Cara Menghadapi DC Kredivo Yang Datang Ke Rumah

Cara Menghadapi DC Kredivo yang Datang ke Rumah

Cara Menghadapi DC Kredivo yang Datang ke Rumah

Banyak hal yang perlu dipahami mengenai cara menghadapi DC Kredivo. Tak perlu panik atau bingung ketika berhadapan dengan DC atau penagih hutang dari Kredivo. Sebab, ada sejumlah cara efektif untuk bisa mengatasi masalah tersebut.

Kebanyakan orang akan panik ketika berurusan dengan DC. Padahal, ada sejumlah cara yang jitu agar masalah DC ini bisa diatasi. Berikut ini ulasan lengkap mengenai cara menghadapi DC Kredivo.

Alasan Utama Didatangi DC Kredivo

Ada sejumlah alasan utama kenapa seseorang didatangi oleh DC Kredivo. Hal ini perlu diperhatikan dengan sangat baik oleh para pengguna Kredivo. Apa saja sebenarnya alasan DC Kredivo sudah mendatangi rumah? Berikut ini beberapa alasannya.

1. Pembayaran Angsuran Telat

Alasan utama kenapa DC sampai datang langsung ke rumah adalah pembayaran angsuran yang telat. Biasanya, DC akan langsung mendapatkan instruksi mendatangi rumah peminjam yang angsurannya sudah telat lebih dari 3 hari.

2. Nomor Tak Bisa Dihubungi

Nomor yang tak bisa dihubungi juga jadi alasan kenapa DC sampai datang ke rumah. Ketika saat akan ditagih nomor tak bisa dihubungi, pihak DC akan langsung mendatangi alamat rumah sesuai dengan yang didaftarkan.

3. Utang Jatuh Tempo Berbulan – bulan

Utang yang sudah jatuh tempo berbulan – bulan juga menjadi penyebab DC datang ke rumah. Ketika sudah menunggak selama lebih dari 1 bulan, DC dari Kredivo pasti akan langsung mendatangi rumah untuk lakukan penagihan.

Cara Menghadapi DC Kredivo

Menghadapi DC Kredivo itu bisa dilakukan dengan sejumlah cara. Berbagai cara yang tepat bisa diandalkan agar ancaman dari DC Kredivo bisa diatasi dengan mudah. Berikut ini beberapa panduan dalam menghadapi DC Kredivo.

1. Ajak Bicara dengan Tenang

Hal penting yang perlu dilakukan ketika didatangi oleh DC Kredivo adalah ajak berbicara dengan tenang. Ketika sama – sama ngotot, masalah tak akan selesai.

Itulah kenapa mengajak bicara DC dengan tenang amat disarankan. Pembicaraan yang tenang dan cari jalan keluar bersama adalah sesuatu yang perlu dilakukan bersama dengan DC.

2. Jangan Biarkan DC Masuk ke Rumah Seenaknya

Biasanya DC akan langsung memaksa masuk ke rumah. Jangan sampai biarkan hal itu terjadi. Ada hak – hak pribadi yang tetap melekat pada kita semua.

Sebagai pemilik rumah kita berhak melarang masuk DC jika dianggap mengganggu. Ini adalah tindakan pencegahan yang amat penting dilakukan saat berhadapan dengan DC.

3. Siapkan HP untuk Merekam

Siapkanlah HP untuk merekam dokumentasi. Ini adalah sesuatu yang perlu dilakukan untuk membuat bukti dokumentasi ketika DC melakukan hal – hal yang kurang berkenan.

Bukti ini nantinya jadi pegangan dan pembelaan kita ketika terjadi hal yang tak diinginkan. Maka dari itu, selalu siapkan terus HP untuk melakukan perekaman.

4. Minta Pendampingan Orang Lain

Jangan pernah hadapi DC sendirian. Minimal ajajklah satu orang sebagai pendamping dalam menghadapi DC Kredivo ini. Hal ini juga tak kalah krusialnya saat berhadapan dengan DC.

Pendampingan ini jadi sesuatu yang krusial karena bisa berperan juga sebagai saksi. Apabila ada kejadian yang tak diinginkan, ada saksi yang bisa dimintai keterangan.

5. Tanya Identitas dari DC

Hal yang sangat dianjurkan ketika didatangi DC Kredivo adalah bertanya identitas terlebih dulu. Tanyalah identitas resmi dari DC yang datang.

Pastikan mereka benar – benar resmi dan memang mewakili Kredivo. Jangan sampai yang datang adalah pihak tak resmi. Kalau yang datang pihak tak resmi kita bisa lapor polisi.

6. Hubungi Pihak Berwajib jika Diperlukan

Salah satu hal yang mungkin perlu dicoba juga adalah hubungi pihak berwajib ketika sudah merasa tak nyaman. Opsi ini memang perlu disiapkan ketika sangat terganggu dengan tingkah DC.

Ini juga menjadi sesuatu yang perlu segera dilakukan ketika DC sudah melakukan pengancaman hingga kekerasan fisik. Intinya, pahami situasi dan kondisi yang ada.

FAQ | Pertanyaan Tentang Cara Menghadapi DC Kredivo

Apa yang perlu dilakukan jika DC Kredivo melakukan kekerasan fisik?

Segera hubungi pihak berwajib dan jangan lupa untuk mendokumentasikan bukti – bukti di lapangan ketika sudah ada kekerasan fisik.

Apakah perlu menghubungi polisi ketika didatangi DC Kredivo?

Kalau sudah merasa tak nyaman ada baiknya memang untuk menghubungi pihak kepolisian untuk turut campur.

Bolehkah DC Kredivo menerima uang pembayaran tagihan?

Tidak boleh. DC hanya melakukan penagihan dan tidak diperkenankan menerima uang. Pembayaran tetap dilakukan dengan metode resmi yang sudah ada.

Bolehkah mengusir DC Kredivo yang datang ke rumah?

Boleh. Ketika merasa terganggu dengan tingkah dari DC yang datang ke rumah, kita boleh mengusir DC tersebut.

Apakah DC diperbolehkan menyita barang berharga sebagai jaminan?

Tidak boleh. Tugas dari DC adalah menagih. DC tidak berhak menyita barang berharga tanpa ada ketentuan dan kesepatakan.

Penulis bayangan yang suka mengaspal di sepanjang jalan pantura.

Artikel Menarik Lainnya: