Cara Mengatasi Token Listrik Gagal Masuk Dan Penyebabnya

Cara Mengatasi Token Listrik Gagal Masuk dan Penyebabnya

Cara Mengatasi Token Listrik Gagal Masuk dan Penyebabnya

Sistem Listrik dengan token memang mudah namun tentu tetap ada kendala yang bisa muncul. Cara mengatasi token listrik gagal masuk jadi salah satu hal yang perlu diperhatikan bagi pengguna listrik PLN dengan sistem Prabayar atau token tersebut.

Dalam penggunaannya ada beberapa kendala yang dapat sering terjadi termasuk saat mengisikan token ke meteran listrik. Agar meteran listrik tetap nyala, kamu tentu harus membeli token yang saat ini mudah di dapatkan. Kode token tersebut yang akan dimasukkan ke dalam meteran listrik.

Cara Mengatasi Token Listrik Gagal Masuk

Salah satu kendala yang sering dihadapi ketika akan memasukkan token listrik yakni tidak dapat masuk dan menambah Kwh pada meteran. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk bisa mengatasi masalah token yang gagal masuk tersebut, seperti dijelaskan berikut ini.

1. Periksa Ulang Token yang Dimasukkan

Langkah pertama yang harus dilakukan ketika muncul kondisi gagal saat memasukkan token listrik adalah memeriksanya lagi. Kamu perlu melihat ulang karena bisa saja ada nomor yang salah dimasukkan sehingga token tidak terisi ke meteran listrik prabayar.

2. Konfirmasi ke lokasi beli token

Langkah kedua sebagai bagian dari cara untuk mengatasi kondisi token yang gagal masuk adalah dengan konfirmasi ke tempat membeli. Dengan konfirmasi tersebut, kamu bisa mengetahui apakah nomor token sudah benar atau bahkan ada kesalahan input no pelanggan saat membeli token.

3. Lakukan Reset pada Meteran Listrik

Cara ketiga jika memang nomor token sudah dimasukkan secara benar adalah melakukan reset pada meteran listrik. Untuk dapat melakukan reset tersebut, kamu hanya perlu menekan angka 00 dan enter. Reset jadi satu cara mengatasi token listrik gagal masuk yang paling sering dilakukan.

4. Mengajukan keluhan ke PLN Lewat Layanan Pelanggan

Cara keempat yang dapat dijalani ketika masih ada kondisi token yang gagal masuk adalah mengajukan keluhan ke PLN. Kamu bisa mengajukan keluhan ke PLN dengan beberapa pilihan yang tersedia. Layanan pelanggan ke PLN bisa dilakukan lewat :

  • Call Center PLN di 123
  • Facebook PLN di PLN 123
  • Twitter PLN di @pln_123
  • Instagram PLN di @pln123_pln.co.id
  • Email PLN di pln123@pln.co.id
  • Website PLN di pln.co.id
  • Aplikasi PLN Mobile

Selain lewat layanan pelanggan tersebut, kamu juga bisa datang langsung ke kantor PLN terdekat. Beberapa cara di atas menjadi pilihan langkah yang tepat sebagai upaya untuk bisa mengatasi token gagal masuk ke meteran listrik prabayar.

Faktor Penyebab Token Listrik yang Gagal Masuk

Setelah mengenal cara mengatasi Token Listrik gagal masuk, kamu perlu memahami penyebab yang mungkin bisa muncul. Berikut ini beberapa penjelasan mengenai penyebab Token Listrik yang gagal masuk, seperti dijelaskan di bawah ini.

1. Meteran yang Belum Siap

Penyebab pertama adanya kondisi gagal masuk saat input Token adalah kondisi meteran belum siap. Beberapa kondisi yang dapat menyebabkan meteran belum siap tersebut seperti adanya gangguan pada meteran maupun proses perubahan daya yang belum selesai.

2. Kondisi pada Meteran

Penyebab lain sehingga kamu perlu mencari cara mengatasi token listrik gagal masuk adalah karena kondisi pada meteran. Beberapa meteran dapat mengalami update atau pembaruan secara sistem. Dengan kondisi tersebut, token tidak masuk sementara dan bisa diulang untuk memasukkannya nanti.

3. Kesalahan Input atau Memasukkan Token

Penyebab ketiga yang dapat muncul ketiga gagal memasukkan token ke meteran listrik adalah karena kesalahan input token. Kondisi kesalahan ini sering terjadi mengingat jumlah angka dalam token yang cukup banyak. Periksa kembali nomor token agar tidak salah dan bisa terinput ke meteran listrik.

4. Kesalahan Membeli token

Bentuk penyebab yang juga dapat menjadi pemicu kamu butuh cara mengatasi token listrik gagal masuk adalah karena kesalahan pada saat membelinya. Beberapa orang bisa jadi salah memberikan nomor pelanggan atau nomor meteran saat membeli token sehingga kode tidak bisa dimasukkan.

5. Muncul Peringatan Periksa pada Meteran Listrik

Penyebab yang juga dapat menjadi alasan mengapa token tidak bisa masuk ke meteran listrik adalah karena muncul kata Periksa. Munculnya peringatan tersebut dapat terjadi karena adanya kesalahan teknis di dalam instalasi listrik rumah. Hubungi segera PLN untuk mendapatkan penanganan atas kondisi ini.

FAQ | Pertanyaan Tentang Cara Mengatasi Token Listrik Gagal Bayar

Apakah cara reset meteran listrik membahayakan atau berakibat buruk ?

Tidak, dalam perbaikan meteran listrik yang dilakukan oleh petugas PLN juga sering melakukan reset untuk mengatasi kendala saat token gagal masuk.

Apakah token yang gagal masuk akan hangus dan tidak bisa digunakan lagi ?

Tidak, token listrik dapat berlaku selamanya sehingga kamu bisa menginputnya sampai berhasil masuk ke meteran listrik.

Freelancer content writer teknologi. Sangat suka dengan dunia teknologi, seperti melihat masa depan.

Artikel Menarik Lainnya: