Cara Mengatasi Kucing Jantan Birahi

Cara mengatasi kucing jantan birahi ternyata banyak cara selain untuk di kawinkan dengan lawan jenis namun ada pula beberapa cara yang membuat kucing berhenti atau birahi nya berkurang. Karena buka menjadi masalah yang aneh jika kondisi kucing birahi baik jantan atau betina selalu mengeong.

Hal ini karena kucing juga merupakan makhluk mamalia yang perlu reproduksi atau menemukan lawan jenis nya. Dan jika kucing jantan birahi tentunya membuat kucing akan terus bersuara dan akan mengganggu kenyamanan. Untuk itu ada beberapa cara mengatasi kucing birahi di bawah ini.

Tanda-Tanda Kucing Jantan Birahi

Kucing merupakan makhluk hidup yang memiliki naluri seks pada masa – masa kucing beranjak dewasa. Naluri tersebut bukan hanya pada betina jantan pun demikian. Namun tahukah kamu bahwa kucing jantan jika masuk pada fase birahi tingkah laku kucing sangat aneh.

Tingkah – kucing terkadang membuat jengkel pemilik kucing mulai dari kelakuan kucing, suara kucing dan lain sebagainya. Dan memang jika kucing jantan pada masa birahi maka akan ada tanda – tanda sebagai berikut ini.

  • Kucing mengeong keras dan sering
  • Terlihat ekspresi kucing gelisah
  • Merangkak rendah
  • Mendengar kucing lain langsung memburunya
  • Menggesekkan tubuhnya pada benda di dekatnya
  • Mencari celah untuk keluar rumah mencari betina
  • Nafsu makan kucing berkurang
  • Melakukan Posisi kawin

Nah, jika tanda tanda diatas sudah muncul maka segeralah kamu mengatasi kucing tersebut agar tidak kabur dan cara mengatasinya kamu bisa pelajari metode nya di bawah ini.

Cara Mengatasi Kucing Jantan Birahi

Setelah tanda – tanda kucing terkena birahi sebaiknya kamu jangan berikan kucing lawan jenisnya atau betina namun kamu bisa lakukan beberapa cara dibawah ini untuk mengatasi kucing Jantan Birahi. metode tersebut di antaranya:

1. Ajak Kucing Bermain Sering – Sering

Jika biasanya kucing jarang di ajak bermain maka saat kucing jantan birahi harus sering sering di ajak bermain, selain agar memalingkan birahi kucing juga menjaga kucing kabur dari rumah. Kalau sudah kabur kan kamu juga yang akan ribet mencari kucing.

Kucing akan berusaha mencari lawan jenisnya dengan berbagai cara. Meski pada dasarnya kucing sudah jinak namun pada masa birahi aura seks akan mendorong pada kucing memaksa mencari lawan jenis untuk mencurahkan birahi nya.

2. Buatkan Kucing Kandang Khusus

Yang ke dua buatkan kucing kandang khusus hal ini agar kucing memiliki suasana kandang baru dengan bentuk dan juga keadaan baru dan bisa juga menghindari kucing mengalami stres berat. Apalagi kalau kucing kesayangan tentunya tidak inginkan jika kucing mengalami hal yang tidak di inginkan?

Maka kucing merupakan hewan peliharaan yang mudah di jinakkan, namun tetap saja jika saat birahi kucing akan menjadi liar karena nalurinya tidak tersalurkan.

3. Jaga Kebersihan Kandang Kucing

Selain dengan kandang nya yang bagus kamu juga harus selalu memperhatikan kebersihan kandang kucing jangan sampai tempat kucing kotor dan bau yang membuat kucing tidak merasa nyaman dan malahan memancing birahi kucing semakin besar.

Untuk itu selalu rutin membersihkan tempat tinggal kucing mulai dari kotorannya, tempat tidurnya dan lain sebagainya.

4. Pasang Aroma Terapi Pada Kandang Kucing

Selain dengan tempat yang bersih sebaiknya kandang kucing diberi parfum yang di sukai kucing agar menambah rasa nyaman kucing meningkat sehingga bisa mengalikan perhatian pada birahi kucing dan bisa tinggal dengan tenang di dalam kandang.

Dan untuk aroma yang di sukai kucing kamu bisa cari aroma – aroma yang di sukai kucing di internet dan segera kamu membelikan nya.

5. Beri Selimut Agar Kucing Merasa Hangat

Selanjutnya perhatikan pula tempat tidur kucing usahakan tempat tidurnya bisa menghangatkan badan kucing sehingga saat tidur kucing merasa nyaman dan tidak ingin keluar dari tempat tidurnya. Maka sebaiknya tempat tidur kucing di beri selimut hangat.

6. Beri Kucing Obat Perangsang Hormon

Selain dengan cara – cara kamu sendiri dengan alat seadanya di rumah dan dengan cara mudah di rumah, berikan juga kucing obat perangsang hormon agar birahi kucing semakin berkurang nahkan sampai hilang.

Dengan birahi kucing hilang maka akan membuat kucing tenang kembali.

7. Bawa Ke Dokter

Selain di beri obat perangsang kucing juga harus dibawa ke dokter, hal ini selain untuk mengatasi birahi pada kucing jantan juga untuk mencegah terjadinya hal – hal buruk pada kucing karena birahi kucing yang tidak di salurkan pada lawan jenisnya.

Untuk itu kamu bawa kucing ke dokter untuk di periksa kesehatan juga mengatasi birahi pada kucing jantan.

8. Usahakan Jangan Di Dekatkan Dengan Kucing Lain Apalagi Lawan Jenis

Terakhir sebaiknya jangan dulu di dekatkan pada kucing yang jenisnya berbeda agar tidak kawin. Lakukan saja cara diatas untuk mengatasi kucing jantan di fase birahi.

Akhir Kata

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan mengenai cara mengatasi kucing birahi dengan sangat mudah. Semoga informasi yang dapat saya sampaikan bermanfaat buat kamu semua dan bisa kamu praktekkan saat kucing kamu pada fase ini.

Dan akhir kata saya ucapkan terimakasih.

Artikel Menarik Lainnya: