Cara Mengatasi Hp Oppo Lemot A15, A5S, A16, A53, A54

Cara Mengatasi Hp Oppo Lemot A15, A5S, A16, A53, A54

Gambar dibuat dengan Canva Pro

Cara mengatasi hp Oppo lemot sangat mudah, kamu bisa melakukannya tanpa bantuan servis center.  Hp Oppo mulai lemot menandakan beberapa masalah seperti RAM sudah penuh atau perangkat harus dikembalikan ke setelan pabrik.

Ada banyak tipe hp Oppo yang digunakan orang-orang Indonesia. Kalau kamu salah satu penggunanya dan sedang mencari cara mengatasi hp lemot simak informasinya berikut ini.

Cara Mengatasi Hp Oppo Lemot A15

Handphone Oppo A15 memiliki 2 pilihan RAM yakni 2GB/32GB serta 3GB/32GB. Jika hp tersebut mulai sering lemot coba atasi dengan cara ini.

1. Hapus Cache Aplikasi

Cara mengatasi hp Oppo lemot yang pertama adalah menghapus cache di setiap aplikasi. Tanpa kamu sadari, data sementara di setiap aplikasi sangat berpengaruh pada sistem apalagi kalau RAM internal kecil.

Buka pengaturan dan cari manajemen aplikasi, di sana kamu tinggal pilih aplikasi mana saja yang memiliki data cache paling tinggi. Misalnya, kamu pengguna aktif TikTok dan YouTube, hapus cache di aplikasi-aplikasi tersebut untuk mengatasinya.

2. Hapus Aplikasi tidak Penting

Cara mengatasi hp Oppo lemot berikutnya adalah uninstall aplikasi. Hal ini sangat mudah dilakukan, kamu bisa hapus beberapa aplikasi yang jarang digunakan. Dengan RAM 3/32GB atau 2/32GB harus mengutamakan aplikasi yang penting dulu.

3. Gunakan Aplikasi versi Lite

Sejumlah aplikasi sudah memiliki versi lite, biasanya ukurannya lebih kecil. Kamu bisa coba install Facebook Lite, WPS Lite, dan masih banyak lagi. Dari yang ukurannya 53 MB versi lita menjadi 2.2 MB agar meringankan kapasitas penyimpanan.

Cara Mengatasi Hp Oppo Lemot A5S

Selain handphone Oppo A15, banyak orang yang mencari cara mengatasi hp Oppo lemot serie A5S. Perangkat yang satu ini masih menggunakan Color OS 5.2 dengan versi Android 8.1 atau Oreo.

Jika akhir-akhir ini perangkat kamu sering mengalami loading hingga hang mendadak coba cara-cara ini untuk mengatasinya.

1. Mulai Ulang Terlebih Dahulu

Cara mengatasi hp Oppo lemot yang pertama adalah memulai ulang perangkat. Ini bisa dilakukan dengan sangat mudah. Tekan tombol power kemudian pilih restart setelah itu hp akan memulai ulang selama beberapa menit.

2. Pindahkan Data ke Cloud

Berikutnya, coba pindahkan data-data penting ke cloud misalnya ke Google Drive, Terabox, atau Cloud Storage. Cara ini akan mengurangi kapasitas penyimpanan sehingga perangkat tidak mengalami hang.

3. Selalu Rajin Membersihkan Sampah

Banyak file sampah yang harus dibersihkan dari handphone, pengguna perangkat dengan kapasitas minim harus menyadari hal ini. Jika dibiarkan, perangkat akan lebih cepat mengalami hang sehingga mengganggu kinerjanya.

4. Tutup Aplikasi di Recent Apps

Cara mengatasi hp Oppo lemot lainnya adalah menutup semua program yang sedang berjalan di recent apps. Terdapat 3 tombol di layar hp Oppo yakni back, home, dan recent apps. Pilih recent apps lalu klik tutup semua untuk memulihkan perangkat.

Cara Mengatasi Hp Oppo Lemot A16

Hp Oppo A16 memiliki kapasitas penyimpanan 4GB/64GB, lantas bagaimana kalau terjadi hang pada perangkat? Simak cara-caranya berikut ini.

1. Pilih Penyimpanan Eksternal sebagai Penyimpanan Default

Karena penyimpanan internal hanya 64GB kamu harus memindahkan file ke memori eksternal. Kabar baiknya memori hp Oppo A16 dapat di ekspansi hingga ke 256GB jadi kamu punya banyak ruang untuk menyimpan data.

2. Reset Handphone

Cara mengatasi hp Oppo lemot selanjutnya adalah melakukan reset factory untuk mengembalikannya ke setelan pabrik.

Hp Oppo A16 kamu lemot bisa terjadi karena beberapa faktor salah satunya penyimpanan, banyak file sampah, atau pemakaian sudah lama.

3. Coba Aktifkan HeyTap Cloud

Supaya kapasitas penyimpanan tetap terjaga dan tidak menyebabkan hp jadi lemot, coba aktifkan HeyTap Cloud. Kamu dapat memindahkan file berukuran kecil hingga besar seperti kontak hp, video, foto, dokumen, dll. 

Cara Mengatasi Hp Oppo Lemot A53

Handphone Oppo A53 sudah dilengkapi penyimpanan 6GB/128GB disertai dukungan micro SD hingga 256 GB. Jika perangkat ini mengalami hang atau mulai loading coba atasi dengan cara-cara ini.

1. Update Color OS

Atasi handphone mengalami lemot dengan memperbarui Color OS supaya performa-nya kembali meningkat. Handphone lemot padahal memori masih banyak bisa disebabkan karena beberapa hal, coba cara sederhana ini untuk mengatasinya.

2. Diamkan Handphone Ketika Terasa Panas

Overheat pada handphone pasti sering terjadi apalagi kalau penggunaan berlebihan. Selain itu, hindari menggunakan perangkat di bawah cahaya matahari. Simpan perangkat ketika terasa panas agar tidak mengalami kerusakan.

3. Lakukan Reset untuk Menghapus Malware

Cara mengatasi hp Oppo lemot variasi A53 adalah mencoba reset factory guna menghapus malware. Sebelum melakukan factory reset, pindahkan data penting terlebih dahulu supaya tidak terhapus. Factory reset akan menghapus malware atau virus pada handphone.

Cara Mengatasi Hp Oppo Lemot A54

Berikutnya cara mengatasi hp Oppo lemot A54, Sebenarnya handphone Oppo A54 sudah dilengkapi penyimpanan internal yang besar. Tapi kalau disebabkan beberapa alasan handphone mulai mengalami lemot, kamu bisa atasi dengan cara-cara ini.

1. Gunakan 1 Antivirus

Hindari menggunakan terlalu banyak aplikasi antivirus, cukup 1 aplikasi antivirus saja untuk mengatasi masalah. Biasanya, aplikasi antivirus akan memindai data sampah secara real time selain menguras daya hal ini akan mengganggu kinerja.

2. Coba Update Sistem

Cara mengatasi hp Oppo lemot A54 selanjutnya adalah melakukan update sistem serta aplikasi. Kalau sudah waktunya update aplikasi segera lakukan supaya handphone tidak lemot. Boleh jadi penyebab hp lemot akibat aplikasi belum diperbarui.

3. Hindari Menggunakan Launcher Tambahan 

Menggunakan tema atau launcher yang unik memang bikin tampilan jadi lebih menarik. Akan tetapi, terlalu sering menggunakan tema launcher apalagi download launcher dari aplikasi tak dikenal dapat menyebabkan hp lemot.

Gunakan launcher default dari bawaan handphone Oppo sudah cukup tinggal ganti wallpaper dengan foto yang dimiliki. Hal tersebut sudah cukup untuk mengatasi masalah lemot pada handphone.

FAQ: Pertanyaan Seputar Cara Mengatasi Hp Oppo Lemot

Bagaimana Cara Mengatasi hp Oppo Lemot?

Caranya sangat mudah, kamu bisa coba restart, hapus aplikasi atau data tidak penting, hingga reset handphone.

Apa Saja Tips Supaya Hp Oppo tidak Lemot?

Aktifkan safe search pada saat browsing supaya tidak ada malware atau virus yang mengganggu keamanan perangkat.

Content writer teknologi yang sudah mulai menulis sejak tahun 2017. Terimakasih sudah membaca tulisan saya di sini. Jangan lupa share!

Artikel Menarik Lainnya: