10 Cara Mengatasi Layar Mati Saat Menelpon HP Oppo F1S

Lagi telponan terganggu karena layar hp Oppo tiba-tiba mati? Coba cara mengatasi layar mati saat menelpon hp Oppo dan kenali penyebabnya melalui informasi berikut.

Penyebab Layar Mati Saat Telepon Whatsapp Oppo F1S

Permasalahan layar tiba-tiba mati saat menelpon via whatsapp bukan masalah besar. Umumnya hal ini terjadi di berbagai jenis handphone salah satunya Oppo F1S. Berikut ini penyebab layar handphone Oppo mati ketika melakukan panggilan:

1. Sensor Proximity Aktif

Jangan panik karena ini permasalahan proximity sensor Oppo yang perlu diatur. Layar mati tak hanya terjadi ketika melakukan panggilan di Whatsapp, gangguan ini juga sering terjadi saat melakukan panggilan biasa.

Sebelum membawa handphone kamu ke tukang service, kamu bisa coba matikan sensor proximity, matikan sensor anti salah sentuh, dll.

2. Pengaturan Sensor Gerakan Layar Sentuh pada Handphone

Jika kamu mengaktifkan fitur gerakan dan sentuhan layar yang menyebabkan layar mati ketika tersentuh oleh telinga kamu harus mengaturnya lagi. Hal ini dapat diatur dengan sangat mudah tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga.

3. Layar Handphone Rusak

Kalau kamu sudah mengatur proximity dan fitur sensor layar sentuh tapi hp tetap mati ketika digunakan boleh jadi hp kamu rusak. Penyebab kerusakan bisa karena terkena air, benturan, maupun debu.

Cara Mematikan Sensor Proximity Oppo Agar Layar tidak Mati Saat Menelpon

Kalau layar mati saat menelpon di handphone Oppo karena Sensor Proximity maka matikan dulu sensor ini dengan cara-cara berikut ini.

1. Matikan Sensor Proximity Oppo dengan Bantuan Aplikasi

Cara mengatasi layar mati saat menelpon hp Oppo yang pertama adalah mematikan Sensor Proximity yang bisa dibantu dengan aplikasi. Ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  • Download aplikasi Proximity Sensor lewat Play Store
  • Setelah aplikasi ter-install silakan buka aplikasi tersebut agar siap digunakan
  • Ketika aplikasi dibuka, kamu akan melihat menu service enable dalam keadaan aktif
  • Non-aktifkan fitur tersebut dengan menggeser ikon ON menjadi OFF
  • Setelah itu, sensor Proximity akan otomatis mati
  • Selanjutnya gangguan layar mati ketika menelpon tidak akan terjadi lagi

2. Matikan Proximity Sensor Oppo Lewat Pengaturan Ponsel

Selain dibantu aplikasi, kamu juga dapat mematikan Sensor Proximity melalui pengaturan. Atasi layar mati saat telepon whatsapp di hp Oppo dengan cara berikut ini:

  • Buka pengaturan handphone kemudian pilih menu layar dan tampilan
  • Pilih menu sensor proximity lalu klik opsi “Matikan layar ketika dekat dengan wajah”
  • Selanjutnya, kamu tidak akan mengalami gangguan lagi

Cara Mengatasi Layar Mati Saat Menelpon Hp Oppo

Ketika mendapati handphone tiba-tiba mati ketika digunakan untuk menelpon, inilah beberapa cara yang dapat kamu gunakan untuk mengatasinya:

1. Tutup Aplikasi

Salah satu cara yang bisa kamu gunakan adalah menutup aplikasi secara paksa. Pertama, tekan dan tahan aplikasi Whatsapp hingga muncul ikon (i) kemudian pilih “force stop”. Setelah itu aplikasi akan tertutup, lakukan panggilan ulang untuk memastikan gangguan tidak terjadi lagi.

2. Pastikan Handphone tidak Rusak

Selain mematikan sensor jarak, kamu bisa coba memastikan kembali kalau perangkat baik-baik saja. Pastikan perangkat tidak terkena air atau debu yang merusak perangkat. Kalau handphone kamu baru saja jatuh ke air atau ke permukaan tanah pastikan kinerjanya tidak terganggu.

3. Lepaskan Tempered Glass

Cara mengatasi layar mati saat menelpon hp Oppo lainnya adalah melepaskan tempered glass pada handphone Oppo. Ini bertujuan memastikan tidak ada kerusakan pada perangkat. Kamu bisa mencoba cara ini kalau layar menghitam dan mengganggu kinerja saat menelpon.

4. Atur Ulang Sensor Layar Mati

Ketika handphone tiba-tiba mati saat melakukan panggilan, kamu bisa atasi dengan mengatur layar mati otomatis. Coba akses pengaturan kemudian pilih menu layar dan kecerahan. Setelah itu, silakan pilih menu layar mati otomatis.

Coba atur ulang layar mati otomatis menjadi 20-30 menit supaya lebih lama. Dengan mengatur durasi, kamu tidak perlu khawatir ketika menelepon lewat panggilan maupun whatsapp handphone Oppo.

5. Atur Ulang Gerakan dan Sentuh Layar

Handphone Oppo kamu mati ketika melakukan panggilan bisa jadi karena kamu mengaktifkan mode “gerakan dan sentuhan” pada layar. Coba atur ulang dengan mudah lewat pengaturan, dari situs pilih menu cerdas dan nyaman.

Dari opsi cerdas dan nyaman, silakan pilih gerakan kemudian aktifkan toggle pada bagian “Angkat untuk menghidupkan layar”. Jangan lupa aktifkan gestur layar mati dan aktifkan ketuk “ganda agar layar hidup”

6. Gunakan Earbud atau Headset Saat Melakukan Panggilan

Jauhkan telinga dari layar handphone ketika menelpon agar layar tidak mati. Kamu bisa mengatasinya dengan cara menggunakan earbud atau headset ketika menelpon. Selain itu, kamu juga bisa menghindari radiasi langsung pada perangkat.

7. Perbarui Aplikasi Whatsapp

Kamu bisa gunakan cara sederhana ini untuk memastikan tidak ada kendala saat menelpon akibat error. Kamu bisa memperbarui aplikasi Whatsapp melalui Play Store supaya dapat digunakan tanpa kendala.

8. Reset Handphone

Cara mengatasi layar mati saat menelpon hp Oppo berikutnya melakukan reset pada handphone Oppo. Setelah di reset, handphone akan kembali ke pengaturan awal dan menghindari layar mati saat melakukan panggilan.

FAQ: Pertanyaan Seputar Cara Mengatasi Layar Mati Saat Menelpon Hp Oppo?

Apakah Membuka Banyak Aplikasi dapat Berpengaruh pada Saat Menelpon di Hp Oppo?

Hal itu tidak berpengaruh karena penyebabnya sederhana, kamu hanya perlu memeriksa pengaturan handphone.

Bagaimana Kalau Semua Tips Di atas tidak Efektif untuk Mengatasi Layar Mati Saat Menelpon?

Jika itu terjadi, maka kamu harus membawa perangkat ke Oppo service center untuk memeriksa masalah hard ware.

Apakah Hard Reset dapat Mengatasi Layar Mati saat Menelpon?

Tentu saja, karena cara ini mengembalikan pengaturan ke awal saat hp baru dibeli. Meski begitu, kamu harus memastikan data-data penting tidak terhapus.

Artikel Menarik Lainnya: