Cara Mengecek RAM Hp Oppo Bisa Lewat Aplikasi

Cara Mengecek RAM Hp Oppo Bisa Lewat Aplikasi

Gambar dibuat dengan Canva Pro

Cara mengecek RAM hp Oppo sangat mudah, kamu bisa lihat lewat pengaturan, mode developer, dan lain sebagainya. Bagi kamu yang belum tahu sisa RAM, ROM, hingga memori eksternal lihat cara-caranya di sini.

Perbedaan RAM, ROM, dan Memori Eksternal

Sebelum ke cara mengecek RAM hp Oppo, pastikan kamu sudah mengenal perbedaan antara RAM, ROM, hingga memori eksternal. Ketiganya sangat penting di dalam handphone karena berkaitan dengan penyimpanan data hingga aplikasi.

1. RAM

RAM atau Random Access Memory dikenal sebagai penyimpanan untuk menjalankan sistem aplikasi. Ukuran RAM handphone Oppo beragam mulai dari 2GB, 3GB, 4GB, 6GB, 8GB, 16GB, dan masih banyak lagi.

Jika kapasitas RAM sudah penuh, biasanya akan menyebabkan beberapa masalah seperti overheating, handphone lemot, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, pengguna harus paham cara mengecek RAM hp Oppo agar tahu cara mengatasi ketika hp nge-hang.

2. ROM

Kalau ROM lebih dikenal dengan memori internal alias Read Only Memory. Biasanya ROM digunakan untuk membaca file foto, audio, video, dokumen, dan masih banyak lagi. Kapasitas ROM di setiap hp Oppo juga beragam, pada versi terbaru ROM handphone bisa mencapai 256GB.

3. Memori Eksternal

Kalau memori eksternal umumnya disebut Micro SD sebuah komponen tambahan untuk menyimpan data. Jika data internal dipindahkan ke memori eksternal, hal itu dapat mengurangi ruang penyimpanan internal sehingga hp lebih stabil.

Cara Cek Sisa RAM Hp Oppo

Bagi kamu pengguna setia Hp Oppo, pastikan sudah tahu cara memeriksa sisa RAM pada handphone Oppo yang selama ini digunakan. Simak cara cek sisa RAM hp Oppo berikut ini.

1. Lewat Recent Apps

Cara paling mudah untuk melihat sisa RAM di handphone adalah membuka menu recent apps, klik tombol recent app di sebelah kiri. Setelah itu, kamu akan melihat RAM yang tersisa dari total RAM yang telah digunakan.

2. Cek Lewat Pengaturan

Cara mengecek RAM hp Oppo sangat mudah, selain lewat recent apps, kamu bisa cek lewat pengaturan. Buka pengaturan handphone lalu akses Device Maintenance kemudian klik pada memory untuk melihat kapasitas RAM.

Selain itu, kamu bisa cek sisa RAM lewat pengaturan lalu ke about phone guna melihat seluruh spesifikasi pada perangkat handphone.

3. Cek Lewat Aplikasi AIDA64

Coba juga aplikasi lain seperti AIDA64, aplikasi tersebut dapat digunakan untuk melihat RAM yang tersedia dan total RAM pada handphone.

Cara Mengecek RAM Hp Oppo yang Baru Dibeli

Bagaimana cara mengecek RAM hp Oppo yang baru dibeli? Ada 3 cara yang bisa kamu coba berikut informasinya.

1. Buka Menu “Tentang Ponsel”

Salah satu cara yang dapat kamu coba untuk melihat RAM handphone adalah melihatnya lewat “About Device” atau tentang ponsel. Simak petunjuk lengkapnya berikut ini:

  • Ketika handphone sedang menyala buka menu pengaturan
  • Setelah itu akses menu about device
  • Pilih opsi Build Number hingga 7x
  • Klik opsi developer lalu running services
  • Klik pada bagian sisi kanan untuk mengecek RAM handphone Oppo

2. Antutu Benchmark

Bagi kamu yang pernah mendengar istilah Antutu Benchmark, fitur ini dapat digunakan untuk melihat kapasitas RAM handphone. Berikut ini cara mengecek RAM Hp Oppo dengan Antutu Benchmark.

  • Pastikan kamu telah download aplikasi Antutu Benchmark
  • Beri izin pada aplikasi untuk mengakses fitur di handphone Oppo
  • Pilih install serta test
  • Berikutnya, kamu hanya perlu menunggu proses test hingga selesai
  • Berikutnya, kapasitas RAM akan ditampilkan

3. Gunakan CPU-Z untuk Cek Kapasitas RAM

Ada juga aplikasi lain yang dapat kamu gunakan untuk melihat kapasitas RAM, aplikasi tersebut adalah CPU-Z. Berikut ini cara mengecek RAM Hp Oppo dengan aplikasi CPU-Z.

  • Kalau belum memiliki aplikasi CPU-Z, coba download terlebih dahulu
  • Setelah selesai download aplikasi silakan buka aplikasi kemudian pilih opsi “Device”
  • Berikutnya, kamu akan melihat nilai RAM handphone Oppo yang kamu gunakan

Cara Mengecek Memori Internal di Hp Oppo 

Setelah paham cara mengecek RAM hp Oppo, berikutnya pahami cara melihat sisa memori internal di handphone.

  1. Buka file manager handphone Oppo
  2. Kamu akan melihat sisa ruang penyimpanan di bagian “Penyimpanan Internal”
  3. Kalau kamu menggunakan handphone dengan RAM 6GB/128GB tinggal lihat sisanya

Cara Melihat Memori Eksternal di Hp Oppo

Selain melihat kapasitas memori internal, cek juga total memori eksternal untuk mengetahui sisanya. Cara ini bisa dilihat kalau kamu menggunakan handphone dengan fitur Micro SD. Berikut ini cara melihat memori eksternal di Hp Oppo.

1. Buka File Manager

Langkah pertama, kamu bisa lihat sisa penyimpanan eksternal melalui file manager. Langkah-langkahnya sama saja ketika kamu melihat sisa penyimpanan internal. Dengan mengetahui ini, kamu bisa lihat sisa penyimpanan.

2. Buka About Phone

Selain melihat memori eksternal melalui file manager, kamu juga bisa cek kapasitas penyimpanan eksternal melalui about phone. Di dalam menu “About Phone” kamu akan melihat sisa penyimpanan yang tersedia dan nilai total penyimpanan eksternal.

FAQ: Pertanyaan Seputar Cara Mengecek RAM Hp Oppo

Bagaimana Cara Melihat RAM Hp Oppo A15?

Caranya sangat mudah, kamu bisa melihat lewat pengaturan, about device, atau langsung di halaman recent apps. Jika melihat sisa RAM lewat recent apps, kamu bisa memulihkan perangkat supaya RAM bertambah.

Bisakah Melihat Sisa RAM Melalui Dus Handphone?

Bisa, keterangan RAM pada setiap seri handphone Oppo telah dicantumkan pada dus handphone. Terdapat keterangan RAM serta penyimpanan internal sesuai seri handphone yang dimiliki.

Content writer teknologi yang sudah mulai menulis sejak tahun 2017. Terimakasih sudah membaca tulisan saya di sini. Jangan lupa share!

Artikel Menarik Lainnya: