Cara Menggunakan Fitur Uang Muka Kredivo dan Syaratnya

Cara Menggunakan Fitur Uang Muka Kredivo dan Syaratnya

Kamu ingin berbelanja di Kredivo? Tapi limit Kredivo kamu tidak cukup? Tenang, kamu bisa menggunakan fitur uang muka. Dengan fitur uang muka ini kamu tetap bisa berbelanja walaupun limit Kredivo tidak mencukupi.

Lantas bagaimana cara menggunakan fitur uang muka Kredivo? Bagi kamu yang belum mengetahui caranya bisa simak artikel ini sampai selesai karena tim Mustakim Media akan menjelaskannya secara lengkap.

Apa Itu Fitur Uang Muka Kredivo?

Nah, bagi kamu yang belum mengetahui fitur uang muka di Kredivo merupakan fasilitas yang diberikan bagi para pengguna Premium agar tetap bisa berbelanja pakai Kredivo meskipun limit tidak mencukupi.

Dan nantinya sisa kurangan dari total pesanan akan ditanggung oleh pengguna dengan cara memanfaatkan fitur uang muka. Sebagai contohnya kamu beli HP pakai Kredivo dengan harga 6.85.000 namun limit Kredivo kamu hanay tersisa Rp.6.000.000,-.

Maka kamu tinggal menggunakan fitur uang muka ini untuk menutup kuranganya yang Rp.850.000,- tersebut.

Jadi, fitur uang muka ini cukup membantu kamu yang ingin membeli barang tapi limit tidak mencukupi asalkan kurangnya tidak lebih dari 30% jumlah pinjaman limit. Semisal kamu memiliki limit Rp.20.000.000,- dan barang yang kamu inginkan Rp.30.000.000,-.

Ini tidak bisa dilakukan karena jumlah fitur uang muka yang kamu gunakan melebihi dari 30% dari jumlah limit yang kamu miliki kurangnya. Nah, sebelum mengetahui cara menggunakan fitur uang muka Kredivo.

Alangkah baiknya kamu simak terlebih dahulu syarat dan juga ketentuan belanja pakai fitur uang muka di Kredivo.

Syarat dan Ketentuan Belanja Fitur Uang Muka Kredivo

Nah, tentunya penjelasan sampai sini kamu telah paham apa itu fitur uang muka. Dimana fitur ini hanya tersedia untuk pengguna premium saja tidak untuk pengguna basic. Maka dari itu kamu yang masih menjadi pengguna akun basic.

Kami sarankan untuk melakukan upgrade akun Kredivo yang kamu miliki ke akun Premium. Namun, setelah berhasil menjadi pengguna Premium, bukan berarti fitur uang muka bisa langsung digunakan.

Ada beberapa syarat dan ketentuan lain yang harus di penuhi, diantaranya adalah:

1. Total Pesanan Tidak Lebih dari 30% Sisa Limit Kredivo

Nah, untuk yang pertama syarat dan ketentuan dari fitur uang muka Kredivo pastikan harga pesanan tidak lebih dari 30% sisa limit kredit yang dimiliki.

Misal sisa limit Kredivo kamu itu Rp.20.000.000,- maka kamu pesan barang tidak boleh lebih dari harga Rp.26.000.000,-. Karena nantinya kurangan tersebut akan ditutup menggunakan fitur uang muka.

2. Berlaku Hanya Untuk Cicilan 12 Bulan

Dan syarat ketentuan fitur uang muka Kredivo selanjutnya adalah berlaku untuk transaksi pembelian dengan tenor cicilan 12 bulan. Dengan demikian, jika harga barang yang dipesan tidak memenuhi nominal untuk cicilan 12 bulan artinya fitur uang muka tidak bisa digunakan.

3. Fitur Uang Muka Tidak Berlaku Pembelian Menggunakan Scan QR

Untuk syarat dan ketentuan selanjutnya bahwa pengguna Kredivo juga tidak bisa memanfaatkan fitur uang muka untuk transaksi pembayaran menggunakan scan QR.

Cara pembayaran menggunakan scan QR biasanya berlaku ketika belanja di Alfamart, Indomaret atau bayar pesanan di KFC, Hokben dan beberapa merchant offline lainnya.

Nah, itulah beberapa syarat dan ketentuan menggunakan fitur uang muka Kredivo yang perlu kamu ketahui ketika kamu akan menggunakan fitur tersebut.

Cara Menggunakan Fitur Uang Muka Kredivo

Nah, setelah mengetahui beberapa syarat dan ketentuan mengenai fitur uang muka Kredivo selanjutnya mari kita bahas mengenai bagaimana cara menggunakan fitur uang muka Kredivo.

Dan berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk bisa menggunakan fitur uang muka Kredivo, diantaranya adalah:

  • Langkah pertama yang perlu kamu lakukan ketika akan menggunakan fitur uang muka Kredivo yaitu mencari barang atau pesanan yang ingin kamu miliki dan kemudian kamu bisa klik “Beli”
  • Selanjutnya kamu bisa pilih tipe pembayaran yaitu dengan menggunakan “Cicilan 12 bulan”
  • Kemudian setelah itu akan muncul rincian transaksi dari pembelian tersebut mulai dari harga barang, biaya pengiriman, biaya layanan, jumlah tagihan per bulan hingga sub total dari pesanan tersebut
  • Selanjutnya kamu bisa scrol kebawah dan masukkan PIN Kredivo lalu kamu bisa klik “Login”
  • Dan apabila limit Kredivo tidak mencukupi maka akan muncul perintah untuk menggunakan fitur uang muka dan kamu langsung saja klik tombol “Lanjut” di bagian bawah
  • Setelah itu, kamu masukkan kode OTP yang sudah diterima melalui SMS setelah itu kamu bisa klik tap “Bayar”
  • Lalu akan muncul “Nominal uang muka” untuk melanjutkan transaksi silahkan klik ikon “Salin” di sebelah kanan
  • Kemudian kamu klik menu “Pay Your Down payment”
  • Silahkan pilih “Metode Pembayaran” yang akan dipakai untuk membayarkan uang muka pembelian barang di Kredivo. Kemudian lakukan transaksi sesuai metode yang digunakan
  • Dan sampai disini sudah berhasil menggunakan fitur uang muka Kredivo
  • Selanjutnya barang pesanan akan di proses dan kamu tinggal menunggu barang sampai ke rumah

Nah, itulah beberapa langkah cara menggunakan fitur uang muka Kredivo. Bagaimana cukup mudah bukan? pastikan semua syarat dan ketentuan yang kamu ajukan terpenuhi sehingga kamu bisa menikmati fitur uang muka tersebut.

Siapa Saja yang Berhak Menggunakan Fitur Uang Muka Kredivo?

Setelah kamu memahami beberapa syarat dan ketentuan hingga cara menggunakan fitur uang muka Kredivo. Kamu pastinya penasaran siapa saja yang berhak menggunakan fitur uang muka Kredivo?

Jika kamu penasaran juga kamu bisa simak berikut penjelasan lengkapnya. Yang berhak menggunakan fitur uang muka adalah user premium yang ingin bertransaksi sebanyak maksimum 30% diatas limit kredit 12 bulan mereka yang tersisa.

Sebagai contoh yaitu:

  • Limit 12 bulan = Rp.5.000.000,-
  • Maksimal jumlah transaksi Rp.6.500.000,-
  • Uang muka yang dibutuhkan adalah Rp.1.500.000,-

Dan selain itu juga ada beberapa peraturan lain yang dapat dikenakan sewaktu-waktu berdasarkan perhitungan dari sistem pihak Kredivo.

Cara Membayar Fitur uang Muka Kredivo

Setelah kamu mengetahui syarat dan ketentuan penggunaan fitur uang muka Kredivo selanjutnya kamu juga perlu mengetahui bagaimana cara membayar fitur uang muka Kredivo.

Jadi, untuk membayar fitur uang muka dapat dilakukan dengan melihat dan membayar jumlah uang muka ke nomor VA yang sama seperti kamu membayar tagihan Kredivo di bank maupun di marketplace.

Nomor VA yang kamu dapatkan juga unik untuk setiap pengguna user Premium. Lanjut ke tab bayar uang uang muka di halaman dasboard untuk detail pembelian yang tersedia di detail dan jika ingin membatalkannya kamu bisa klik “Batalkan Transaksi”

Jadi, kamu tidak perlu khawatir jika ingin membatalkan karena ada fitur untuk membatalkan sehingga tidak perlu waswas jika kamu ingin ganti barang lain karena pembayaran belum dilakukan.

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai cara menggunakan fitur uang muka Kredivo mulai dari syarat penggunaan hingga cara membayar uang muka. Semoga apa yang disampaikan dapat bermanfaat ya.

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: