dan setelah itu, cobalah lakukan pengisian daya dan reebot ponsel

2. Reebot Ponsel

Pengguna juga bisa menekan tombol untuk menghidupkan ulang ponsel untuk cara mengatasi HP ngeblank. Dan cara ini bisa digunakan untuk pengguna perangkat yang baterainya tidak bisa dilepas alias baterai tanam.

Nah, setiap ponsel tentunya memiliki tombol kombinasi yang berbeda berikut cara reebot ponsel android, diantaranya adalah:

  • Langkah pertama kamu bisa menekan tombol power+ volume atas secara bersamaan
  • Kemduain setelah tombol power + bawah
  • Menean power + Volume atas + Volume bawah
  • Power + Home Button

Kamu bisa pilih tekan yang mana karena setiap merek HP biasanya berbeda ketika menekan tombol reebot HP. dan kemudian lepaskan kombinasi tombol ketika tombol sudah menyala kembali.

3. Isi Ulang Baterai

Salah satu cara mengatasi HP ngeblank yakni dengan mengisi daya ponsel hingga penuh. Kamu cukup menunggu baterai ponsel benar-benar habis dan mati. Setelah itu, kamu bisa isi ulang ponsel hingga baterai terisi penuh.

Dan cara ini untuk menghidupkan ulang ponsel karena kesalahan sistem umumnya kesalahan sistem menyebabkan layar ngeblank. Setelah mengisi daya, ponsel dihidupkan ulang dan bisa berfungsi kembali.

Namun, jika masih tidak berfungsi kamu bisa melakukn cara lainnya dan berikut penjelasan lainnya untuk cara mengatasi HP ngeblank yaitu dengan restart HP.

4. Restart Ponsel

Selain menggunakan Reebot Ponsel, setiap android juga menyediakan restart atau atur ulang atau muat ulang. Dan ini juga merupakan salah satu cara mengatasi HP ngblank, begini caranya:

  • Langkah pertama yang perlu kamu lakukana adalah buka menu pengaturan ponsel
  • Selanjutnya kamu bisa pilih menu manajemen umum
  • Dan kemudian klik atur ulang
  • Secara otomatis ponsel akan menjadwalkan atau memulai langsung atur ulang ponsel
  • Dan tunggu beberapa saat sampai ponsel restrart otomatis
  • Dan selesai

5. Keluarkan Baterai

Ponsel keluaran lama menggunakan baterai yang bisa dilepas dan dipasang. Pengguna ponsel bisa mengeluarkan baterai selama 30 detik atau lebih, setelah itu pasang kembali baterai hingga layar ponsel penuh.

Dan tunggu beberapa saat hingga layar ponsel kembali menyala dan ini bisa digunakan untuk cara mengatasi HP ngeblank untuk ponsel yang memiliki baterai bongkar pasang.

6. Setelan pabrik

Jika cara diatas belum bisa manjur langkah selanjutnya yaitu kamu memilih setelan pabrik. Namun, kamu perlu berhati-hati karena ponsel akan kembali ke pengaturan semula. Dan al hasil jika kamu memilih langkah ini.

Seluruh memori dan aplikasi dapat terhapus otomatis, dan solusinya kamu bisa melakukan back up data ke komputer terlebih dahulu sebelum ponsel melakukan setelan pabrik.

Kamu bisa menyimpan beberapa file yang menurut kamu penting ke dalam laptop atau PC terlebih dahulu setelah itu lakukan muat ulang ke setelan pabrik.

7. Re Flash

Jika Hp ngeblank dan hanya menunjukan layar hitam yang tidak bisa di otak atik maka langkah yang benar selanjutnya adalah dengan melakukan flash saat ponsel dalam kondisi seperti ini memang sulit untuk melakukan perbaikan.

Cara Re Flash ini kamu cukup siapkan PC atau laptop dan kabel data. Kemudian kamu bisa instal driver re-flash HP di laptop kemudian kamu sambungkan HP menggunakan USB, extract file yang diunduh.

Selanjutnya kamu silahkan masuk ke situs HP kamu dan cari file flash yang tersebar banyak di forum. Dan jangan lupa kalau file flash setiap HP berbeda-beda.

8. Membawa ke Tempat Service

Nah, jika semua cara di atas sudah kamu coba dan tidak menemukan titik terang kamu bisa membawanya ke tukang service HP terdekat dan pastikan kamu memiliki biaya yang cukup untuk melakukan ini.

Untuk masalah layar HP yang ngeblank tentunya tukang service HP lebih memahami apa penyebabnya selain itu cara mengatasinya juga akan sangat mudah karena tukang service pastinya memiliki cara dan alat yang cukup lengkap.

Jadi, mungkin itu saja 8 cara mengatasi HP ngeblank yang bisa kamu lakukan baik untuk android versi terbaru atau versi lama kamu bisa memilih salah satu cara.

Dan pilihlah mana yang menurut kamu paling mudah dilakukan untuk pertolongan pertama mengatasi HP ngeblank. Semoga apa yang tim Mustakim Media sampaikan dapat bermanfaat ya!

FAQ| Pertanyaan Seputar Cara Mengatasi HP Ngeblank

Alasan umum HP android tiba-tiba ngeblank?

Alasan utama dan paling umum tiba-tiba HP ngeblank adalah baterai rusak atau sirkuit manajemen daya ponsel rusak.

Apakah HP yang jatuh bisa merusak LCD?

HP yang jatuh atau terbentur benda keras dapat mengalami kerusakan dan yang paling serius terjadi adalah layar dan LCD pecah atau retak.

Kenapa HP tidak bisa dimatikan?

Itu disebabkan adanya kesalahan aplikasi, masalah sistem, virus atau malware dan lainnya.

Artikel Menarik Lainnya: