Cara Mengatasi Laptop Hang Tidak Bergerak

Ada sejumlah cara mengatasi laptop hang tidak bergerak. Dengan cara yang sangat mudah dan sederhana, proses mengatasi laptop yang hang akan berlangsung dengan amat mudah. Sehingga, perlu diperhatikan bagaimana cara mengatasi masalah tersebut dengan baik.

1 Fashion murah

Memang para pengguna laptop kadang mengalami masalah laptop yang tiba – tiba hang. Hal tersebut memang sering terjadi. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Berikut ini sejumlah cara penjelasan tentang penyebab laptop hang tidak bergerak dan cara mengatasinya.

fashion muslim murah

Mengetahui Penyebab Laptop Hang Tidak Bergerak

Penting untuk mengetahui berbagai penyebab laptop hang tidak bergerak. Jika mengetahui segala macam penyebab tersebut, proses menyelesaikan masalah tersebut bakal jadi mudah. Berikut ini beberapa penyebab dari masalah laptop hang tidak bergerak.

1. Banyak Virusnya

Banyaknya virus merupakan penyebab dari masalah laptop hang tidak bergerak. Virus yang begitu banyak itu memang jadi hal yang menyebabkan laptop bermasalah. Karenanya, masalah virus tersebut harus ditangani dengan baik dan benar.

2. Sistem Operasi Tak Diperbaharui

Sistem operasi yang tak diperbaharui juga jadi penyebab dari masalah laptop hang tidak bergerak. Sistem operasi atau OS pada sebuah laptop memang perlu diperbaharui biar bisa dipakai terus. Karena itu, sistem operasi wajib diperbaharui terus.

3. Ada Software yang Rusak

Kerusakan software juga menjadi hal yang jadi penyebab dari masalah laptop hang tidak bergerak. Memang ada banyak masalah software yang perlu diatasi kalau laptop ingin terbebas dari hang. Software harus dipantaui kinerja dan kesehatannya terus.

1 Fashion murah

4. Terdapat Masalah Pada Driver Laptop

Masalah lainnya terletak pada driver laptop. Ini adalah penyebab dari masalah laptop hang tidak bergerak. Ketika ada masalah pada driver laptop, maka akan terjadi banyak masalah. Salah satunya adalah masalah laptop yang yang sering hang sehingga tak dapat bergerak.

5. Overheat

Salah satu penyebab dari masalah laptop hang tidak bergerak lainnya adalah overheat alias kepanasan. Laptop yang kepanasan memang seringkali jadi penyebab dari masalah hang. Karenanya, cobalah untuk tidak menggunakan laptop dalam kondisi panas suhunya.

Cara Mengatasi Laptop Hang Tidak Bergerak

Ada beberapa cara untuk bisa mengatasi laptop hang tidak bergerak. Jika memahami cara mengatasi laptop dengan tepat, semua masalah akan teratasi dengan mudah. Ini dia beberapa cara mudah dalam mengatasi laptop hang.

1. Lakukan Restart Laptop

Melakukan restart pada laptop itu bisa menjadi solusi dalam mengatasi masalah laptop hang yang tak bergerak. Ini adalah proses yang perlu dilakukan untuk mengatasi beragam masalah dan problematika laptop hang tak bergerak.

2. Cek Program di Laptop

Cek dan end program di laptop juga bisa jadi solusi terbaiknya. Tekan tombol Ctrl + Alt + Delete bersamaan. Kemudian pilih opsi Task Manager. Cek program yang berjalan di laptop. Pilih opsi End Task kepada program yang bikin laptop hang.

3. Hapus BIOS Cache

Menghapus BIOS cache juga merupakan solusi yang terbaik. Penghapusan cache ini memang jadi hal yang penting untuk dilakukan agar laptop tidak hang lagi. Penghapusan cache ini adalah solusi yang benar – benar bisa diandalkan.

1 Fashion murah

4. Uninstall Aplikasi Tak Dibutuhkan

Jangan lupa untuk uninstall aplikasi yang tak dibutuhkan kalau tak ingin bermasalah dengan laptop hang. Biasanya, penyebab dari laptop hang adalah aplikasi yang jadi beban. Sehingga, proses uninstall itu perlu dilakukan.

5. Periksa Sistem Pendingin

Cara terakhir adalah memeriksa sistem pendingin dari laptop. Pemeriksaan sistem pendingin memang harus dilakukan dengan baik dan tepat. Laptop harus dijaga terus kondisinya. Kalau terlalu panas atau overheat, laptop bisa bermasalah dan akan sering hang.

Tips Agar Laptop Terhindar dari Masalah Hang

Ketahuilah juga beberapa tips dalam membuat laptop tetap aman dan terhindar dari masalah hang. Ada sejumlah tips terbaik yang bisa diandalkan untuk mengatasi segala macam masalah tersebut. Berikut ini beberapa tips agar laptop terhindar dari masalah hang.

1. Lakukan Service Berkala

Salah satu tips agar laptop terhindar dari masalah hang adalah lakukan service secara berkala. Service yang berkala ini memang penting untuk dilakukan. Sehingga, pastikan untuk melakukan service dalam waktu atau periode tertentu biar bebas dari masalah.

2. Install Update Berkala

Cobalah untuk install update berkala agar laptop tidak hang. Jika lakukan install secara berkala, semuanya akan berlangsung dengan menarik. Karena itu, cobalah untuk rutin untuk melakukan update terus biar terhindar dari masalah hang atau error.

3. Pasang Cooling Pad Biar Laptop Tak Overheat

Salah satu masalah utama adalah overheat. Biar laptop tak overheat, maka pasanglah cooling pad pada laptop tersebut. Dengan pemasangan cooling pad tersebut, laptop tak akan cepat overheat. Karenanya, pastikan untuk melengkapi laptop dengan cooling pad atau pendingin.

1 Fashion murah

4. Update RAM

Jika ingin menghindari masalah hang pada laptop, maka cobalah update RAM. Peningkatan RAM ini memang jadi sesuatu yang penting kalau tak mau bermasalah. Dengan harga yang cukup murah, update RAM bisa langsung dilakukan pada laptop.

FAQ | Cara Mengatasi Laptop Hang Tidak Bergerak

Kenapa laptop sering hang tidak bergerak?

Biasanya karena sistem pada komputer yang bermasalah.

Apakah laptop hang tidak bergerak disebabkan virus?

Bisa jadi. Virus bisa menyerang bagian dalam dari laptop sehingga bisa membuatnya hang.

Apakah laptop hang tidak bergerak nantinya bisa rusak?

Jika dibiarkan tanpa mendapatkan penanganan yang baik, laptop bisa rusak.

1 Fashion murah

Artikel Menarik Lainnya: