Cara Menghapus Adware Beserta Ciri-Cirinya Mudah Kok

Adware adalah suatu perangkat lunak yang dirancang untuk menampilkan iklan di layar kalian. Adware biasanya terletak di beberapa situs web atau sering di sebut iklan pop-up, lalu bagaimana jika adware tersebut malah terbawa ke perangkat kalian? Tentu nya ini akan mengganggu aktivitas kalian.

1 Fashion murah

Lalu bagaimana cara menghapus adware tersebut agar tidak selalu mengganggu aktivitas yang kalian lakukan di perangkat kalian? Kalian bisa menghapus adware dengan cara simak artikel ini sampai selesai dan mempraktikannya secara langsung.

fashion muslim murah

Cara Menghapus Adware

Ada beberapa tahapan yang harus kalian lakukan untuk menghapus adware yang ada di perangkat kalian. Berikut tahapan-tahapan cara menghapus adware yang bisa kalian lakukan.

1. Mengidentifikasi Ciri Adware

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengidentifikasi dari ciri-ciri adware terlebih dahulu, agar kalian lebih memahami seberapa parah adware yang kalian terima di perangkat kalian. Berikut beberapa ciri adware yang bisa kamu ketahui.

1.1. Iklan yang Sering Muncul

Ciri-ciri pertama yang harus kalian ketahui dari adanya adware pada smartphone yang kalian gunakan adalah selalu muncul iklan pada tampilan smartphone kalian. Kejadian ini tentu sangat mengganggu kalian dalam penggunaan smartphone.

Iklan tersebut biasanya berupa tampilan iklan yang tidak bisa tutup dengan sembarangan, kita harus selalu menunggu hingga proses iklan selesai dilakukan dan baru bisa menutupnya. Selain itu iklan yang diberikan akan menutupi semua layar dan kita tidak bisa melakukan apa-apa selain menonton.

1 Fashion murah

Jika kita memaksa klik iklan tersebut, kita akan diarahkan untuk mengunduh aplikasi tersebut yang berada di aplikasi tersebut. iklan yang diberikan biasanya macam-macam namun berisi tentang sebuah aplikasi yang harus di download.

1.2. Muncul Aplikasi Mencurigakan

Ciri-ciri selanjutnya yang dapat kalian lihat adalah dengan munculnya aplikasi yang mencurigakan secara tiba-tiba yang tidak pernah kita install dengan secara sadar. Aplikasi mencurigakan tersebut biasanya akan melakukan penyamaran sebagai aplikasi salah satu sistem.

Yang otomatis kita akan takut untuk menghapus aplikasi tersebut karena takut sistem yang kita hapus dan itu tentu akan membuat smartphone kita bermasalah. Kalian bisa pastikan aplikasi tersebut benar aplikasi sistem atau bukan.

1.3. Aplikasi Tidak Bisa Dihapus

Ciri-ciri terakhir yang dapat kalian ketahui adalah dengan adanya aplikasi yang tidak bisa kalian hapus. Aplikasi ini sudah menyerupai sistem dan tidak bisa dihapus tentu akan membuat kalian yakin kalo itu aplikasi sistem bukan?

Namun kalian salah, aplikasi tersebut merupakan adware yang sudah disiapkan dengan sedemikian rupa agar aplikasi tersebut tidak dapat kalian hapus dan di setting menyerupai aplikasi sistem.

Jika kalian menemukan hal ini alangkah baiknya kalian tidak perlu khawatir karena kalian sudah mengetahui bahwa itu virus iklan atau yang sering di sebut adware.

1 Fashion murah

2. Hapus Adware

Setelah kalian mengetahui aplikasi mana yang merupakan aplikasi adware, kalian bisa melakukan beberapa langkah berikut untuk menghapus adware tersebut. jadi kalian tidak perlu khawatir, karena kalian dapat mengatasinya secara langsung dengan diri kalian sendiri.

2.1. Menonaktifkan dan Menghapus Akses Administrasi

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah menonaktifkan dan menghapus akses administrasi dari aplikasi adware tersebut. kalian bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk menonaktifkan dan menghapus akses administrasi dari aplikasi tersebut.

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah masuk ke menu pengaturan di smartphone kalian.
  • Kemudian cari menu “Security” dan masuk ke menu itu.
  • Selanjutnya kamu tinggal klik “Device”.
  • Setelah itu kalian klik “administrators”.
  • Nah setelah kalian masuk ke menu ini, kalian akan menemukan aplikasi mana saja yang sudah mengakses administrasi pada smartphone yang kalian gunakan.
  • Setelah itu lihat apakah ada aplikasi adware yang sudah kalian tentukan tadi.
  • Jika sudah menemukan ada aplikasi tersebut, kamu tinggal menonaktifkan dan menghapus akses administrasi dari aplikasi tersebut.

2.2. Hapus Cache Aplikasi Adware

Langkah selanjutnya yang bisa kalian lakukan adalah menghapus cache pada aplikasi adware yang sudah kalian nonaktifkan dan menghapus akses administrasinya.

2.3. Hapus Aplikasi

1). Aplikasi Tambahan

Langkah selanjutnya yang bisa kalian lakukan adalah menghapus aplikasi. Jika penghapusan tidak bisa dilakukan dengan cara yang biasa, kalian bisa menggunakan aplikasi tambahan yang bisa membantu kalian menghapus aplikasi tersebut.

Aplikasi yang dapat kalian gunakan adalah aplikasi Malwarebytes, dengan aplikasi ini kalian dapat di bantu untuk menghapus aplikasi adware tersebut. berikut adalah langkah-langkah penggunaan aplikasi tersebut.

  • Download aplikasi Walwarebytes di Play Store.
  • Kemudian masuk ke aplikasi tersebut.
  • Selanjutnya cari menu “scan” pada smartphone.
  • Jika hasi scan masih terdapat virus, kalian tinggal klik “hapus virus”.
  • Dan virus akan secara otomatis dihapus.
2). Masuk ke Fitur Safe Mode

Langkah selanjutnya yang harus kalian lakukan adalah melakukan penghapusan aplikasi tersebut pada saat masuk ke fitur safe mode di smartphone kalian. Dengan begitu kalian akan dapat membedakan aplikasi sistem dan aplikasi adware tersebut.

1 Fashion murah
3). Setel ke Pengaturan Pabrik

Cara berikutnya yang dapat kalian lakukan untuk menghapus aplikasi adware adalah dengan cara mengembalikan smartphone kalian ke pengaturan pabrik. Cara ini tentunya lebih efektif karena akan menghapus semua data yang ada.

FAQ | Pertanyaan Tentang (Cara Menghapus Adware)

Apa itu Adware?

Adware adalah suatu perangkat lunak yang dirancang untuk menampilkan iklan di layar kalian.

Apa Saja Ciri-ciri Adware?

1.1. Iklan yang Sering Muncul
1.2. Muncul Aplikasi Mencurigakan
1.3. Aplikasi Tidak Bisa Dihapus

Artikel Menarik Lainnya: