5 Cara Mengatasi HP Xiaomi Mati Sendiri dan Penyebabnya

Tentang bagaimana cara mengatasi HP Xiaomi mati sendiri, bisa langsung kamu simak pada penjelasan dan uraian kesempatan sekarang.

1 Fashion murah

Pun sebenarnya kamu tidak perlu khawatir, karena kasus HP mati sendiri tidak hanya sekadar bagi pengguna Xiaomi saja. Namun khusus kesempatan sekarang, akan dibahas lengkap mengenai HP Xiaomi yang mati dan bagaimana cara mengatasinya.

fashion muslim murah

Cara Mengatasi HP Xiaomi Mati Sendiri dengan Mudah

Terkait dengan HP yang mati sendiri, bisa dipastikan bahwa akan ada sebab juga akan ada alasannya. Untuk tahu alasannya apa, bisa kamu baca pada pembahasan selanjutnya.

Sekarang, kamu harus tahu terlebih dahulu bagaimana solusi juga cara mengatasi HP Xiaomi mati sendiri. Apa saja Caranya?

1. Coba Isi Data Baterai

Nah, cara pertama untuk mengatasi HP Xiaomi yang mati adalah dengan mengisi daya baterainya terlebih dahulu. Jika ternyata saat mengisi daya HP ada respon, maka kemungkinan besar HP mati tersebut karena daya baterai HPnya sudah habis. Tanpa ada sisa.

Kondisi ini pun dapat disebabkan karena sistem atau adanya komponen tidak stabil. Namun bila saat diisi baterai dan mengalami panas tinggi hingga overheat. Maka segera cabut sambungan listriknya, dan hal ini dilakukan untuk menghindari hal tidak diinginkan.

1 Fashion murah

2. Periksa Kondisi HP dengan Baterai Lain

Bila ada kemungkinan HP total pun mati sendiri karena kerusakan baterai, maka kamu dapat mengatasi masalah utama dari tegangan baterai yang sudah terlalu rendah.

Jika baterai HP bisa dilepas, coba untuk menggantinya dengan baterai baru, lalu pastikan baterai tersebut dalam keadaan atau kondisi baik.

Selain menggunakan baterai lain, maka kamu pun dapat coba menggunakan charger lain yang asli atau original. Jangan menggunakan baterai hingga charger tidak original, karena akan mengakibatkan beberapa masalah lain.

3. Copot Aplikasi Bermasalah

Atau langsung saja uninstall aplikasi yang bermasalah, cara mengatasi HP Xiaomi mati sendiri ini bisa dibilang sangat mudah. Dan tentu saja aplikasi tersebut dapat berpotensi merusak sistem HP karena adanya virus hingga adanya malware.

Semakin cepat kamu melakukan pencopotan aplikasi, maka akan semakin kecil kemungkinan HP mengalami masalah.

Tambahannya, pastikan agar selalu melakukan pemasangan aplikasi yang resmi. Hal ini dilakukan untuk menghindari munculnya virus, karena virus di HP jelas sangat merugikan dan  tentu saja akan membuat sistem operasi terganggu.

1 Fashion murah

4. Update OS Berkala      

Atau sering melakukan update sistem operasi secara teratur, dan hal ini dilakukan agar dapat meminimalisir terjadinya hang. Atau mati sendiri.

Sedangkan untuk update software di Xiaomipun dapat dilakukan dengan mudah, pun dengan sistem update OS. Akan mampu menyelesaikan beragam jenis masalah pada sistem operasi juga sistem softwarenya itu sendiri.

Dengannya, jika update dilakukan berkala. Maka HP Xiaomi kamu akan berfungsi dengan sebagaimana harusnya tanpa masalah. Begitu juga dengan melakukan update pada MIUI, kamu perlu rutin melakukan update sistem Android yang berjalan.

5. Factory Reset

Bagaimana cara mengatasi HP Xiaomi mati sendiri terakhir dan paling final, adalah dengan melakukan factory reset. Hal ini dilakukan jika HP Xiaomi kamu tetap mati, tidak bisa menyala sama sekali. Dan langkah terakhir untuk mengatasinya, adalah melakukan factory reset.

Factory reset sendiri menjadi sebuah cara yang bisa dilakukan ke menu recovery mode. Namun memang, hal ini terlebih dahulu harus dilakukan reboot terlebih dahulu. Sebab untuk beberapa kasus, biasanya permasalahan ini dapat selesai dengan restart saja.

Penyebab HP Xiaomi Mati Sendiri

Karena sudah tahu bagaimana cara mengatasi HP Xiaomi mati sendiri dengan beberapa metode. Maka sekarang kamu harus tahu juga apa penyebab, hingga alasannya mengapa HP bisa mati sendiri.

1 Fashion murah

Uraian ini pun disampaikan agar kamu lebih berhati-hati juga lebih aware, jika memang pahitnya terjadi. Maka beberapa cara sebelumnya yang sudah disampaikan, bisa coba diaplikasikan.

1. Overheat

Penyebab atau alasan pertama yang ternyata bisa membuat HP mati sendiri, adalah karena overheat. Suhu HP yang terlalu panas, ternyata dapat menjadi salah satu penyebab HP mati sendiri.

Kondisi ini pun biasanya dapat terjadi karena HP dipakai dalam jangka lama, dengan durasi yang tidak sebentar. Saat kondisi ini terjadi dan berlangsung lama, maka akan memperburuk keadaan komponen di dalamnya.

2. Hardware Bekerja Terlalu Berat

Pada dasarnya setiap HP tidak akan mengalami sebuah masalah jika dapat digunakan sesuai dengan porsi juga kapasitas yang tersedia.

Saat kamu menggunakan HP melebihi batas maksimalnya, maka sangat memungkinkan HP cepat rusak. Pun salah satu indikasinya adalah menyebabkan HP mati sendiri.

3. Bug Pada Aplikasi

Tidak ternyata hanya pada aplikasi saja, namun juga bug bisa terjadi pada file sistem. Hal ini dapat terjadi karena ada bug di file sistem Android atau aplikasi yang sedang digunakan. Hal ini pun ternyata sempat viral di tahun 2019, Xiaomi dituduh gagal memperbaiki aplikasi keamanan bawaan.

1 Fashion murah

4. RAM Penuh

Ya, ternyata RAM yang penuh dapat menjadi salah satu alasan Xiaomi menjadi mati sendiri. Bahkan mati total. Jika hal ini terjadi, maka besar kemungkinan HP kamu akan sering mati sendiri karena tidak ada kekuatan.

Maka solusi terbaiknya, adalah dengan coba mencopot atau mengsintall beberapa jenis aplikasi yang tidak penting. Atau bahkan sudah tidak digunakan.

FAQ │Pertanyaan Tentang Cara Mengatasi HP Xiaomi Mati Sendiri

Apakah Mengatasi HP Xiaomi yang Mati Sendiri Dapat Dilakukan Menggunakan Sensor Biometrik?

Sebenarnya bisa saja, namun pada umumnya tidak semua HP menggunakan sistem atau sensor tersebut. Namun jika Xiaomi kamu sudah sangat canggih, maka kemungkinan besar sistem biometrik bisa digunakan.

Apakah Cara dan Solusi di Atas Akan Berhasil?

Kemungkinan berhasil ada saja, namun jika semua sudah dilakukan dan belum berhasil. Cara terakhir adalah dengan mengunjungi service center resmi Xiaomi terdekat.

1 Fashion murah

Artikel Menarik Lainnya:

Blog Literasi dan Dunia Teknologi

Menu