Cara Menggoreng Kacang Bawang Biar Empuk dan Renyah

Kacang bawang merupakan camilan yang sangat populer dan banyak disukai oleh banyak orang. Bagi Anda yang ingin mencoba membuat kacang bawang sendiri di rumah, ada beberapa tips dan trik agar hasilnya empuk dan renyah.

1 Fashion murah

Berikut adalah cara menggoreng kacang bawang biar empuk dan renyah mulai dari bahan, resep, hingga cara pengolahannya.

fashion muslim murah

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

  • 250 gram kacang tanah
  • 1 siung bawang putih, haluskan
  • 1/2 sendok teh ketumbar bubuk
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh gula pasir
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Kacang Bawang

Berikut adalah langkah-langkah cara kacang bawang:

  1. Pertama-tama, rendam kacang tanah dalam air bersih selama kurang lebih 1 jam. Setelah itu, tiriskan dan biarkan kacang tanah mengering dengan sendirinya.
  2. Panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang.
  3. Goreng kacang tanah yang sudah dikeringkan dalam minyak panas hingga berubah warna menjadi kuning kecokelatan. Pastikan kacang tanah benar-benar tenggelam dalam minyak agar matang merata.
  4. Angkat kacang tanah yang sudah matang, tiriskan dari minyak goreng, dan biarkan dingin.
  5. Setelah kacang tanah dingin, panaskan sedikit minyak dalam wajan yang sama dan tumis bawang putih halus hingga harum.
  6. Masukkan kacang tanah goreng ke dalam wajan, lalu tambahkan ketumbar bubuk, merica bubuk, garam, dan gula pasir. Aduk rata hingga bumbu merata di seluruh kacang tanah.
  7. Masak kacang tanah dalam wajan dengan api kecil hingga bumbu meresap dan kacang bawang terlihat kering dan renyah.
  8. Angkat kacang bawang dari wajan dan tiriskan dari minyak. Biarkan kacang bawang dingin sepenuhnya sebelum disimpan dalam wadah kedap udara.

Cara Menggoreng Kacang Bawang Agar Empuk dan Renyah

Berikut adalah langkah-langkah cara menggoreng kacang bawang biar empuk dan renyah:

  1. Rendam kacang tanah dalam air bersih selama 1 jam sebelum digoreng. Hal ini akan membuat kacang tanah menjadi lebih empuk dan mudah matang saat digoreng.
  2. Pastikan kacang tanah benar-benar kering sebelum digoreng. Kacang yang basah dapat mengakibatkan minyak menjadi berbusa dan hasil gorengan kurang renyah.
  3. Gunakan minyak goreng yang cukup banyak dan panas saat menggoreng kacang bawang. Pastikan kacang tenggelam dalam minyak agar matang merata dan hasilnya lebih renyah.
  4. Tumis bawang putih halus dalam minyak panas sebelum mencampur kacang tanah goreng. Hal ini akan memberikan aroma harum pada kacang bawang Anda. 5. Gunakan api kecil saat memasak kacang bawang setelah bumbu ditambahkan. Hal ini akan membantu bumbu meresap dengan baik pada kacang tanah dan menghasilkan kacang bawang yang kering dan renyah.
  5. Setelah kacang bawang matang, tiriskan dari minyak goreng dengan menggunakan saringan atau tisu dapur. Biarkan kacang bawang dingin sepenuhnya sebelum disimpan dalam wadah kedap udara agar tetap empuk dan renyah.
  6. Resep kacang bawang goreng dengan bumbu yang meresap akan menghasilkan kacang bawang yang lezat, empuk, dan renyah.

Nikmati kacang bawang homemade yang bisa menjadi camilan favorit di rumah atau dijadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan teman.

Kesimpulan

Menggoreng kacang bawang agar empuk dan renyah memerlukan beberapa langkah dan tips khusus.

1 Fashion murah

Bahan-bahan yang diperlukan antara lain kacang tanah, minyak goreng, dan bumbu-bumbu seperti bawang putih, bawang merah, ketumbar, merica, dan garam.

Resep cara menggoreng kacang bawang yang empuk dan renyah meliputi langkah-langkah seperti mencuci kacang tanah, merendam dalam air garam, menggoreng dalam minyak panas hingga matang, dan menambahkan bumbu saat proses penggorengan.

Penting untuk mengatur suhu minyak dan menggunakan api kecil saat memasak kacang bawang agar bumbu meresap dengan baik dan menghasilkan kacang bawang yang kering dan renyah.

Setelah matang, kacang bawang harus ditiriskan dan didinginkan sepenuhnya sebelum disimpan dalam wadah kedap udara.

Dengan mengikuti langkah-langkah dan tips tersebut, Anda dapat membuat kacang bawang goreng yang lezat dan enak untuk dinikmati sebagai camilan atau oleh-oleh.

1 Fashion murah

Artikel Menarik Lainnya:

Blog Literasi dan Dunia Teknologi

Menu