8 Cara Mengatasi Jaringan 4G yang Lemot, Mudah!

Tentang bagaimana cara mengatasi jaringan 4G yang lemot ternyata cukup mudah untuk dilakukan, kamu pun hanya tinggal memahaminya dan tentu memastikan bahwa jaringan yang digunakan adalah 4G.

1 Fashion murah

Sebagian kamu juga pasti bertanya dan ingin tahu bagaimana cara mengatasinya, jaringan yang tiba-tiba error atau lemot tentu akan mengganggu aktivitas kamu yang mungkin sering berhubungan dengan jaringan internet. Untuk itu, agar tidak lagi terganggu dan lancar. Kamu bisa simak penjelasan selanjutnya sampai akhir ya.

fashion muslim murah

Beragam Cara Mengatasi Jaringan 4G yang Lemot

Cara-cara di bawah ini beragam, kamu bisa coba salah satu atau bisa coba semuanya untuk mendapatkan jaringan 4G normal dan menggunakan jaringan semula.

1. Memeriksa Kuota

Salah satu cara mengatasi jaringan 4G yang lemot pertama bisa kamu lakukan, adalah terlebih dahulu mengecek bagaimana kuota internetnya. Hal ini sangat memungkinkan terjadi, apalagi jika kamu sering lupa kapan pengisian kuota terakhir dilakukan.

Jangan ragu untuk memeriksa pesan atau informasi di aplikasi pada operator seluler yang kamu gunakan. Cek jumlah kuotanya, atau bahkan cek berapa hari lagi kuota internetnya berakhir.

Pada umumnya, sebuah perusahaan provider akan mengirimkan pesan melalui SMS atau aplikasi jika jumlah kuota internet sudah kurang dari 1GB.

1 Fashion murah

2. Memeriksa Jaringan

Sinyal melemah atau bahkan terputus, jelas menjadi satu hal yang menyebalkan serta mengganggu aktivitas online yang dilakukan. Pun tentu hal ini sering terjadi pada pengguna smartphone aktif, termasuk kamu sendiri.

Jika jaringan 4G jadi lemot, kamu bisa coba keluar ruangan untuk mencari sinyal yang lebih kuat serta stabil. Cara ini dianggap cukup efektif juga paling gampang.

Ketika sudah melakukan cara tadi dan jaringannya masih tetap bermasalah, maka jangan ragu untuk menelepon ke operator penyedia layanan. Sangat dimungkinkan bahwa gangguannya memang terjadi secara internal dari providernya langsung.

Jika ingin memastikan, maka coba cek menggunakan operator provider lain. Untuk memastikan ketersediaan jaringannya. Bila ternyata internet dengan jaringan operator lain lancar tanpa lemot, maka masalahnya ada pada provider operator kamu digunakan.

Hal ini bisa jadi jaringan 4G belum tersedia, atau karena memang posisi kamu sedang pada tempat yang kurang stabil. Atau bahkan daerah kamu belum terjangkau dengan sistem jaringan 4G.

3. Memeriksa APN

APN adalah Access Point Names, dan sistem APN dapat digunakan oleh kamu untuk mengecek kelancaran jaringan 4G yang digunakan.

1 Fashion murah

Akan lebih baik jika penggunaan APN ini dilakukan tanpa menggunakan username serta tanpa menggunakan password untuk pengguna kartu seluler yang akan diaktifkan.

APN pada setiap ponsel akan berbeda-beda, bergantung dari sistem operasi yang digunakan. Misalnya saja dengan Android, maka pada menu setting di opsi Mobile Network kamu dapat menemukan APN.

Sedangkan bagi pengguna iOS, setting APN ini dapat ditemukan pada menu Cellular atau Data Network. Cara ini bisa diaplikasikan pada jaringan 4G LTE dan semua operator yang aktif banyak digunakan di Indonesia. Jika proses memeriksa APN sudah dilakukan, langsung lakukan restrart ponsel dan pastikan jaringannya stabil.

4. Restrart Pengaturan Sistem

Kemudian cara mengatasi jaringan 4G yang lemot selanjutnya adalah dengan merestart pengaturan sistem operasi. Karena untuk beberapa jaringan bisa kembali lancar setelah kamu melakukan langkah ini.

Jika sudah melakukan cara ini namun tetap tidak berhasil, maka kamu bisa coba flashing ulang pada sistem firmware smartphone secara langsung.

Namun seharusnya semua sistem ponsel bisa langsung berfungsi semula jika flashing sudah coba dilakukan.

1 Fashion murah

5. Akses Safe Mode

Menjadi salah satu cara lain untuk mengatasi jaringan 4G yang error, cara ini pun sangat mudah untuk dilakukan. Kamu hanya perlu menekan tombol opsi Power Off untuk beberapa detik, kemudian klik OK.

Jika ponsel sudah berjalan dengan baik ketika melakukan langkah ini, maka itu berarti jaringan 4G yang melambat dapat terjadi karena adanya hambatan dari aplikasi pihak ketiga.

6. Restart Handphone

Nah, melakukan restart pada HP atau menghidupkan kembali HP adalah cara paling gampang dilakukan. Untuk beberapa kasus, sistem ponsel yang ada masalah terkadang dapat mengganggu sistem jaringan 4G yang digunakan.

Agar pulih kembali, maka matikan terlebih dahulu ponsel dan nyalakan kembali seperti semula. Saat proses mematikan ponsel untuk sementara, maka aplikasi yang awalnya berjalan otomatis akan berhenti. Sehingga jaringan internet yang asalnya lemot atau gangguan, maka akan kembali ke jaringan semulanya.

7. Periksa ke Service Center Provider

Ya, jika semua cara di atas belum berhasil dan semua cara mengatasi jaringan 4G yang lemot di atas sudah dilakukan kemudian tidak ada perubahan. Maka metode terakhir yang paling pamungkas, adalah dengan meminta bantuan pihak operator provider di service center langsung.

Kamu bisa langsung membawa handphone serta bawa kartu operator yang akan dicek jaringannya. Nanti petugas akan langsung melakukan pengecekan langsung terhadap jaringan di nomor yang digunakan.

1 Fashion murah

Jika terdapat masalah maka akan disampaikan, pun jika tidak ada masalah maka ponsel kamu yang mengalami masalah.

8. Periksa Langsung ke Service Center HP

Nah, jika ternyata provider internet yang kamu gunakan tidak ada masalah dan letak masalahnya terdapat pada perangkatnya. Maka langsung kunjungi service center HP terdekat, agar sistem hardware yang biasa digunakan untuk menangkap jaringan internetnya berfungsi normal kembali.

Jangan lupa untuk melakukan backup data terlebih dahulu, karena dikhawatirkan pada proses pemeriksaan terjadi penyetingan ulang dan data yang kamu miliki akan tetap aman.

Nah, itulah beberapa metode dan cara mengatasi jaringan 4G yang lemot bisa kamu lakukan. Pastikan untuk coba salah satu terlebih dahulu dan jangan langsung pergi ke service center HP atau bahkan operatornya.

Penyebab Jaringan 4G yang Lemot dan Terganggu

Suatu hal terjadi tentu saja bukan tanpa sebab, pasti ada alasan serta penyebab secara khusus. Untuk sebabnya apa saja, bisa langsung simak uraian di bawah ini ya.

1. Sistem Smartphone Bermasalah

Ya, penyebab pertama pada jaringan 4G yang lemot adalah karena sistem ponselnya yang ada masalah. Biasanya jika hal ini terjadi dan jaringannya sudah bagus, yang menjadi masalah adalah sistem perangkat keras di HPnya yang ada masalah atau terganggu.

1 Fashion murah

2. Jaringan Provider Tidak Terjangkau

Semua provider operator internet akan menjanjikan jaringan 4G internet cepat, namun terkadang untuk beberapa wilayah dan daerah belum terjangkau.

Sebab biasanya masing-masing provider akan memiliki jangkauan BTS hingga kuota uang yang berbeda-beda disetiap wilayahnya. Dan memang, untuk beberapa wilayah pedalaman biasanya akan sulit akses terhadap jaringan 4G.

3. Pengguna di Satu Wilayah Terlalu Banyak

Lalu penyebab lain jaringan 4G lemot adalah karena pengguna disuatu wilayah yang terlalu banyak. Hal ini karena beberapa operator biasanya masih membatasi kecepatan internet. Dan hal ini pun biasanya menjadi salah satu strategi operator untuk mengatur prioritas distribusi bandwith disuatu daerah.

FAQ │Pertanyaan Tentang Cara Mengatasi Jaringan 4G yang Lemot

Apakah Mengecek Jaringan 4G di Service Center Opertaor Berbayar?

Gratis, apalagi jika layanan yang kamu butuhkan hanya pengecekan saja.

Apakah Pengecekan Jaringan Internet 4G Lemot dengan APN Aman?

Sangat aman.

1 Fashion murah

Artikel Menarik Lainnya: