Cara Mengatasi Touchscreen Bergerak Sendiri dan Penyebabnya

Kamu pernah mengalami touchscreen yang bergerak sendiri? atau istilah ini sering dikenal dengan Ghost Touch. Dan tentunya hal ini bisa mengganggu aktivitas kamu saat menggunakan ponsel.

1 Fashion murah

Tenang, pada kesempatan kali ini tim Mustakim Media akan menjelaskan apa saja penyebab dari touchscreen bergerak sendiri hingga cara mengatasi touchscreen bergerak sendiri. agar informasi lebih lengkap kamu bisa simak artikel ini sampai selesai.

fashion muslim murah

Penyebab Touchscreen Bergerak Sendiri

Salah satu masalah pada layar HP adalah ghost touch atau layar yang bergerak sendiri tanpa sentuhan. Dan sebagian dari kamu pasti pernah mengalami hal tersebut bukan?

Seperti yang telah kita ketahui bahwasanya touchscreen yang bergerak sendiri ini memiliki peran yang sangat vital dalam pengoperasian dan navigasi akan terganggu jika hal ini terjadi. Maka dari itu kamu perlu cara mengatasinya.

Namun, sebelum beranjak ke cara mengatasi Touchscreen bergerak sendiri alangkah baiknya kamu simak terlebih dahulu apa saja penyebab touchscreen bergerak sendiri. dan berikut beberapa penyebabnya yang perlu kamu ketahui, diantaranya adalah:

1. Menggunakan Charger KW

Nah, untuk penyebab yang pertama kenapa touchscreen bergerak sendiri adalah akibat dari penggunaan charger KW alias abal-abal. Dan tentunya Output daya dari charger abal-abal cenderung tidak stabil.

1 Fashion murah

Dan dari ketidakstabilan output daya tersebutlah bisa mengganggu sensitivitas sentuhan layar yang kamu gunakan. Jadi, pastikan kamu menggunakan charger yang ori ya!.

2. Terdapat cairan atau debu

Nah, penyebab touchscreen bergerak sendiri selanjutnya juga bisa dikarenakan adanya cairan atau debu yang menempel di permukaan layar HP bisa membuat sensitivitas sentuhannya terganggu.

Dan alhasil, gerakan layar bisa tidak sesuai dengan arah semestinya. Dan bahkan bisa membuat layar HP bergerak sendiri sehingga penting banget untuk membersihkan bagian layar agar tidak ada cairan atau debu.

3. Pengguna Screen Guard

Nah, selanjutnya penyebab touchscreen bergerak sendiri adalah screen guard. Meskipun screen guard di satu sisi berguna untuk memberikan perlindungan tambahan pada layar.

Namun, disisi lain pengguna screen guard kadang kala dapat mengganggu sensitivitas layar lantaran debu-debu yang terselip di dalamnya.

4. Bug Pada Aplikasi

Aplikasi yang terinstal di HP tidak selamanya dapat dijalankan dengan lancar, kadang bisa juga terdapat sejumlah bug. Saat menjalankan aplikasi yang terdapat bug beberapa fungsi dari HP mungkin bakal terganggu, termasuk pada sensitivitas layarnya.

1 Fashion murah

Nah, itulah beberapa penyebab kenapa touchscreen dapat bergerak sendiri selanjutnya mari kita bahas bagaimana cara mengatasi touchscreen bergerak sendiri berikut penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Cara Mengatasi Touchscreen Bergerak Sendiri

Berikut ini adalah beberapa tips dan tutorial yang bisa kamu coba untuk cara mengatasi touchscreen bergerak sendiri, diantaranya adalah:

1. Kalibrasi Layar

Untuk cara mengatasi touchscreen bergerak sendiri kamu bisa menggunakan aplikasi touchscreen calibration. Nmaun, proses kalibrasi touchscreen di handphone android ini tidak memperbaiki kerusakan perangkat keras pada touchsreen ya.

Namun, aplikasi tersebut hanya membantu pengguna mendeteksi jenis sentuhan di area touchscreen dan membantu mendefinisikan kembali jenis sentuhan tersebut.

2. Melakukan Reboot

Untuk tips selanjutnya kamu bisa merestar perangkat yang mengalami error ini dimaksudkan untuk mengistirahatkan perangkat sejenak setelah digunakan dalam waktu yang lama.

Kemungkinan memang ghost touch itu disebabkan karena smartphone bekerja diluar batasnya sehingga mengalami overheat atau semacamnya.

1 Fashion murah

3. Ganti Charge

Seperti yang dijelaskan penyebabnya bahwa terjadi touchscreen bergerak sendiri disebutkan karena charger yang abal-abal atau tidak sesuai dan kamu bisa mencobanya dengan mengganti charger yang sesuai dan ori.

4. Periksa Kapasitas RAM

Cara mengatasi touchscreen bergerak sendiri selanjutnya kamu bisa mengecek kapasitas RAM pada smartphone kamu. Karena masalah ini bisa saja akibat masalah softwarenya jadi kamu pastikan RAM masih longgar.

Dan jika kapasitas RAM kamu sedikit longgar maka touchscreen akan berjalan dengan baik dan juga responsif.

5. Gunakan Touchscreen Tester

Mungkin kerusakan pada touchscreen kamu yang kurang responsif atau tidak berfungsi dengan baik yaitu karena memiliki masalah dengan multi touchnya.

Sehingga smartphone kamu terlihat rusak padahal touchscreen pada smartphone kamu hanya mengalami lag atau lemot saja. kamu dapat mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan sebuah aplikasi.

Dan aplikasi tersebut MultiTouch tester yang dapat kamu unduh di Google Play Store secara gratis. Dan kamu bisa mencoba apakah layar kamu rusak atau tidak.

1 Fashion murah

6. Perbaiki Firmware

Sistem android atau disebut juga dengan firmware yang mungkin sedang mengalami beberapa masalah tertentu yang akan berdampak pada kinerja android tersebut. Terjadi baik pada layar, file yang tersimpan, kamera dan aplikasi lainnya,

Dan untuk mengatasi hal tersebut maka saya akan menjelaskan solusinya. Dan salah satunya adalah kamu bisa melakukan upgrade sistem android kamu ke sistem yang terbaru atau versi baru maka semua bug akan hilang jika sudah update.

7. Factory Reset

Selanjutnya cara mengatasi touchscreen bergerak sendiri kamu bisa menggunakan factory reset dan ini akan membuat tampilan smartphone kamu tampilan default.

8. Perbaiki LCD

Dalam proses penggunaan smartphone tentu kadang kita ceroboh dan melakukan kesalahan seperti menjatuhkannya. Dan jika hal tersebut yang membuat toucgscreen menjadi error maka kamu perlu memperbaiki dengan LCD baru.

9. Kalibrasi Baterai

Nah, cara mengatasi touchscreen bergerak sendiri kamu jua bisa mencoba dengan kalibrasi baterai dimana baterai yang melemah membuat perangkat tidak maksimal. Namun, jika adanya dalam baterai tersebut masih banyak dan layar bergerak sendiri.

Maka kemungkinan komponen baterai sudah waktunya diganti. Dan umur baterai yang sudah mencapai batasan juga akan mempengaruhi performa yang dari sebuah smartphone.

1 Fashion murah

10. Dinginkan Layar

Setiap perangkat tentunya mempunyai batasannya sendiri sama halnya smartphone. Dalam hal ini pengguna yang berlebihan akan mengakibatkan dirinya mengalami overheat.

Jika suhu dari perangkat tersebut mencapai batas wajar tentu akan mengakibatkan banyak masalah. Dan layar atau LCD juga bisa terkena dampaknya salah satu touchscreen yang bergerak sendiri.

Jadi, usahakan untuk menggunakan perangkat sebagaimana mestinya jangan memaksakan mereka untuk bekerja diluar batas kemampuannya dan akhirnya mengalami overheat.

11. Bersihkan layar

Penggunaan anti gores pada layar dalam waktu yang lama tentu banyak debu dan kotoran dan mengakibatkan Ghost Touch. Dan untuk cara mengatasi touchscreen bergerak sendiri kamu harus rutin membersihkan layar HP.

12. Update OS Android

Dan untuk cara mengatasi touchscreen bergerak sendiri kamu bisa update OS android yang namannya ROM pada samrtphone dan bertujuan untuk menghilangkan bug yang ada di versi sebelumnya.

FAQ| Pertanyaan Seputar Cara Mengatasi Touchscreen Bergerak Sendiri

Apakah mematikan HP saat terjadi touchscreen bergerak sendiri aman?

Ya, itu aman dan merupakan solusi cepat untuk memperbaiki masalah touchscreen yang bergerak sendiri.

1 Fashion murah

Apakah perlu ganti touchscreen secara rutin?

Tidak, touchscreen bergerak sendiri diakibatkan karena beberapa masalah dan kamu perlu identifikasi terlebih dahulu apa masalahnya. Karena ganti toucshcreen lumayan harganya.

Bagaimana ghost touch terjadi akibat terjatuh?

Bisa saja ada yang salah dengan LCDnya kamu bisa langsung bawa ke tukang service terdekat.

Artikel Menarik Lainnya:

Blog Literasi dan Dunia Teknologi

Menu