8 Cara Mengatasi Launcher Berhenti dengan Mudah

Seperti yang telah kita ketahui bahwa launcher itu sendiri merupakan aplikasi yang memudahkan pengguna android  untuk merubah tampilan ponsel, menambah shortcut dan hal lainnya dan tentunya launcher ini berperan sangat penting untuk ponsel android.

1 Fashion murah

Lantas bagaimana cara mengatasi launcher berhenti? Kamu bisa simak artikel ini sampai selesai karena tim Mustakim Media akan menjelaskan bagaimana caranya secara lengkap di simak sampai akhir ya!

fashion muslim murah

Launcher dan Manfaatnya

Launcher sendiri adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk merubah dan memberikan efek tampilan pada layar depan HP android. Jadi, singkatnya launcher hanya merubah ikon dan gaya saja pada halaman depan dan app drawer.

Sedangkan tema pada user intergace di perangkat android terbaru bisa merubah keseluruhan perangkat mulai dari ikon aplikasi, ikon di status hingga notifikasi bar.

Jadi, pengertian launcher ini hampir sama seperti tema, tetapi hanya sebatas tampilan layar depan atau homescreen saja, jika kamu tidak suka dengan launcher di perangkat kamu kamu bisa mengunduh launcher di Play Store.

Seperti yang kamu ketahui tampilan launcher bawaan biasanya tidak bisa diubah oleh karena itu banyak orang yang menginstal launcher dari pihak ketiga seperti Nova Launcher dan microsoft launcher.

1 Fashion murah

Dan yang perlu kamu ketahui yaitu ternyata launcher bawaan lebih baik dari pada launcher pihak ketiga bisa mempengaruhi kinerja perangkat android yang kamu miliki. Oleh karena itu ada beberapa manfaat yang perlu kamu ketahui dari launcher ini dan ini penjelasannya.

1. Lebih ringan dan Tidak Memakan RAM

Ini adalah salah satu keunggulan launcher bawaan karena termasuk aplikasi sistem launcher bawaan menggunakan kapasitas RAM yang sangat sedikit apalagi jika dipadukan dengan stock android atau pruure android.

2. Lebih simple

Yang kedua aplikasi launcher bawaan lebih simple dari pada launcher pihak ketiga simpel disini relatif tergantung persepsi orang masing-masing yang jelas jika menggunakan launcher bawaan proses swipe aplikasi lebih ringan.

3. Jarang Berhenti Secara Paksa

Dan yang terakhir yaitu jarang berhenti. Seperti yang kamu ketahui launcher bawaan termasuk aplikasi sistem sudah dipastikan bahwa launcher tersebut tidak akan berhenti secara mendadak seperti launcher pihak ketiga.

Cara Mengatas Launcher Berhenti

Adapun jika launcher mengalami masalah maka pastinya semua aktifitas multitasking akan terganggu, bahkan ada sebagian perangkat yang tidak bisa digunakan sama sekali karena launcher bermasalah.

Dan launcher bermasalah biasanya akan muncul pesan error seperti “sayangnya, launcher telah berhenti” dan pesan lainnya.

1 Fashion murah

Pesan error tersebut memang sedikit berbeda, namun pada intinya tetap sama untuk mengatasi pesan-pesan error semacam itu, kamu bisa simak solusinya berikut di bawah ini.

1. Restart Smartphone

Nah, untuk hal yang pertama dan cukup mudah kamu bisa lakukan restart atau reboot smartphne android. dengan restart biasanya permasalahan seperti launcher bisa hilang dan smartphone android kamu bisa normal kembali.

Adapun jika nantinya metode yang keuda atau metode berikutnya adalah menghentikan dan hapus data aplikasi.

2. Hentikan & Hapus Data Aplikasi

Dengan cara ini, semua pengaturan, file chace, data aplikasi, basis data, history, dan bookmark akan hilang. Artinya tampilan android kamu akan kembali pada posisi awal atau baru.

Dan cara menghapus data launcher pada asus zenfone berikut caranya adalah:

  • Langkah pertama kamu bisa masuk ke menu Settings > Sellect Apps> All>Select Zen UI Service and Power Saver> Clear Chace dan Clear Data
  • Setelah itu kamu bisa lik “Reboot”
  • Kemudian masukan pada menu “Settings” > Apps> Launcher> Clear Chace dan Clear data

3. Mengurangi Pengguna aplikasi yang Berlebihan

Berikutnya untuk cara mengatasi launcher berhenti kamu bisa mengurangi penggunaan aplikasi berlebihan dan banyaknya aplikasi yang berjalan di background membuat memori RAM terasa penuh.

1 Fashion murah

Dan yang pasti hal ini dapat membuat launcher sering macet atau berhenti dan dampak buruknya pasti akan terjadi blank atau tidak terlihat gambar sama sekali.

4. Ganti dengan Launcher Lain

Selanjutnya untuk cara mengatasi launcher berhenti kamu bisa dengan mengganti dengan aplikasi lain. kamu bisa mencari aplikasi lain yang lebih ringan di Google Play Store.

Selain itu, salah satu aplikasi launcher yang cukup ringan adalah Nova Launcher aplikasi tersebut tersedia gratis di Google Play Store dan sangat ringan saat diterapkan pada semua perangkat di android.

5. Update Firmware

Selain cara diatas untuk cara mengatasi launcher berhenti kamu juga bisa melakukan update firmware. Dengan update firmware biasanya kamu akan mendapatkan fitur terbaru dan biasanya semua bugs atau kerusakan pada sistem akan diperbaiki.

Dan terutama di launcher android adapun untuk update sistem pastikan perangkat yang kamu gunakan terhubung jaringan WIFI dengan sisa baterai di atas 40% untuk caranya kamu bisa langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Langkah pertama kamu bisa buka menu pengaturan di HP kamu
  • Selanjutnya kamu klik “Pembaruan Sistem” dan selanjutnya kamu ikuti langkah-langkah update sistem dari ColorOS OPPO
  • Dan selesai

6. Lakukan Wipe Chace Partition

Selanjutnya kamu bisa mencoba melakukan “Wipe Chace Partition” dengan cara ini kamu bisa membersihkan file chace secara menyeluruh pada perangkat android yang kamu miliki. Baik pada sistem, aplikasi bawaan, atau aplikasi terinstall, begini caranya:

1 Fashion murah
  • Matikan HP dengan klik Power dan volume bawah secara bersamaan
  • Dans ecara otomatis amu akan d bawa ke menu Recovery Mode
  • Pilih bahasa dan klik “Wipe Chace” dan tunggu roses hingga selesai
  • Dan lakukan restart pada HP android yang kamu miliki

7. Factory Reset

Selanjutnya untuk cara mengatasi launcher berhanti kamu juga bisa melakukan factory reset begini caranya:

  • Langkah pertama kamu bisa buka pengaturan terlebih dahulu
  • Setelah itu kamu bisa klik setelan tambahan
  • Kemudian buat cadangan dan reset
  • Lalu klik tap “Hapus data aplikasi dan aplikasi yang dapat di bongkar

8. Flashing

Dan untuk yang terakhir kamu bisa mencoba untuk melakukan flashing atau install ulang sistem meskipun ribet tapi cara ini cukup ampuh untuk cara mengatasi launcher berhenti, begini caranya:

  • Kamu bisa download stock ROM OPPO smartphone di www.OPPO.com/id/downloads
  • Copy stock ROM ke memori eksternal
  • Masukkan ke menu recovery OPPO dan klik volume bawah +power sampai muncul recovery mode
  • Pilih bahasa Inggris
  • Pilih “Wipe Data and Chace”
  • Kemudian klik Wipe Data and Chace
  • Kemudian konfirmasi pilih “Yes”
  • Dan pilih “Instal from SD”
  • Kemudian pilih “Form SD”
  • Klik stock ROM OPPO dan klik yes
  • Tunggu proses update
  • Dan kemudian klik yes
  • Dan OPPO akan melakukan restarting dan jendela OPPO yang baru akan muncul

FAQ| Pertanyaan Seputar Cara Mengatasi Launcher Berhenti

Launcher gunanya untuk apa?

Untuk menyediakan antarmuka latar belakang di telepon kamu dan membantu mengatur semua yang kamu perlukan akses cepat dan mudah.

Apa yang dimaksud pembaruan konfigurasi?

Yaitu operasi patch yang berarti bawah pembaruan mengubah konfigurasi komponen yang ada pada perangkat.

1 Fashion murah

Artikel Menarik Lainnya: