Cara Mengatasi LCD Bergaris dan Berbayang

LCD HP yang bergaris dan berbayang tentunya memberikan rasa tidak nyaman pada pandangan saat kamu menggunakannya dan membuat layar HP tidak bisa dilihat secara optimal.

1 Fashion murah

Lantas bagaimana cara mengatasi LCD bergaris dan berbayang? Yuk, simak artikel ini sampai selesai karena tim Mustakim Media akan menjelaskan bagaimana cara mengatasi dan juga penyebabnya.

fashion muslim murah

Penyebab LCD Bergaris dan Berbayang di HP Android

Ada berbagai cara mengatasi LCD bergaris dan berbayang yang bisa kamu coba. Namun, sebelum ke pembahasan tersebut mari kita simak terlebih dahulu apa penyebab yang membuat LCD bergaris da berbayar.

LCD bergaris dan berbayang bisa terjadi karena berbagai faktor. Diantaranya adanya masalah perangkat lunak yang tidak kompatibel, masalah perangkat keras seperti konektor LCD yang terlepas dan juga ponsel yang terjatuh menyebabkan LCD pecah.

Sementara masalah layar berbayang umumnya ini terjadi karena ada bagian LCD yang terbakar sehingga beberapa piksel LCD tidak dapat berfungsi dengan baik. menggunakan ponsel pada lingkungan panas sehingga membuat perangkat overheat.

Dan hal tersebut tentunya menimbulkan masalah tersebut yaitu LCD bergaris dan berbayang. Itulah beberapa penyebabnya. Lantas bagaimana cara mengatasi LCD bergaris dan berbayang berikut di bawah ini penjelasan lengkapnya.

1 Fashion murah

Cara Mengatasi LCD Bergaris dan Berbayang

Nah, setelah mengetahui penyebabnya kita menjadi lebih mudah mengetahui bagaimana cara mengatasi LCD bergaris dan berbayang. Dan bagi kamu yang penasaran bagaimana caranya kamu bisa ini penjelasn lengkapnya.

1. Nyalakan Ulang Ponsel

Nah, langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah memulai ulang ponsel. Metode ini dapat memperbaiki gangguan kecil yang terjadi pada ponsel android bila masalah masih berlanjut bisa mencoba solusi berikutnya.

2. Habiskan Daya Baterai

Cara mengatasi LCD bergaris dan berbayang selanjutnya kamu bisa menghabiskan daya batrai. Namun sebelumnya, pengguna perlu mengisi daya baterai sampai penuh alias 100%.

Jika sudah penuh, gunakan HP atau biarkan sampai daya baterai habis atau nol persen. Lalu isi kembali biasanya garis pada layar HP akan hilang ketika HP kembali dinyalakan dalam keadaan daya baterai penuh.

3. Gunakan Mode Aman Ponsel

Nah, selanjutnya kamu juga bisa menggunakan mode aman yang dapat mengetahui penyebab dan menyelesaikan masalah garis dan layar berbayang yang terjadi pada ponsel android.

Dengan mode tersebut, kamu dapat memastikan apakah ada aplikasi pihak ketiga yang menjadi penyebab masalah tersebut. Caranya kamu bisa masuk mode aman dengan tekan dan tahan tombol power hingga “Power Off” muncul.

1 Fashion murah

Kemudian klik opsi “Reboot to safe mode” ketika muncul dan klik “Ok”.

4. Tekan Layar Ponsel

Garis pada LCD yang muncul setelah perangkat terjatuh dapat di atasi dengan menekan layar ponsel dengan kuat ke bawah. Teknik ini dapat memperkuat kembali koneksi LCD dengan komponen lainnya agar dapat berjalan dengan normal kembali.

5. Ubah Pengaturan Perangkat

Untuk mengatasi layar berbayang pengguna bisa mengatur kecerahan yang lebih rendah. Semakin cerah layar, piksel LCD akan semakin sulit berjalan. Dan alternatif lainnya pengguna dapat beralih menggunakan mode gelap untuk mengurangi resiko layar terbakar.

6. Coba Aplikasi Pemecah Masalah

Metode lainnya pengguna dapat memasang aplikasi pihak ketiga untuk mengatasi masalah LCD bergaris dan berbayang. Salah satu aplikasi yang dapat dipakai adalah Burn In Fixer aplikasi ini dapat diunduh pada layanan Google Play Store secara gratis.

7. Lepas Casing

Penyebab layar HP bergaris juga bisa karena perubahan suhu di perangkat. Hal ini bisa mempengaruhi kinerja operasional HP sehingga memunculkan garis atau bayangan. Hal ini terjadi, sebaiknya pengguna casing HP selama beberapa menit. Kemudian matikan HP selama beberapa menit kemudian muat ulang.

8. Kunjungi Pusat Servis

Apabila dengan berbagai cara di atas masalah tidak dapat diatasi artinya LCD ponsel android kamu tersebut mengalami masalah permanen dan diperlukan penggantian komponen.

1 Fashion murah

Pengguna dapat mengunjungi pusat servis ponsel merek android yang dipakai agar segera mendapat penanganan dari teknisi yang profesional.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi LCD bergaris dan berbayang jika memang sudah tidak bisa memungkinkan untuk digunakan kamu bisa membawanya ke tempat service terdekat di daerah kamu dan mengganti dengan yang baru.

Cara Merawat LCD HP

Berikut beberapa tips cara merawat LCD HP agar terhindar dari LCD bergaris dan berbayang, diantaranya adalah:

  • Tips pertama yaitu gunakan screen protector
  • Selanjutnya beli smartphone case
  • Selain itu, Bersihkan layar secara rutin
  • Hindari dari paparan suhu ekstrim
  • Gunakan smartphone dengan hati jangan sampai terjatung atau terlempar

FAQ| Pertanyaan Seputar Cara Mengatasi LCD Bergaris dan Berbayang

Apakah LCD rusak bisa menyebar?

Kerusakan yang sebelumnya hanya terjadi di LCD bisa menyebar dan mempengaruhi di bagian HP lain.

Ciri-ciri layar LCD HP yang rusak?

Layar yang tidak merespon gambar muncul tapi tidak sesuai layar pecah atau tergores.

1 Fashion murah

Artikel Menarik Lainnya: