Cara Mengecek Keyboard Laptop Secara Manual Dan Otomatis

Cara Mengecek Keyboard Laptop Secara Manual dan Otomatis

Gambar dibuat dengan Canva Pro

Keyboard merupakan salah satu perangkat dalam keseluruhan komponen yang cukup populer. Dan tentunya perangkat ini memiliki fungsi penting lantas bagaimana cara mengecek keyboard laptop?

Hal ini tentunya berguna bagi kamu yang berencana untuk membeli laptop second atau bekas cek keyboard tentunya merupakan sebuah keharusan dong agar kamu tidak merasa tertipu saat membeli barang bekas nantinya.

Pengertian Dari Keyboard

Sebelum beranjak ke cara mengecekk keyboard laptop kamu perlu pahami terlebih dahulu pengertian, fungsi dan jenis keyboard dan berikut penjelasan lengkapnya.

Perlu kamu ketahui komputer ini terdiri dari beberapa komponen. Secara umum komponen komputer itu meliputi perangkat input, perangkat processing, perangkat output dan perangkat storage.

Dan setiap komponen komputer tersebut memiliki fungsi yang berbeda tetapi saling berhubungan dalam rangkaian alur kerja komputer. Keyboard adalah perangkat input yang memiliki tugas utama sebagai sarana pengguna untuk memasukkan data atau intruksi ke komputer.

Dan intruksi yang dimasukkan ke komputer via keyboard dapat berupa karakter, teks, huruf atau simbol. Keyboard bisa terhubung ke komputer melalui kabel atau pun nirkabel seperti bluetooth.

Fungsi Keyboard di Komputer/Laptop

Dan berikut beberapa fungsi dari keyboard dalam sebuah laptop atau komputer, diantaranya adalah:

  • Pertama keyboard dapat dipakai untuk mengetik dan mengedit teks pada sebuah program atau aplikasi dalam komputer
  • Keyboard memiliki fungsi juga untuk menggerakka kursor dan memilih objek pada komputer, seperti dokumen, aplikasi atau menu
  • Keyboard dapat digunakan untuk mengakses perintah cepat (shotcut) seperti mengatur kecerahan, mengatur volume, menyalin data dan masih banyak lagi lainnya

Jenis-jenis Keyboard

Di dunia komputer keyboard memiliki beberapa jenis dan tiap jenis keyboard biasanya dibedakan dari tatanan tombol dan fiturnya lantas apa saja jenis keyboard berikut adalah jenis-jenis keyboard.

1. Keyboard QWERTY

Keyboard QWERTY merupakan keyboard yang paling umum digunakan saat ini. keyboard ini memiliki tatanan tombol huruf yang tidak sesuai dengan urutan alfabet (A-Z) tapi di acak dengan awal huruf Q, W, E, R, T dan Y.

2. Keyboard Dvorak

Yaitu merupakan keyboard yang diciptakan oleh August Dvorak. Keyboard ini memiliki tatanan huruf dimulai dari A, O, E, U, I dan O diletakan pada baris kedua (tengah) keyboard.

3. Keyboard Ergonomis

Yaitu keyboard memiliki susunan tombol yang konvensional yakni QWERTY akan tetapi letak tombol-tombolnya di desai secara natural agar memiliki posisi seperti jari tangan manusia saat mengetik.

4. Keyboard Mekanik

Di desain dapat memberikan umpan balik yang lebih responsif keyboard ini biasa digunakan untu bermain game dan umumnya memiliki suara klik yang nyaring.

5. Keyboard Fleksibel

Yaitu keyboard tersebut dari silikon lembut yang dapat dibawa kemana-mana dengan mudah. keyboard fleksibel memiliki desain yang unik dan keyboard biasanya bisa digulung.

6. Keyboard Wireless

Seperti namanya, keyboard wireless adalah keyboard yang menggunakan koneksi nirkabel seperti Bluetooth untuk terhubung ke komputer dan kamu bisa bebas menggunakan keyboard secara berjauhan dari komputer.

Cara Mengecek Keyboard laptop

Nah, setelah mengetahui fungsi dan jenis keyboard tentunya kamu perlu tahu juga bagaimana cara mengecek keyboard laptop apalagi jika kamu akan membeli laptop yang keadaannya bekas.

Ada beberapa cara mengecek keyboard yang perlu kamu ketahui dan berikut beberapa langkah cara yang bisa kamu lakukan, diantaranya adalah:

1. Cara Mengecek Keyboard Secara Manual

Untuk cara mengecek keyboard yang paling mudah adalah secara manual dan tentunya cara ini tidak memerlukan bantuan aplikasi apa pun. Kamu hanya perlu membuka aplikasi notapad untuk melihat hasil ketikan.

Setelah itu, kamu bisa coba beberapa tombol yang tersedia di keyboard apakah masih berfungsi dengan baik atau malah macet.

Dan untuk mendeteksi adanya kerusakan pada keyboard atau tidak tergolong mudah kamu bisa melihat dari hasil yang dihasilkan dari ketikan atau tombol yang kamu pencet pada notapad.

Bila tidak ada, kamu bisa menyimpulkan bahwa tombol tersebut rusak. Jika kamu menggunakan cara manual, usahakan untuk selalu teliti agar tidak ada tombol yang terlewat atau lupa ketik.

2. Menggunakan Keyboard Test Utility

Cara mengecek keyboard laptop yang selanjutnya kamu bisa menggunakan keyboard test Utility dan berikut beberapa langkah yang bisa kamu lakukan jika menggunakan cara ini.

  • Langkah pertama kamu bisa unduh keyboard test utility yang bisa dicari di mesin pencari Google
  • Selanjutnya kamu bisa buka file unduhan yang disimpan dan klik dua kali untuk membuka keyboard tes ultility
  • Jika sudah terbuka lakukan pemeriksaan pada tombol keyboard dengan menekan tombol satu persatu
  • Jika normal, tombol akan ditandai dengan warna kuning pada aplikasi
  • Bial bermasalah, aplikasi tidak akan merespon maupun memberikan penanda warna apapun

3. Menggunakan Passmark KeyboardTest

Selanjutnya kamu bisa cara mengecek keyboard laptop dengan mengikuti beberapa langkah cara di bawah ini.

  • Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah tentunya unduh aplikasi Passmark keyboard Test di situs resminya
  • Kemudian kamu bisa install aplikasi tersebut seperti menginstal aplikasi pada umumnya
  • Selanjutnya kamu bisa buka aplikasi dan lakukan pengecekan keyboard laptop dengan menekan tombol yang ada pada keyboard
  • Dan jika tombol akan ditandai dengan warna merah
  • Maka baca keterangan penanda warna tombol selengkapnya pada bagian atas halaman utama aplikasi
  • Dan selesai

4. Cara Mengecek Tombol Keyboard dengan Situs Mic Test

Dan meski terdengar buka situs untuk mengecek keyboard, Online Mit Test ini bisa kamu manfaatkan sebagai cara cek keyboard laptop atau komputer saat kamu membeli laptop bekas.

Online Mic test ini memang lebih fokus untuk memeriksa komponen audio, seperti mic, speaker, dan webcam. Dan jika ditelusuri juga ternyata ada halaman khusus untuk mengecek keyboard.

Dan berikut beberapa langkah cara mengecek keyboard laptop yang bisa kamu gunakan dengan Mic test ini, diantaranya adalah:

5. Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah kunjungi laman Onlinemictest.com

  • Selanjutnya kamu bisa akses halaman keyboard
  • Dan jika sudah masuk, kamu lakukan pengecekan dengan menekan tombol satu persatu
  • Dan bila normal kamu bisa tekan tombol akan ditandai dengan warna biru
  • Dan selesai

Nah, itulah beberapa langkah cara mengecek keyboard laptop yang kamu bisa manfaatkan ketika akan melakukan cek barang bekas atau baru agar kamu bisa lihat keyboard laptop yang kamu maksud memang dalam keadaan baik.

FAQ| Pertanyaan Seputar Cara Mengecek Keyboard

Bagaimana cara menampilkan papan keyboard di laptop?

Kamu bisa pilih tombol kemudahan akses di sudut kanan bawah layar masuk lalu pilih keyboard layar.

Apa fungsi dari virtual keyboard?

Keyboard virtual ini berfungsi untuk memungkinkan kamu mengetik secara langsung dalam skrip bahasa lokal dengan cara yang mudah dan konsisten dimana pun kamu berada atau pada komputer apa pun yang digunakan.

Keyboard apa yang banyak digunakan di dunia?

Yang paling banyak digunakan adalah keyboard QWERTY

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: