Cara Mengetahui Jenis Font Secara Online dengan Mudah

Suatu ketika kamu pasti pernah melihat penampakan jenis font yang cukup membuat hati kamu penasaran jenis font apa yang digunakan. Nah, dari pada kamu bertanya-tanya kamu bisa simak cara mengetahui jenis font di artikel ini dan tentunya anti ribet.

1 Fashion murah

Selain membahas bagaimana cara mengetahui jenis font kamu juga perlu memahami jenis-jenis font dan lebih lengkapnya akan dijelaskan pada artikel ini sampai selesai.

fashion muslim murah

Jenis-Jenis Font

Jika kamu bekerja sebagai desain grafis tentunya kamu perlu mengenali berbagai jenis font dan tentunya dengan jenis font yang banyak kamu bisa menghafal secara garis besarnya saja dan mengingat perbedaannya apa.

Lalu apa mungkin bisa mengenali sebanyak itu? Tetapi bagi kamu yang kurang familiar dengan font tidak perlu khawatir dan bingung karena kamu di artikel ini sudah menyediakan jenis-jenis font yang perlu kamu ketahui. Dan berikut penjelasan lengkapnya.

1. Serif

Yang pertama ada Serif yaitu font ciri berkaki dan bisa dilihat bagian bawah sudut huruf melebar seperti kaki, seperti Rockwell, Times New Roman, Georgia dll.

2. San Serif

Font selanjutnya ada San Serif yaitu font yang memiliki ciri tanpa kaki, kebalikan dari keluarga Serif, seperti Comic Sans, Helvetica, Verdana, Segeo UI dll.

1 Fashion murah

3. Display

Font yang digunakan untuk display atau dekoratif agar lebih menarik. Contohnya seperti Rosewood, Grunge, Doodle Umbram Bermuda dll.

4. Script

Yaitu font yang memiliki ciri seperti tulisan tangan contohnya Vivaldi, Segeo scrift, Lucida Handwriting dll.

5. Slabserif

Yaitu font yang memiliki ciri khas blok tebal pada setiap hurufnya. Contohnya Arvo, BioRhyme, Bitter, Copse dll.

6. Hand Draw

Yaitu jenis font yang dibuat menggunakan tulisan tangan, jadi bentuknya lebih natural. Contohnya Amatuc, Architects, Belligerent, Betch dll.

7. Comic

Selanjutnya ada comic font ini memiliki ciri khas seperti font yang ada di komik bacaan. Contohnya KG Happy, Hey Comic, Who Dares? Badadoom dll.

selain jenis-jenis font di atas tentunya ada banyak jenis font lainnya seperti hanya Stensil, Typewriter, Dekoratif dan masih banyak jenis font lainnya yang perlu kamu ketahui.

1 Fashion murah

Cara Mengetahui Jenis Font

Sebetulnya cara mengetahui jenis font itu cukup mudah namun kamu perlu pastikan untuk menyimpan gambar tulisan yang ingin kamu ketahui fontnya bisa di download atau screenshot atau foto juga tidak masalah.

Hal ini bertujuan agar kamu bisa membandingkan dengan pencarian font nantinya. Karena kita akan identifikasi jenis font dari gambar yang kamu simpan. Nah, untuk caranya sendiri kami sudah mengumpulkan beberapa cara yang bisa kamu coba.

1. What The Font

Cara mengetahui jenis font yang pertama kamu bisa melakukan secara online di website what the font kamu cukup menyiapkan gambar font saja kemudian kamu lakukan upload pada website tersebut.

Dan kemudian gambar kamu yang telah di upload akan di crop secara otomatis oleh website tersebut dan klik tanda panah biru untuk melanjutkan. Jika sudah font akan diidentifikasi dari jenis font hingga harganya.

2. Font Spring Matcherator

Cara selanjutnya kamu bisa mencoba  website lain yaitu website Font Spring setelah itu pilih Matcherator. Kemudian upload gambar font yang sudah kamu siapkan sebelumnya.

Tunggu proses upload hingga selesai dan nanti gambar font akan dianalisis untuk deteksi jenis font yang digunakan. Dan pilih Matcherate It pada bagian bawah dan temukan hasil fontnya.

1 Fashion murah

3. Typography.Guru

Cara mnegetahui jenis fon selanjutnya kamu juga bisa memanfaatkan website Typography.Guru. kamu akan mendapatkan layanan font identification service untuk mendeteksi jenis font yang sedang dicari.

Dan silahkan klik pada button “open the link” untuk melanjutkannya jika ada buka website tersebut dan bekerjasama dengan fonspring.com.

4. What Font Is

Cara mengetahui jenis font yang keempat kamu bisa menggunakan website WhatFontIs.com dan untuk cara pengecekannya sama dengan lainnya kamu yang pertama harus melakukan upload gambar.

Dan jika berhasil gambar akan di crop secara otomatis dan silahkan lanjutkan dengan memilih “Next Step”. Dan jika gambar yang kamu upload kurang jelas bisa dilakukan optimasi dengan mengatur contras, brightness, rotation agar lebih jelas lagi. jika dirasa sudah cukup silahkan klik “Next Step”

5. Font Face Ninja

Cara mengetahui jenis font selanjutnya kamu bisa menggunakan addon chrome. Untuk cara mengecek jenis font ini kamu tidak menggunakan website online melainkan menggunakan ekstension google chrome.

Dan silahkan download font ninja pada link tersebut dan kemudian pilih “Add To Chrome” selanjutnya kamu bisa tunggu prosesnya hingga font ninja berhasil di install, jika sudah benar akan ada icon font ninja warna hijau pada pojokan atas.

1 Fashion murah

Dan jika sudah silahkan kamu bisa buka salah satu website kami akan contohkan dengan Qwords.com. Setelah itu kamu klik kanan pada icon face ninja dan arahkan kursor pada font pada website dan nantinya akan muncul nama font beserta ukurannya.

6. Font Squirrel Matcherator

Untuk mengetahui jenis font dari gambar kamu bisa menggunakan font squirrel, caranya mirip dengan yang di atas. Kamu perlu menyimpan gambar font yang ingin kamu identifikasi jenis fontnya.

Kamu perlu menyimpan gambar font yang akan diidentifikasi kemudian lakukan upload file tersebut ke website font squirrel matcherator. Dan jika sudah font kamu akan dianalisis untuk mengetahui jenisnya.

Dan silahkan pilih Matcherator It untuk bisa menemukan jenis fontnya. Jika prosesnya sudah benar maka akan muncul hasilnya. Kamu tinggal memilih saja kira-kira mana yang paling mirip dengan font google tersebut.

7. Photosop

Cara mengetahui jenis font selanjutnya kamu tidak perlu menggunakan jaringan internet, cukup menggunakan aplikasi photoshop untuk deteksi jenis font. Dan caranya cukup mudah pastikan kamu sudah menginstall aplikasi photoshop.

Kamu akan memberikan contoh font dari logo Google simpan logo tersebut yang akan kita identifikasi dengan Photoshop. Silahkan buka aplikasi Photoshop tersebut klik file dan klik open file dan cari lokasi logo Google yang kita simpan.

1 Fashion murah

Kemudian klik “Type” dan scroll kebawah dan pilih “Match Font” dan tunggu prosesnya hingga muncul jenis font yang digunakan.

8. Identifont

Cara mengetahui jenis font lewat website identifont:

  • Kunjungi situs https://www.identifont.com
  • Klik tampilan situs yang berisi tampilan kosong
  • Jawab satu persatu tentang jenis font
  • Situs akan menanyakan kemiripan jenis font
  • Dan selanjutnya kamu akan menggunakan pengetahuan tentang bagaimana jenis font tersebut di buat

Namun, cara ini akan cukup sulit bagi kamu yang masih pemula dan belum mengetahui jenis font tapi akan cukup mudah bagi kamu yang sudah mengetahui jenis font.

FAQ| Pertanyaan Seputar Cara Mengetahui Jenis Font

Apa font yang paling standar?

Font yang paling standar dan masih banyak digunakan yaitu adalah Times New Roman dan tentunya font ini paling populer dalam dunia penulisan.

Untuk membuat CV bagusnya pakai font apa?

Untuk buat CV kamu bsia menggunakan font Myriad Pro jadi font ini perpaduan antara Calibri dan Helvetice.

Berapa ukuran font lamaran kerja?

Kamu bisa menggunakan ukuran 12 dengan spasi 1,15.

1 Fashion murah

Artikel Menarik Lainnya:

Blog Literasi dan Dunia Teknologi

Menu