Cara Mengembalikan File yang Terhapus di HP Android

Pasti kamu perlu memahami cara mengembalikan file yang terhapus di Android untuk mendapatkan beberapa data penting di mana sebelumnya hilang. Kamu pasti pernah secara sengaja maupun tidak menghapus file yang sebelumnya tidak dibutuhkan sama sekali.

1 Fashion murah

File yang sudah terhapus tersebut kadang tiba – tiba dibutuhkan namun sudah tidak ada lagi di HP kamu. Nah, ada solusi buat kamu yang sudah terlanjur menghapus file dan ingin mencarinya lagi. Ada fitur di Android dan cara tertentu yang dapat kamu gunakan untuk mengembalikan file tersebut.

fashion muslim murah

Cara Mengembalikan File di Android yang Sudah Terhapus

Cara Mengembalikan file yang terhapus di Android memang bisa dikatakan tidak semudah mencarinya ketika masih belum terhapus. Perlu cara dan proses yang harus kamu lakukan untuk dapat menemukan file yang sudah terhapus tersebut.

Di Android sendiri ada layanan Backup File yang sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk mengembalikan file terhapus. Namun masalahnya, tidak semua orang bahkan kamu sendiri memasang atau mengaktifkan fitur tersebut di HP Android yang digunakan.

Lalu pertanyaannya, bagaimana file yang sudah terhapus bisa kembali kamu temukan ?. Tenang, masih ada cara yang bisa kamu lakukan untuk dapat menemukan file penting tersebut lagi. Ada beberapa pilihan cara yang dapat kamu manfaatkan untuk bisa mengembalikan file terhapus tersebut.

1. Mengembalikan File yang Terhapus lewati Fitur Sampah atau Trash

Cara mengembalikan file yang terhapus di Android yang pertama adalah dengan memanfaatkan fitur sampah atau Trash. Cara ini belum tentu bisa kamu gunakan karena memang bisa jadi fitur Trash tidak aktif di HPmu.

1 Fashion murah

Kamu bisa menemukan folder sampah tersebut di galeri Hp dan mencari file yang sudah terhapus. Perlu diketahui bahwa file yang terhapus hanya sementara saja di Folder sampah tersebut. Untuk kamu yang tidak bisa menemukan file Trash bisa mengikuti langkah berikut ini.

  • Buka menu FIle manager yang ada di HP
  • Buka Sub menu Pembersihan
  • Fitur Terus bisa ditemukan dalam sub menu tersebut
  • Temukan file yang masih belum terhapus permanen lalu klik dan pilihan Restore
  • File akan otomatis kembali ke folder semula

2. Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android dengan Cek Cloud

Khusus untuk berkas yang berupa foto dan video, HP Android bisa mencadangkannya lewat Cloud dengan memanfaatkan aplikasi Google Foto. Penyimpanan pada cloud tersebut bisa dilakukan jika kamu sudah memberikan otoritas untuk proses pencadangan tersebut.

Kamu bisa mencari file foto atau video yang sudah terhapus di aplikasi Google Foto lewat menu tempat sampah. Temukan foto atau video yang sudah terhapus lalu klik lama dan tekan opsi pulihkan untuk mengembalikan foto yang sudah dihapus ke galeri.

3. Mengembalikan FIle yang Terhapus di Android dengan Aplikasi

Selain lewat dua cara yang disebutkan di atas, kamu bisa memanfaatkan aplikasi yang saat ini tersedia di Playstore sebagai cara untuk bisa mengembalikan file terhapus. Ada beberapa pilihan aplikasi yang bisa digunakan untuk mengembalikan file tersebut, seperti dijelaskan di bawah ini.

3.1. GT Recovery

Kamu bisa memanfaatkan aplikasi yang tersedia di Playstore ini secara gratis untuk mengembalikan file yang sudah terhapus sebelumnya. Fitur yang ditawarkan oleh GT Recovery ini lebih lengkap karena bukan hanya dapat digunakan untuk file umum saja namun juga data sms maupun kontak dan catatan.

Ada syarat yang harus dipenuhi untuk bisa memanfaatkan aplikasi GT Recovery tersebut agar bisa mengembalikan file yang terhapus, yakni HP harus sudah di Root. Cara penggunanya cukup mudah hanya perlu buka aplikasi dan klik recover File lalu semua data yang sudah terhapus bisa dikembalikan.

1 Fashion murah

3.2. DiskDigger

Selain aplikasi yang disebutkan di atas, kamu juga bisa memanfaatkan pilihan lain seperti DiskDigger yang juga gratis di Playstore. Untuk menggunakan aplikasi ini, HP juga harus sudah dalam keadaan root. Proses penggunaannya cukup mudah dan cepat untuk mengembalikan file terhapus.

Kamu yang butuh mengembalikan file terhapus di HP Android dapat mencoba beberapa cara di atas. Agar data yang penting di HP Android tidak hilang maka aktifkan backup di HP sehingga cara mengembalikan file yang terhapus di Android lebih mudah.

Tips Agar File Tidak Terhapus atau Kehilangan Data Penting

Untuk menghindari kehilangan file yang penting dari perangkat Android kamu, kamu dapat mengikuti beberapa tips berikut:

1. Buat Cadangan Secara Berkala

Selalu buat cadangan (backup) data kamu secara berkala, entah itu menggunakan layanan cloud seperti Google Drive, OneDrive, atau Dropbox, atau dengan menggunakan fitur cadangan bawaan dari produsen perangkat kamu. Pastikan cadangan tersebut meliputi foto, video, kontak, pesan, dan data penting lainnya.

2. Gunakan Layanan Penyimpanan Cloud

Simpan file kamu di layanan penyimpanan cloud yang andal. Dengan begitu, kamu dapat mengakses file kamu dari berbagai perangkat dan memiliki salinan cadangan yang aman.

3. Gunakan Aplikasi Pengelola File

Gunakan aplikasi pengelola file yang memungkinkan kamu dengan mudah mengatur, memindahkan, dan menghapus file. Beberapa aplikasi ini bahkan memiliki fitur Tempat Sampah atau Recycle Bin yang memungkinkan kamu untuk mengembalikan file yang terhapus secara sementara.

1 Fashion murah

4. Hati-hati Saat Menghapus

Saat kamu menghapus file, pastikan kamu benar-benar ingin menghapusnya. Periksa dua kali sebelum menghapus file, terutama jika itu adalah file yang penting.

5. Gunakan Aplikasi Keamanan

Instal aplikasi keamanan yang dapat membantu melindungi data kamu dari malware dan aplikasi berbahaya. Beberapa aplikasi keamanan juga dapat memberikan fitur anti-pencurian yang dapat membantu kamu melacak perangkat kamu jika hilang.

6. Password atau Kunci Layar

Aktifkan penguncian layar dengan PIN, pola, atau sidik jari. Ini dapat membantu mencegah akses yang tidak sah ke perangkat kamu.

7. Perhatikan Akses Aplikasi

Berikan izin aplikasi dengan bijak. Pastikan kamu memahami izin yang diminta oleh setiap aplikasi sebelum memberikannya akses ke data kamu.

8. Update Perangkat Lunak

Pastikan perangkat Android kamu selalu diperbarui dengan versi perangkat lunak terbaru. Pembaruan perangkat lunak seringkali mencakup perbaikan keamanan yang dapat melindungi perangkat kamu dari ancaman potensial.

9. Jangan Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga yang Meragukan

Hindari menginstal aplikasi dari sumber yang tidak terpercaya atau tidak resmi. Aplikasi yang diunduh dari luar Google Play Store memiliki risiko lebih tinggi terhadap malware.

1 Fashion murah

10. Jaga Perangkat dengan Baik

Selalu jaga perangkat kamu dalam kondisi baik, hindari kerusakan fisik atau air, dan hindari penggunaan yang berlebihan yang bisa merusak perangkat.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, kamu dapat mengurangi risiko kehilangan file yang penting dan menjaga data kamu tetap aman.

Artikel Menarik Lainnya:

Blog Literasi dan Dunia Teknologi

Menu