8 Cara Menghadapi DC Akulaku Datang Ke Rumah

8 Cara Menghadapi DC Akulaku Datang ke Rumah

8 Cara Menghadapi DC Akulaku Datang ke Rumah

Ada banyak cara menghadapi DC Akulaku yang perlu diperhatikan. Dengan cara yang tepat, orang – orang tak perlu bingung maupun khawatir saat berhadapan dengan DC atau debt collector. Utamanya DC dari Akulaku yang hendak lakukan penagihan.

Banyak yang sering bermasalah dengan DC Akulaku. Sebenarnya, tak perlu takut berlebihan jika sudah didatangi DC. Hadapilah semuanya dengan tenang. Berikut ini panduan dan juga tips dalam menghadapi DC Akulaku yang bisa diterapkan semua orang.

1. Tenang dan Jangan Panik

Dalam menghadapi DC Akulaku, seseorang harus selalu tenang dan jangan panik. Ini adalah cara yang paling disarankan untuk bisa mengatasi DC yang datang ke rumah. Ketenangan pastinya akan selalu jadi hal yang dikedepankan.

Ketenangan ini memang jadi kunci utama dalam hadapi DC Akulaku. Kalau terlalu panik, maka tidak akan ada titik temu dan hanya memperbesar masalah saja.

2. Minta dan Periksa Identitas dari DC

Minta dan periksa identitas dari DC yang datang ke rumah. Ini adalah salah satu prosedur yang perlu dilakukan untuk memastikan siapa yang datang ke rumah. Mintalah data diri berupa KTP atau identitas yang lain.

Pemeriksaan identitas jadi hal yang memang wajib dilakukan ketika ada yang mengaku DC datang ke rumah. Jangan sampai membiarkan orang asing dan tak dikenal masuk begitu saja ke rumah.

3. Jangan Hadapi DC Sendirian

Menghadapi DC Akulaku sebaiknya jangan sendirian. Saat ada DC Akulaku yang datang ke rumah, langsung minta bantuan seseorang untuk menemani. Kalau DC melihat kita sendirian, mereka akan berani bertindak sewenang – wenang.

Mengajak seseorang itu juga penting karena bisa jadi saksi ketika ada hal tidak diinginkan terjadi. Ini adalah tindakan preventif yang perlu dilakukan saat didatangi oleh DC Akulaku.

4. Larang Masuk ke Rumah

Salah satu cara yang disarankan untuk menghadapi DC Akulaku adalah larang masuk ke rumah. Jika sampai masuk ke rumah, DC bisa membuat banyak masalah. Ketegasan ini jadi faktor penting agar DC juga paham posisinya.

Tunjukkan dengan tegas kalau tidak boleh sembarangan masuk ke rumah orang. Sebagai pemilik rumah kita punya hak untuk mengatur siapa yang boleh masuk atau tidak.

5. Pelajari Hak Konsumen

Pelajarilah hak – hak sebagai seorang konsumen. Hak konsumen juga melekat pada kita. Jadi, saat didatangi oleh DC, ada hak konsumen yang perlu diperhatikan dan dipelajari secara baik dan benar.

Meski dianggap telat bayar pinjaman, hak – hak perlindungan konsumen tetap melekat. Ada undang – undang tertentu yang memberikan perlindungan kepada konsumen.

6. Hubungi Pihak Terkait Ketika Mulai Terganggu

Hubungilah pihak – pihak terkait ketika sudah mulai terganggu dengan kehadiran DC dari Akulaku ini. Misalnya menghubungi pihak RT, RW hingga kalau perlu kepolisian. Tindakan preventif ini memang kadang dibutuhkan dalam hadapi DC.

Jangan sampai membiarkan DC dari pihak Akulaku sewenang – wenang. Agar lebih aman, sebaiknya ajak juga pihak – pihak berwenang yang bisa diposisikan sebagai penengah.

7. Ambil Dokumentasi Sebagai Bukti

Siapkanlah HP untuk melakukan pengambilan video dokumentasi. Ini dilakukan sebagai langkah pencegahan apabila DC melakukan kekerasan atau hal yang merugikan lainnya. Perekeman bisa dilakukan secara diam – diam atau dengan gamblang di depan DC.

Ketika sudah berada dalam properti sendiri, perekaman bisa dilakukan. Hal ini memang perlu mendapatkan atensi khusus bagi yang mau aman saat berhadapan dengan DC.

8. Lakukan Negosiasi

Cara yang juga disarankan adalah melakukan negosiasi terhadap DC yang datang langsung ke rumah. Proses negosiasi ini memang wajib dilakukan agar terhindar dari masalah yang lebih serius lagi. Cobalah untuk jadi pihak yang pintar dalam melakukan negosiasi.

Musyawarah dan mufakat memang harus dikedepankan untuk selesaikan masalah dengan DC. Kalau hal ini dilakukan, akan ketemu solusi yang saling menguntungkan.

FAQ

Bisakah melaporkan DC Akulaku ke pihak berwajib?

Bisa. Ketika sudah merasa terganggu dengan kehadiran DC atau menerima kekerasan fisik, ada baiknya untuk menghubungi pihak berwajib dalam hal ini adalah kepolisian.

Bolehkah DC Akulaku menerima pembayaran?

Tidak boleh. DC Akulaku tidak boleh menerima pembayaran apapun dari peminjam Akulaku. Seluruh pembayaran harus melalui metode resmi yang dibuat Akulaku.

Apakah DC Akulaku boleh menyita barang?

Tidak boleh. DC Akulaku tidak diperbolehkan menyinta barang berharga milik peminjam Akulaku tanpa perseteujuan tertentu. Hal ini sudah diatur dalam undang – undang.

Kapan DC Akulaku datang ke rumah?

Siang sampai sore hari. Biasanya DC Akulaku datang di saat targetnya berada di rumah, baik itu hari kerja maupun akhir pekan.

Bisakah meminta keringanan kepada DC Akulaku?

Bisa. Cobalah untuk bernegosiasi dengan DC yang datang untuk meminta sejumlah keringanan dalam proses pembayaran tunggakan Akulaku.

Penulis bayangan yang suka mengaspal di sepanjang jalan pantura.

Artikel Menarik Lainnya: