8 Cara Mengatasi Speaker Laptop Pecah Windows 10 dan 11

Speaker merupakan bagian penting pada laptop, selain untuk hiburan komponen ini sangat penting terutama ketika kerja. Lantas bagaimana kalau speaker laptop pecah hingga suara yang dihasilkan tidak bagus.

Suara speaker laptop pecah bisa disebabkan oleh beberapa aspek. Selain itu, kamu juga dapat mengatasinya dengan sangat mudah. Simak cara memperbaiki speaker dengan mudah.

Penyebab Suara Speaker Laptop Pecah

Agar bisa memperbaiki speaker laptop pecah, kamu harus mengenal dulu penyebab kenapa suaranya bisa pecah.

1. Terlalu Sering Menggunakan Volume Maksimal

Salah satu penyebab speaker laptop pecah karena terlalu sering menggunakan volume tertinggi. Jika ini dilakukan dalam jangka panjang bisa menyebabkan kerusakan speaker.

Dengarkan audio dan media lainnya dengan volume normal supaya suara yang dikeluarkan tidak terlalu keras. Pengguna harus lebih bijak dalam mengatur volume suara supaya lebih awet.

2. Sering Melepas Pasang Earphone hingga Speaker Eksternal

Gangguan pada speaker laptop dapat disebabkan karena kebiasaan sehari-hari salah satunya sering lepas pasang earphone. Dalam jangka waktu yang lama, kebiasaan ini bisa menyebabkan korsleting pada konektor.

3. Banyak Debu yang Menutupi Speaker

Selain itu, penyebab terjadinya gangguan lainnya bisa juga karena banyak debu yang menutupi area speaker. Kamu harus rutin membersihkan bagian dalam laptop agar tidak berdebu.

4. Pengaturan Konfigurasi Harus Diperbaiki

Gangguan suara pada laptop juga bisa disebabkan karena pengaturan konfigurasi. Coba cek menu speaker di laptop untuk memastikan pengaturannya sudah default atau belum.

5. Speaker Sudah Rusak Total

Kerusakan lainnya dapat disebabkan karena perangkat laptop kena benturan atau gangguan lainnya. Hal itu dapat menyebabkan kerusakan pada perangkat sehingga harus berhati-hati.

Cara Memperbaiki Speaker Laptop Pecah Windows 10 hingga 11

Setelah mengenal sejumlah penyebab suara speaker pecah, berikutnya kamu bisa coba memperbaiki speaker agar kembali normal. Ini dapat dilakukan pada sistem windows 10 maupun windows lainnya.

1. Lihat Pengaturan Audio Melalui Keyboard

Langkah sederhana yang dapat kamu coba untuk mengembalikan suara speaker bisa dengan menekan tombol FN dan F1 secara bersamaan. Setelah itu, putar salah satu audio, kalau terdengar sudah normal berarti tidak terjadi masalah berat.

Cara ini dilakukan kalau ternyata penyebab suaranya terganggu akibat kamu tidak sengaja mematikan fitur speaker.

2. Atur Kembali Lewat Control Panel

Cara memperbaiki speaker laptop pecah di windows 10 dan sistem OS lainnya adalah mengatur Control Panel.

Caranya sangat mudah, di bagian start cari Control Panel setelah itu buka menu tersebut. Di halaman control panel, kamu tinggal pilih menu Hardware and Sound setelah itu klik opsi Sound.

Kamu akan melihat tampilan playback, pilihlah speaker yang ingin dipakai. Jika ingin mengatur pada mode disable cukup klik kanan begitu pun kalau mau diatur lagi jadi enable.

3. Coba Troubleshoot Audio

Cara lainnya yang dapat kamu coba adalah melakukan troubleshoot audio. Metode ini dapat digunakan untuk mengetahui permasalahan pada audio. Cara Troubleshoot Audio sangat mudah, pertama masuk dulu ke Setting dan pilih System.

Kalau sudah, silakan pilih opsi Sound dan klik Troubleshoot. Berikutnya, kamu tinggal memilih speaker dan perbaikan akan dimulai.

4. Lakukan Pengecekan pada Driver

Langkah sederhana berikutnya adalah memeriksa driver audio, hal ini ternyata sangat penting untuk memeriksa gangguan pada perangkat. Boleh jadi speaker laptop pecah karena ada masalah pada driver.

Pertama, kamu harus masuk ke menu Driver Manager, setelah itu pilih Sound, Video, and Game Controlers. Tanda Driver audio bermasalah biasanya terlihat tanda seru, itu artinya kamu harus memperbarui driver tersebut.

5. Lakukan Restart Perangkat

Cara lain yang dapat kamu lakukan kalau mau memperbaiki speaker laptop bisa dengan restart perangkat. Ini dapat dilakukan jika gangguan diakibatkan oleh error pada windows.

6. Ganti Speaker

Kalau kerusakan pada perangkat diakibatkan karena benturan atau debu yang terlalu banyak hingga speaker rusak kamu harus menggantinya. Ganti komponen pada laptop melalui service center agar dapat mendengarkan audio dengan nyaman.

7. Gunakan Speaker Eksternal

Langkah lainnya yang dapat kamu coba adalah menggunakan speaker eksternal. Hanya saja, laptop kamu jadi kurang fleksibel karena terhubung ke speaker eksternal.

8. Matikan Volume pada Speaker yang Rusak Melalui Volume Mixer

Selanjutnya, kamu bisa coba gunakan volume mixer kalau salah satu speaker rusak. Caranya sangat mudah, klik kanan pada tanda audio di bagian kanan bawah lalu pilih “Open Volume Mixer”.

Akses menu Speakers, kemudian pilih opsi Level lalu ke Balance. Kamu harus menurunkan volume pada speaker kanan atau kiri, matikan volume pada speaker yang bermasalah saja.

FAQ: Pertanyaan Seputar Speaker Laptop Pecah

Bagaimana Cara Membersihkan Debu Di dalam Speaker Laptop?

Sebelumnya, kamu harus membuka casing laptop di bagian belakang untuk melihat debut di dalam komponen laptop. Kamu bisa menggunakan kuas kecil yang halus lalu bersihkan pada area speaker maupun komponen lainnya.

Apa Saja Tips untuk Menghindari Speaker Laptop Pecah?

Jangan biarkan perangkat mengalami overheat, selain itu kamu harus menyimpan perangkat di tempat yang bebas debu. Selain itu, masukkan laptop ke dalam tas-nya setelah selesai digunakan supaya bebas debu.

Apa yang Akan Terjadi Kalau Speaker tidak Diperbaiki?

Selain tidak dapat digunakan secara maksimal, akibat paling parah kalau tidak memperbaiki speaker bisa mengakibatkan speaker rusak permanen. Jika speaker sudah rusak permanen, cara mengatasinya pun harus ganti komponen.

Apa Saja Tanda-tanda Speaker Laptop Pecah?

Ketika memutar audio terdengar sember hingga kresek-kresek hasilnya jadi tidak nyaman. Bahkan, kalau sudah rusak, suara yang ditimbulkan lebih kecil walaupun volumenya sudah keras.

Artikel Menarik Lainnya: