Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh dan Dimatikan

masalah sering terjadi di beberapa perangkat dimana layar adalah salah satu perangkat satu-satunya untuk kamu berinteraksi dengan ponsel atau table yang kamu miliki. Lantas bagaimana cara mengatasi layar HP tidak bisa disentuh dan dimatikan?

1 Fashion murah

Tentunya hal ini cukup menjengkelkan dan rasa prustasi akan muncul dengan sangat cepat. Tapi tenang kamu bisa simak artikel ini sampai selesai karena tim Mustakim Media akan menjelaskan secara lengkap caranya.

fashion muslim murah

Penyebab Layar HP Tidak Bisa Disentuh dan Dimatikan

Sebelum membahas mengenai cara mengatasi layar HP tidak bisa disentuh dan dimatikan alangkah baiknya kamu bisa simak beberapa penyebab kenapa layar HP tidak bisa disentuh dan dimatikan.

Untuk lebih jelasnya kamu bisa simak beberapa penyebab di bawah ini apa saja penyebab layar HP mengenai hal tersebut. Berikut penjelasan lengkapnya:

1. HP Terkena Air Menyebabkan Layar Tidak Bisa Disentuh

Air yang masuk ke dalam perangkat Android atau iOS bisa menyebabkan korsleting itulah yang menyebabkan layar HP tidak bisa disentuh atau di matikan dan membuat layar HP tidak merespon.

2. Karena Terjatuh

Setelah handphone terjatuh segera cek kondisi perangkat tersebut jika tidak ada kerusakan sama sekali layar akan bisa kembali berfungsi dan akan bisa merespon sentuhan dari jari dengan baik.

1 Fashion murah

3. Terlalu Lama Digunakan

Pada dasarnya setiap orang memiliki alasan masing-masing dalam menggunakan HP. Dan jika terlalu lama digunakan bisa menyebabkan berbagai kerusakan termasuk touch screen sehingga HP membutuhkan waktu untuk istirahat.

4. RAM HP Penuh

Penyebab layar HP tidak bisa disentuh dan dimatikan karena komponen penting yaitu RAM dan ROM. Dengan keterbatasan kapasitas pada RAM maka pastikan hanya digunakan aplikasi yang memang dibutuhkan saja.

5. HP Terkena Benda Berat

Salah satu alasan kenapa jangan sembarangan menyimpan HP da jika HP terkena benda berat apalagi di pas layar ada kemungkinan layar HP tidak bisa disentuh dan dimatikan.

6. Pemakaian Charger Salah

Dan penyebab selanjutnya yaitu karena selalu sembarangan menggunakan charger untuk mengisi daya baterai HP tentu disarankan dan charger tidak sesuai menyebabkan rusaknya komponen HP.

Nah, itulah beberapa penyebab kenapa layar HP tidak bisa disentuh dan dimatikan dan selanjutnya mari kita bahas bagaimana cara mengatasinya. Yuk, simak artikel ini sampai akhir ya!

Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh dan Dimatikan

Berikut beberapa langkah cara mengatasi layar HP tidak bisa disentuh dan dimatikan kamu bisa lakukan beberapa hal di bawah ini, diantaranya yaitu:

1 Fashion murah

1. Cara mengatasi layar HP tidak bisa disentuh dan dimatikan bila terkena air

  • Pastikan tangan kamu dalam keadaan bersi dan kering
  • Selanjutnya bersihkan layar denga kain bebas serat
  • Selain itu, mulai ulang perangkat ponsel kemudian lepas casing atau pelindung layar

Dan jika cara ini berhasil maka kerusakan yang dialami belum begitu parah dan bisa di atasi dengan cara ini. sebab, HP zaman sekarang sudah memiliki sertifikat anti air dan debu yang baik.

2. Muat Ulang HP

Hal ini mungkin terdengar cukup mendasar tetapi ketika layar berhenti berfungsi caranya cukup memulai ulang perangkat layar HP pada langkah awal yang bisa kamu gunakan sebelum tahap selanjutnya.

3. Bersihkan layar dan pelindung layar

Langkab selanjutnya kamu bisa membersihkan casing dan juga pelindung layar untuk cara mengatasi layar HP tidak bisa disentuh dan dimatikan, begini langkahnya:

  • Bersihka tangan untuk menghindari kotoran yang masuk ke layar
  • Jagan menggunakan kain basah
  • Lepaskan pelindung layar HP dan bersihkan secara merata

Dan apabila cara mengatasi layar HP tidak bisa disentuh dan dimatikan di atas tidak membantu kamu bisa langsung mengatasi dengan cara mengunjungi tempat service terdekat untuk memeriksakan lebih lanjut.

Bisa saja kamu harus mengganti layar atau apa pun nanti akan tahu sendiri penyebabnya dan tentu pihak service akan lebih paham dalam menangani hal tersebut.

Tips Meningkatkan Sensitifitas Layar HP

Selain mengetahui cara mengatasi layar HP tidak bisa disentuh dan dimatikan kamu perlu tips meningkatkan sensitifitas layar HP, yaitu:

1 Fashion murah
  • Pertama kamu bisa kurangi skala animasi di layar HP kamu
  • Selanjutnya kamu bisa tambah aplikasi pihak ketiga untuk meningkatkan sensitifitas
  • Kemudian kamu harus melakukan kalibrasi layar
  • Dan kemudian kamu bisa menggunakan tempered glass untuk melindungi layar HP
  • Upgrade sistem operasi ke versi paling baru

FAQ| Pertanyaan Seputar Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh dan Dimatikan

Kenapa HP tidak bisa dimatikan?

Salah satu penyebabnya yaitu adanya kesalahan aplikasi, masalah sistem, virus atau malware.

Apa efek samping ganti LCD HP?

Saat mengganti LCD tentu perangkat akan mengalami pembongkaran dengan adanya hal ini terjadinya kerusakan atau cacat pada ponsel semakin tinggi.

Artikel Menarik Lainnya:

Blog Literasi dan Dunia Teknologi

Menu