8 Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid Mudah [Work 100%]

Mau cek pulsa atau melakukan panggilan tiba-tiba muncul pesan kode MMI tidak valid? Jangan panik. Cara mengatasi kode MMI tidak valid seperti ini mudah kok.

Kode MMI tidak valid bukan berarti HP kamu rusak. Tapi ada kesalahan pada sistem operasi ponsel dan jaringan.

Di artikel ini sudah saya tuliskan beberapa alternatif dan solusi terbaik yang bisa kamu gunakan untuk mengatasinya. Silahkan kamu baca sampai selesai.

Apa itu Kode MMI?

Sebelum kita membahas cara mengatasi masalah kode MMI tidak valid, mari kita pahami terlebih dahulu apa itu kode MMI.

MMI adalah singkatan dari Man-Machine Interface, yang merupakan antarmuka pengguna pada ponsel.

Kode MMI adalah serangkaian kode yang dimasukkan oleh pengguna pada ponsel untuk mengakses berbagai menu layanan jaringan.

Kode MMI biasanya dimulai dengan tkamu asterisk (*) diikuti oleh serangkaian angka atau tkamu pagar (#), dan diakhiri dengan tkamu pangkat (^).

Kode MMI umumnya digunakan untuk mengakses pengaturan jaringan seperti pengaturan panggilan, pengaturan panggilan konferensi, pengaturan panggilan suara, pengaturan panggilan tunggu, pengaturan panggilan terbatas, dan lain-lain.

Kode MMI juga digunakan untuk mengakses layanan seperti mengganti nomor PIN, mengatur langganan layanan berbayar, atau mengaktifkan layanan tambahan seperti panggilan internasional atau layanan roaming.

Namun, terkadang pengguna dapat menghadapi masalah dengan kode MMI yang tidak valid, yang dapat membuat mereka tidak dapat mengakses menu layanan jaringan yang diinginkan.

Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid dengan Mudah

Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi masalah kode MMI tidak valid.

1. Cek Kode MMI yang Benar

Pertama, pastikan kamu memasukkan kode MMI yang benar. Kode MMI adalah serangkaian kode yang sangat sensitif terhadap huruf besar/kecil dan tkamu baca.

Pastikan kamu memasukkan kode MMI dengan benar sesuai dengan petunjuk yang diberikan oleh penyedia layanan atau operator jaringan kamu.

Sebaiknya periksa kembali kode MMI yang kamu masukkan dan pastikan tidak ada kesalahan penulisan atau pengetikan.

2. Periksa Keberlakuan Kode MMI

Kode MMI umumnya memiliki batasan waktu atau periode tertentu untuk keberlakuannya.

Jika kamu mencoba memasukkan kode MMI setelah batas waktu yang ditentukan, maka kode tersebut tidak akan valid.

Pastikan kamu memasukkan kode MMI dalam batas waktu yang benar dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

3. Periksa Sinyal Jaringan

Ketidakstabilan sinyal jaringan dapat menjadi penyebab kode MMI yang tidak valid. Pastikan kamu berada dalam daerah cakupan jaringan yang stabil dan memiliki sinyal yang cukup kuat.

Jika sinyal jaringan lemah atau tidak ada, cobalah untuk memindahkan posisi kamu ke tempat yang memiliki sinyal yang lebih baik, atau tunggu hingga sinyal jaringan pulih sebelum mencoba lagi memasukkan kode MMI.

4. Restart Ponsel Kamu

Cara sederhana namun efektif untuk mengatasi masalah kode MMI tidak valid adalah dengan merestart ponsel kamu.

Restart ponsel dapat membantu menghapus cache dan memperbarui koneksi jaringan, yang dapat memperbaiki masalah yang terkait dengan kode MMI.

Matikan ponsel kamu, tunggu beberapa detik, kemudian hidupkan kembali dan coba masukkan kode MMI lagi.

5. Periksa Status Langganan dan Layanan Kamu

Pastikan langganan dan layanan kamu aktif dan berlaku. Jika langganan kamu telah kadaluwarsa atau kamu belum memiliki layanan tertentu yang diperlukan untuk mengakses kode MMI tertentu, maka kode tersebut mungkin tidak akan valid.

Pastikan langganan kamu aktif dan layanan yang diperlukan telah diaktifkan sebelum mencoba menggunakan kode MMI.

6. Hubungi Penyedia Layanan atau Operator Jaringan

Jika kamu masih menghadapi masalah dengan kode MMI yang tidak valid, langkah terakhir adalah menghubungi penyedia layanan atau operator jaringan kamu.

Mereka dapat membantu kamu dalam memeriksa dan memperbaiki masalah yang terkait dengan kode MMI.

Mungkin ada masalah teknis atau pembatasan tertentu yang hanya dapat diatasi oleh penyedia layanan atau operator jaringan.

7. Ubah Pengaturan APN

Pengaturan APN (Access Point Name) adalah konfigurasi yang diperlukan pada ponsel pintar untuk menghubungkan perangkat ke jaringan seluler.

Jika kamu menghadapi masalah kode MMI tidak valid, salah satu langkah yang dapat kamu coba adalah mengubah pengaturan APN.

Berikut adalah langkah-langkah umum untuk mengubah pengaturan APN pada ponsel pintar kamu:

  • Buka menu “Pengaturan” pada ponsel kamu. kamu dapat mengaksesnya melalui ikon roda gigi atau ikon pengaturan di layar berkamu atau laci aplikasi.
  • Cari opsi “Jaringan Seluler” atau “Kartu SIM & Jaringan Seluler” dan buka.
  • Pilih “Nama Titik Akses” atau “APN” untuk mengakses pengaturan APN.
  • kamu akan melihat daftar pengaturan APN yang ada. Pilih pengaturan APN yang sesuai dengan operator jaringan kamu atau kartu SIM yang kamu gunakan.
  • Jika tidak ada pengaturan APN yang sesuai, kamu dapat membuat pengaturan APN baru dengan mengklik opsi “Tambahkan” atau “+”.
  • Isi pengaturan APN sesuai dengan informasi yang diberikan oleh operator jaringan kamu. Informasi ini biasanya dapat ditemukan di situs web operator atau dapat diperoleh melalui layanan pelanggan.
  • Pastikan kamu menyimpan pengaturan APN yang baru kamu buat atau pengaturan APN yang telah kamu ubah.
  • Setelah pengaturan APN diubah atau ditambahkan, pilih pengaturan APN yang baru atau yang telah diubah sebagai pengaturan APN yang aktif.
  • Restart ponsel kamu untuk memastikan perubahan pengaturan APN diterapkan dengan benar.

8. Aktifkan Mode Pesawat

Aktifkan mode pesawat adalah salah satu langkah yang dapat kamu coba jika kamu mengalami masalah dengan kode MMI yang tidak valid pada ponsel pintar kamu.

Mode pesawat adalah fitur pada ponsel yang mematikan semua komunikasi nirkabel, seperti jaringan seluler, Wi-Fi, dan Bluetooth.

Mengaktifkan mode pesawat dapat membantu memulihkan koneksi ponsel kamu dan mengatasi masalah kode MMI yang tidak valid.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan mode pesawat pada ponsel kamu:

  • Buka menu “Pengaturan” pada ponsel kamu. kamu dapat mengaksesnya melalui ikon roda gigi atau ikon pengaturan di layar berkamu atau laci aplikasi.
  • Cari opsi “Jaringan & Internet” atau “Kartu SIM & Jaringan Seluler” dan buka.
  • Pilih “Mode Pesawat” atau “Pesawat” untuk mengakses pengaturan mode pesawat.
  • Aktifkan mode pesawat dengan menggeser tombol atau memilih opsi “Aktifkan” atau “On”.
  • Tunggu beberapa detik untuk memastikan semua komunikasi nirkabel pada ponsel kamu benar-benar dimatikan.
  • Setelah mode pesawat diaktifkan, biarkan ponsel dalam mode ini selama beberapa saat, biasanya sekitar 30 detik.
  • Setelah itu, matikan mode pesawat dengan menggeser tombol atau memilih opsi “Nonaktifkan” atau “Off”.
  • Tunggu beberapa detik untuk memungkinkan ponsel kamu menghubungkan kembali ke jaringan seluler atau jaringan Wi-Fi.
  • Coba kembali memasukkan kode MMI dan periksa apakah masalah kode MMI tidak valid telah teratasi.

Kesimpulan

Kode MMI yang tidak valid dapat menjadi masalah yang mengganggu dalam penggunaan ponsel, terutama ketika kamu perlu mengakses menu layanan jaringan yang penting. Namun, dengan langkah-langkah yang tepat, masalah ini bisa diatasi.

Pastikan kamu memasukkan kode MMI yang benar, memeriksa keberlakuan kode, memeriksa sinyal jaringan, merestart ponsel, memeriksa status langganan dan layanan, serta menghubungi penyedia layanan atau operator jaringan jika diperlukan.

Dengan demikian, kamu dapat mengatasi masalah kode MMI tidak valid dan kembali dapat mengakses menu layanan jaringan pada ponsel kamu.

Artikel Menarik Lainnya: