Cara Menghidupkan HP Xiaomi Tanpa Tombol Power (Mudah)

Kamu sedang menghadapi kendala tidak bisa menggunakan tombol power untuk menyalakan HP Xiomi? Tenang, tidak perlu panik ada beberapa cara menghidupkan HP Xiaomi tanpa tombol power yang akan di bahas di artikel ini.

Meskipun HP Xiaomi ini cukup populer di kalangan masyarakat dikarenakan harganya yang cukup murah dengan spek yang lumayan bagus namun kendala rusak dan lain sebagainya tentunya tidak bisa dihindari untuk itu simak artikel sampai selesai akan dijelaskan lengkap.

Penyebab Tombol Power HP Xiaomi Tidak Berfungsi

Nah, sebelum membahas bagaimana cara menghidupkan HP Xiaomi tanpa tombol power kamu perlu mengetahui beberapa penyebab terlebih dahulu kenapa tombol power tersebut tidak berfungsi.

Dan berikut beberapa penyebab yang perlu kamu ketahui diantaranya adalah:

1. Kerusakan fisik

Dimana tombol power bisa rusak karena kerusakan fisik bisa karena terjatuh atau juga benturan yang menyebabkan komponen di dalam tombol HP Xiaomi ini rusak dan membuat tombol tidak bisa digunakan.

2. Masalah Software

Selain kerusakan fisik penyebab lainnya bisa karena masalah software hal ini biasanya terjadi karena kesalahan dalam pengaturan sistem atau perangkat lunak yang tidak stabil.

3. Kehabisan Baterai

Baterai yang habis dapat menyebabkan tombol power tidak berfungsi karena perangkat tidak memiliki daya untuk dihidupkan.

4. Perangkat Keras Rusak

Masalah perangkat keras rusak seperti motherboard atau kabel yang rusak dapat membuat tombol power tidak berfungsi jika hal ini terjadi maka perlu dilakukan perbaikan atau pergantian komponen yang rusak.

5. Konsleting Pada Komponen

Selanjutnya penyebab tombol power tidak berfungsi juga bisa disebabkan karena konsleting pada komponen di dalam HP Xiaomi biasanya karena kabel atau perangkat yang tidak berfungsi

Nah, setelah mengetahui beberapa penyebabnya tersebut maka kita perlu mencari solusi atau cara menghidupkan HP Xiaomi tanpa tombol power dan akan dijelaskan lengkap di bawah ini.

Cara Menghidupkan HP Xiaomi Tanpa Tombol Power

Jika mengalami kendala atau penyebab di atas kamu bisa mencari solusi dengan mengikuti beberapa langkah cara menghidupkan HP Xiaomi tanpa tombol power di bawah ini. yuk, simak penjelasannya lengkapnya:

1. Menekan dengan Benda Lain

Terkadang tombol power pada ponsel dapat rusak dan tidak berfungsi karena bagian luarnya hilang dan menyisakan bagian karet di dalamnya. Dan jika seperti itu kamu bisa menggunakan benda khusus untuk menghidupkan Hp.

Kamu bisa menggunakan tusuk gigi, SIM card ejektir, atau benda sejenis lainnya yang bisa menekan bagian tersebut.

2. Menyambungkan dengan Power Bank atau Charger

Bagi yang ingin cara menghidupkan HP Xiaomi tanpa tombol power yang cukup sederhana kamu bisa menggunakan charger biasa atau juga power bank dan jika HP Xiaomi kamu masih aktif menyala kamu bisa menggunakan cara ini.

Setelah hidup kamu bisa membuka kunci atau sandi atau PIN dan menggunakan kembali HP Xiaomi kamu.

3. Menggunakan Tombol lainnya

Selain itu, kamu juga bisa melakukan cara menghidupkan HP Xiaomi tanpa tombol power kamu bsia mengatur agar dialihkan ke tombol lainnya begini caranya:

  • Pastikan kamu sudah dapat membuka layar HP Xiaomi menggunakan salah satu cara di atas
  • Download dan isntal aplikasi power buttpn to volume button dari Google Play Store
  • Buka aplikasi tersebut dan ketuk opsi Enable/Disable Volume Power hingga ikon gera berubah warna
  • Aktifkan opsi “Boot dan Screem Off” dengan tombol volume sebagai pengganti tombol power
  • Restat ponsel
  • Gunakan tombol volume up atau down sebagai pengganti tombol untuk menghidupkan HP Xiaomi
  • Dan untuk mematikan layar tekan opsi turn off screen

4. Mengaktifkan Pengaturan Double Tap To Wake

Cara menghidupkan HP Xiaomi tanpa tombol power selanjutnya kamu bisa mengaktifkan tombol Double Tap to Wake yang umumnya memang tersedia di setiap smartphone android.

Dengan fitur ini  cukup mengetuk layar dua kali dalam keadaan mati untuk menyalakan layar dan membuka kunci smartphone. Jika android kamu tidak memiliki fitur ini kamu bsia donwload KnockOn, Begini cara mengaktifkannya:

  • Buka aplikasi yang sudah kamu unduh KnockOn
  • Aktifkan fitur double tap to wake atau fitur serupa yang ada pada aplikasi
  • Atur konfigurasi aplikasi sesuai preferensi
  • Restart smartphone agar aplikasi bisa berjalan dengan baik

5. Memanfaatkan Sensor Biometrik

Sensor biometrik ini seperti sidik jari, face unclokck, dan irish scanner. Dengan fitur tersebut kamu bisa melakukan cara menghidupkan HP Xiaomi tanpa tombol power, untuk mengaktifkannya begini:

  • Pastikan bateri masih cukup atau sambungkan HP ke adaptor
  • Letakan jari atau wajah pada sensor biomertrik yang tersedia
  • Ponsel akan membaca sidik jari atau wajah dan secara otomatis menyalakan layar
  • Jika HP belum membaca sidik jari atau wajah coba ulangi
  • Dan setelah menyala buka layar dan gunakan

6. Menggunakan Koneksi USB

Cara selanjutnya untuk cara menghidupkan HP Xiaomi tanpa tombol power adalah menyambungkan HP Xiaomi ke komputer atau laptop menggunakan kabel USB. Perangkat pengguna akan terdeteksi oleh komputer dan mencoba menyalakan HP Xiaomi kamu tanpa tombol power.

FAQ| Pertanyaan Seputar Cara Menghidupkan HP Xiaomi Tanpa Tombol Power

Bagaimana cara menyalakan HP mati total jika tombol power rusak?

Sambungkan ke PC atau laptop yang sudah terpasang ADB and Fasstboot, buka aplikasi Minimal ADB and Fastboot dan ketikan “Adb Reboot” pada software dan enter, kemudian tunggu beberapa saat perangkat HP akan menyala.

Bisakah menyalakan HP secara otomatis?

Bisa kamu bisa menggunakan Timer untuk menyalakan HP secara otomatis.

Artikel Menarik Lainnya: