Cara Mengecek Laptop Bekas Agar Tidak Tertipu Saat Beli

Kamu yang berkeinginan membeli laptop bekas kamu perlu tahu dulu cara mengecek laptop bekas agar kamu tidak merasa di rugikan setidaknya kita masih membeli barang yang masih worth it untuk di pakai.

Di artikel ini akan dijelaskan beberapa alasan kenapa kamu wajib cek banget barang bekas sebelum pembelian dan apa saja yang perlu kamu periksa sehingga yakin untuk membeli barang tersebut. Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini ya!

Kriteria Penting Sebelum Memutuskan Membeli Barang Bekas

Membeli barang bekas memang bisa menjadi pilihan untuk menghemat banyak uang. Apalagi dengan kondisi ekonomi saat ini yang tidak pasti, membeli barang baru bagi sebagian orang buka pilihan yang tepat.

Namun, sebelum memutuskan membeli barang kamu perlu ketahui dulu apa saja kriteria penting yang harus kamu putuskan sebelum membeli barang bekas tersebut. Berikut penjelasan lengkapnya.

1.Kualitas

Saat hendak membeli barang bekas seperti laptop bekas kamu perlu pahami adanya unsur kualitas yang ingin di dapat. Misalnya laptop berada di segi kualitas antara merek yang terbukti dan merek baru naik daun.

Artinya sebelum memutuskan membeli laptop baru, coba bandingkan kualitas barang yang akan dibeli. Lihat perbandingan hard driver, RAM, Procerror, daya tahan baterai dan lainnya.

2. Daya Tahan

Sebelum membeli kamu perlu cek daya tahan produk dengan membaca beberapa referensi bisa juga melihat review youtube. Dan pastinya ini akan sangat membantu untuk melihat perbandingan antara sebuah produk dengan produk lainnya.

Jadi, pastikan barang tersbeut bisa bertahan seperti cek konisi baterai dari aplikasi, dan lain sebaginya.

3. Lama Pemakaian

Selain itu kriteria penting dalam membeli barang bekas kamu juga perlu mengetahui lama pemakaian dan pastinya semua orang memiliki selera berbeda jika ingin membeli untuk selamanya.

4. Alokasi Dana

Dan yang paling peting terakhir, pahami kondisi keuangan apakah saat ini kamu memiliki budget yang cukup untuk membeli barang baru atau tidak tapi kamu butuh barang tersebut sepertinya barang bekas bisa menjadi pilihan.

Cara Mengecek Laptop Bekas

Nah, setelah mengetahui beberapa kriteria penting sebelum membeli barang bekas selanjutnya mari kita pahami bagaimana cara mengecek laptop bekas berikut cara yang paling tepat untuk kamu lakukan.

1. Cek Kondisi Hard Disk Laptop

Nah, cara mengecek laptop bekas pertama kamu bisa cek terlebih dahulu bagian hard disk laptop kamu harus install software HD Tune terlebih dahulu. Setelah itu kamu bua dan masuk ke tab menu “Healst” untuk memeriksa kondisi hard disk.

Selanjutnya perlu masuk ke tab “Error Scan” agar hasil scanning lebih valid jangan klik centang “Qiuck Scan” tapi klik “Scan” dan tunggu hasilnya beberapa saat jika hasilnya hijau semua maka kondisi laptop bekas tersebut sehat.

2. Cek Kondisi Fisik Laptop

Cara mengecek kondisi laptop bekas selanjutnya kamu bisa cek di bagian kondisi fisiknya terlebih dahuku.

Meskipun biasanya laptop bekas secara fisik mempunyai beberapa goresan namun kamu harus lebih memperhatikan lagi pada bagian sisi pojok laptop apakan mempunyai cacat akibat benturan ataukah tidak.

Selanjutnya kamu bisa cek apakah laptop sudah pernah dibongkar ataukah belu, untuk melihat ini kamu bisa perhatikan kondisi mur yang berada pada bagian bawah laptop.

Kamu juga harus menanyakan apakah hardware laptop pernah diganti sebelumnya karena hal ini bisa mempengaruhi kondisi laptop tersebut.

3. Cek Fungsi Keyboard

Selanjutnya kamu juga perlu mengecek bagian keyboard pada laptop begini caranya yang perlu kamu lakukan.

  • Langkah pertama kamu harus download software pihak ketiga yaitu “Keyboard Tester Portable”
  • Setelah terinstal kamu bsia buka software tersebut
  • Kemudian tekanlah tombol warna hijau, menandakan tombol keyboard masih bagus
  • Dan jika merah menandakan tombol bermasalah
  • Dan jika berwarna kuning khusus untuk tombol “FN”

4. Cek Kinerja Laptop

Cara mengecek laptop bekas selanjutnya kamu bisa cek bagian kinerja laptop. Laptop yang pernah digunakan dapat menyebabkan menurunnya kinerja software sebagai sistem operasi, hard disk, RAM dan lainnya.

Maka ketika membeli laptop bekas, kamu perlu mengecek kinerjanya cara melakukannya dengan mencoba menjalankan beberapa aplikasi pada laptop bekas tersebut. Dan kemudian kamu perhatikan apakah aplikasi bekerja sebagaimana mestinya atau malah sebaliknya.

5. Cek Segel Sekrup Pada Laptop

Cara mengecek laptop bekas kamu juga bisa cek segel sekrup pada laptop kamu bisa mengecek semua segel yang menjaga lubang sekrup. Kamu pastikan apakah segel pada lubang sekrup masih utuh atau tidak.

Dan jika segel sekrup masih utuh, artinya laptop tersebut belum pernah dibongkar. Dan sebaliknya jika segel sudah terbuka semua kamu perlu klarifikasi ari sang pemilik laptop apakah laptop pernah dibongkar atau tidak.

6. Cek Kondisi Layar Monitor Laptop

Nah, sebelum melakukan pembelian barang bekas kamu juga pastikan untuk cek kondisi layar monitor bekas yang akan dibeli. Yaitu menggunakan software “Monitor tester”.

Berikut beberapa langkah yang bisa kamu ikuti untuk cara mengecek laptop bekas dengan cara ini, diantaranya adalah:

  • Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah cari aplikasi monitor tester di Google Play Store
  • Kemudian kamu bisa cek monitor tersebut dan lakukan instal setelah penginstalam suah selesai kamu bisa buka dan jalankan software
  • Software ini akan bekerja mendeteksi monitor laptop apakah terdapat pixel pada monitor yang rusak atau tidak
  • Dan selesai

7. Cek Kondisi Baterai

Baterai adalah hal yang sangat penting untuk laptop maka dari itu sebelum membeli laptop bekas kamu bisa cek terlebih dahulu apakah baterai masih normal ataukah tidak.

8. Cek Kecocokan Spesifikasi Laptop

Dan cara mengecek laptop bekas selanjutnya kamu perlu cek kecocokan spesifikasi laptop bekas kamu bisa cek “dxdiag” kamu juga bisa mengecek RAM, hardisk, processor, grafic car dan lain sebagainya.

Caranya kamu bisa klik “Start” kemudian ketik “dxdiag” lalu tekan enter dan beberapa saat kemudian akan muncul jendela windows dengan informasi spesifikasi laptop bekas tersebut.

9. Cek Speaker Laptop

Meskipun speaker tidak mempengaruhi kinerja laptop, namun akan lebih baik lagi jika kondisi speaker dari laptop tersebut masih dalam keadaan bagus.

Kamu bisa mengecek laptop bekas kamu bisa cek kondisi speaker dengan cara menyetel beberapa MP3 atau pun video dan dengarkan suaranya baik baik.

10. Perhatikan Branded atau merek

Nah, ini penting banget jadi pastikan kamu membeli laptop bekas dari branded yang ternama dan terkenal serta sudah memiliki reputasi yang baik.

FAQ| Pertanyaan Seputar Cara Mengecek Laptop Bekas

Apa yang perlu dihindari ketika beli barang bekas?

Kamu perlu menghindari beli barang bekas secara online karena kamu tidak bisa cek secara keseluruhan barang bekas tersebut.

Cara cek spek laptop secara mudah?

Kamu tekan windows + E untuk buka windows eksplorer dan klik kanan pada menu This PC dan pilih properties dan lihat informasi dan info lainnya.

Artikel Menarik Lainnya: