8 Cara Mengatasi Laptop Not Responding Windows 7, 10, 11

8 Cara Mengatasi Laptop Not Responding Windows 7, 10, 11

Gambar dibuat dengan Canva Pro

Laptop tidak merespon sama sekali memang mengganggu, lalu bagaimana cara mengatasi laptop not responding pada windows 7, 10, hingga 11? Ada beberapa cara yang dapat kamu coba, sebelum itu kamu harus mengenal penyebab terjadinya gangguan tersebut.

Penyebab Laptop Not Responding Windows 7, 10, 11

Masalah not responding pada laptop terutama di windows 7, 10, hingga 11 biasanya disebabkan oleh beberapa aspek.

1. File Sampah Terlalu Banyak

Penumpukan file sampah dapat menyebabkan sistem jadi lambat. Jenis file sampah di laptop sangat banyak mulai dari file sementara, file di recycle bin, thumbnails, file instalasi, dll. Semua data yang tidak penting sebaiknya dihapus daripada menumpuk dan mengganggu sistem.

2. Terdapat Sistem Aplikasi yang Corrupt

Kinerja perangkat pasti menurun dan terjadi beberapa masalah apabila ada aplikasi yang mengalami corrupt atau error.

Kamu perlu menghapus aplikasi tersebut kalau sudah digunakan lagi atau download versi terbaru. Selain itu, hindari download aplikasi dari sumber tak dikenal agar perangkat aman.

3. Terlalu Banyak Menjalankan Program Secara Bersamaan

Umumnya, terlalu banyak membuka tab di browser bisa menyebabkan gangguan bot responding. Selain itu, coba lihat berapa banyak program yang sedang berjalan di bagian taskbar. Tutup sejumlah program yang tidak diperlukan daripada mengganggu sistem perangkat.

4. Sistem Windows Sudah Lama tidak Diperbarui

Ketika sistem windows jarang diperbarui, biasanya dapat menyebabkan perangkat laptop terasa sangat berat ketika dioperasikan hingga sering not responding. Idealnya, lakukan update sistem windows minimal 2x dalam setahun.

5. Perangkat Mengalami Overheat

Bagi kamu yang punya kebiasaan menggunakan laptop secara berlebihan hati-hati perangkat bisa mengalami overheat. Matikan perangkat kalau tidak digunakan jangan dibiarkan menyala seharian agar tetap stabil.

6. RAM pada Laptop Sudah Penuh

Kapasitas RAM sangat berpengaruh pada kualitas perangkat, periksa sisa RAM supaya tidak terjadi gangguan not responding. Inilah pentingnya menghapus data sampah serta aplikasi yang tidak digunakan agar tidak membebani kapasitas penyimpanan.

7. Terjadi Kerusakan pada Hard Disk

Sebelum paham cara mengatasi laptop not responding, kamu harus tahu penyebab gangguan tersebut. Nah, salah satu penyebabnya boleh jadi karena kerusakan pada hard disk. Selain ditandai dengan not responding, perangkat akan mengalami blue screen serta restart otomatis.

8. Perangkat Terserang Virus maupun Malware

Laptop tidak merespon sama sekali bisa juga disebabkan oleh serangan virus atau malware. Serangan virus biasanya berasal dari software, ini akan terjadi kalau kamu sembarangan download aplikasi atau akses link phishing.

Cara Menghentikan Not Responding Laptop Tanpa ke Service Center

Setelah mengenal penyebab masalah tersebut, kamu dapat mengatasi masalah ini dengan cepat. Ada beberapa cara mengatasi laptop not responding yang bisa dilakukan tanpa ke service center.

1. Perbarui OS Windows

Untuk memperbarui windows, silakan masuk ke control panel lalu ke pusat, klik security dan pilih menu windows update. Setelah itu, perangkat akan memeriksa pembaruan yang tersedia, kalau sudah ada tinggal klik install updates.

2. Lakukan End Task dengan Keyboard

Cara mengatasi laptop not responding yang kedua adalah melakukan end task pada beberapa program. End task pada program dengan menekan tombol keyboard Ctrl+Alt+Del secara bersamaan.

Ketika menu task manager sudah ditampilkan pilih program mana yang tidak merespons. Akhiri program dengan klik “End Task” pada program tersebut. Jika sudah menutup program, coba buka lagi program untuk memastikan masalah not responding telah berhenti.

3. Restart Komputer

Cara mengatasi laptop not responding berikutnya adalah melakukan restart pada komputer. Sebelum melakukan restart coba buka bagian task bar kemudian klik program yang sedang berjalan lalu klik kanan “close windows”.

Jika sudah menutup seluruh program, coba restart komputer dengan cara tekan Alt+F4 kemudian pilih opsi restart. Selanjutnya tinggal menunggu proses restart selama 20 detik, laptop akan kembali menyala dengan stabil.

4. Force Shutdown

Jika terjadi not responding pada laptop, maka atasi dengan force shutdown. Cara force shutdown ketika laptop not responding adalah menekan tombol power yang lama hingga laptop mati.

Nyalakan lagi laptop untuk memeriksa sudah stabil dan siap digunakan untuk bekerja atau hiburan. Force shutdown merupakan cara mengatasi laptop not responding paling mudah dilakukan semua pengguna.

5. Jangan Membuka Banyak Program

Agar tidak terjadi gangguan lagi, maka cara mengatasi laptop not responding jangan membuka banyak program. Usahakan 2-4 program paling penting dan tutup program yang kurang berguna.

6. Scan Virus

Laptop tidak merespon sama sekali biasanya akibat virus, kalau ada aplikasi scan virus coba pindai virus minimal sebulan sekali.

7. Atasi Lewat Troubleshoot

Cara mengatasi laptop not responding windows 7, 10, 11 bisa melalui troubleshoot. Buka control panel, setelah itu temukan troubleshooting. Kemudian, pilih system & security lalu pilih system maintenance lalu next.

8. Hapus atau Perbarui Aplikasi di Laptop

Daripada menambah beban pada RAM, lebih baik hapus aplikasi yang tidak penting termasuk aplikasi yang corrupt. Hapus aplikasi di laptop bisa menambah kapasitas penyimpanan dan membuat kinerja perangkat jadi lebih baik.

Selain itu, kamu juga bisa mencoba memperbarui aplikasi-aplikasi yang corrupt jika aplikasi tersebut memang menunjang kebutuhan sehari-hari.

FAQ: Pertanyaan Seputar Cara Mengatasi Laptop Not Responding

Bisakah Laptop Tidak Merespon Sama Sekali Diatasi Dengan Windows Run?

Bisa, kamu hanya perlu menekan tombol windows+R untuk membuka jendela Run. Kemudian, ketik taskmgr dan tekan enter. Pada halaman berikutnya klik more detail dan cari program yang menyebabkan gangguan “not responding” setelah itu pilih end task.

Antivirus Apa Saja yang Bagus untuk Mengatasi Not Responding Laptop Akibat Virus?

Kamu dapat menggunakan McAfree, Norton, atau Bitdefender untuk mengatasi gangguan virus pada perangkat.

Apakah Not Responding pada Perangkat Bisa Menyebabkan Data Penting Hilang?

Tidak, setelah diatasi kamu bisa mengaktifkan perangkat lagi dan memulihkan data pekerjaan. Selain itu data di penyimpanan tetap tersimpan secara aman.

Content writer teknologi yang sudah mulai menulis sejak tahun 2017. Terimakasih sudah membaca tulisan saya di sini. Jangan lupa share!

Artikel Menarik Lainnya: