Cara Menghitung Keuntungan Jualan Gorengan Yang Benar

Cara Menghitung Keuntungan Jualan Gorengan yang Benar

Cara Menghitung Keuntungan Jualan Gorengan yang Benar

Gorengan merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang memiliki banyak penggemar. Dan prospeknya stabil meski bahan-bahan kadang naik turun. Namun, keuntungan yang di dapatkan cukup menggiurkan.

Lantas bagaimana cara menghitung keuntungan jualan gorengan? Nah, bagi kamu yang belum mengetahuinya kamu bisa simak artikel ini sampai selesai karena akan dijelaskan caranya secara lengkap.

Cara Menghitung Keuntungan Jualan Gorengan

Cara menghitung keuntungan jualan gorengan ini kamu harus terlebih dahulu mengetahui bahan baku pembuatan gorengan dan cara ini dapat sekaligus mempermudah kamu dalam menentukan harga jual nantinya biar tidak rugi.

Sebagai pemula tentu bukan hal mudah menentukan harga jual mengingat baru pertama kalinya. Tapi kamu tak perlu khawatir begini cara menghitung keuntungan jualan gorengan salah satunya gorengan kesukaan saya yaitu gorengan tempe.

Kamu bisa tentukan terlebih dahulu bahan baku yang kamu butuhkan dalam sehari, misalkan kamu membutuhkan 5 papan tempe dalam sehari, begini rincian bahannya:

  • 1 papan tempe itu harganya Rp.7000,- di kali 5 berarti Rp.35.000,-
  • Dan 1 kg tepung terigu ini yaitu Rp.12.000,-
  • Garam dan penyedap rasa Rp.2000,-
  • 1 sdm bumbu kuning sekitar Rp.2000,-
  • Minyak goreng 1 liter Rp.14.000,-
  • Dan total keseluruuhan untuk 5 papan tempe adalah adalah Rp.70.000,-

Untuk satu papan tempe menghasilkan 25 potong gorengan tempe berarti untuk 125 potong gorengan tempe. Dan jika harga jual tempe yaitu Rp.1000,- per potong matangnya. Jadi cara penghitungannya adalah:

Keuntungan = (harga jual x jumlah tempe) kurangi modal

Keuntungan= (1000×125) – 70.000,-

Keuntungan = Rp. 55.000,- per hari

Jadi, jika keuntungan setiap harinya sekitar Rp.55.000,- maka dalam sebulan akan mendapatkan Rp.1650.000,- itu untuk satu jenis gorengan saja. apabila kamu menjual 3 jenis gorengan yang lain berarti penghasilannya tinggal di kalikan saja.

Kamu bisa menggunakan cara menghitung keuntungan jualan gorengan dengan cara ini untuk menentukan harga jual sehingga bisa disesuaikan dengan bahan baku yang kamu perlukan untuk menjual nantinya.

Tak hanya itu, kamu juga perlu memperhitungkan biaya gas dan juga alat sewa tempat jika memang lapak jualan kamu nyewa. Bagaimana cukup mudah bukan? tertarik untuk mencoba jualan gorengan? Kamu bisa mulai dari sekarang.

Tips Jualan Gorengan Biar Banyak Untung

Selain cara menghitung keuntungan jualan gorengan kamu juga perlu mengetahui tips jualan gorengan biar banyak untung.

Nah, banyak orang menghalalkan segala cara untuk mendapatkan keuntungan yang sangat banyak dengan cara yang licik. Namun, itu merugikan orang lain dan dapat dipastikan usaha kamu tidak akan lama.

Lantas bagaimana cara jualan gorengan biar banyak untung tanpa perlu merugikan orang lain? tenang, berikut akan saya bagikan tips bagaimana cara jualan gorengan biar banyak untung, begini tipsnya:

1. Riset Resep terbaik

Meskipun banyak rupa gorengan namun pelanggan akan tetap memilih produk terbaik dengan rasa yang sesuai selera pelanggan.  Jika gorengan kamu biasa-biasa saja tentu itu merupakan hal yang percuma..

Karena konsumen akan kembali lagi ketika kamu memiliki gorengan yang rasanya sesuai dengan selera mereka untuk itu lakukan riset  dengan terus belajar resep gorengan yang best quality.

Jka kamu sudah menemukan goalnya saya yakin pelanggan akan kembali lagi membeli gorengan kamu.

2. Modal Awal yang Tidak Terlalu Besar

Dan tips selanjutnya bukalah usaha gorengan denagn modal yang cukup tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil, kamu perlu menyiapkan modal awal yang cukup sederhana dan mencukupi semuana.

Di awal akan banyak sekali pengeluaran seperti wajan penggorengan, gerobak  dan lainnya. Untuk selanjutnya bisa disesuaikan.

3. Tempat Strategis

Dan ini yang paling penting kamu perlu memilih tempat yang cukup strategis kamu tidak perlu tempat usaha yang mewah kamu cukup membutuhkan tempat sederhana. Karena gorengan identik dengan tempat yang merakyat.

Kamu tidak perlu menyewa ruko atau toko cukup gerobak di samping jalan juga itu sangat cocok untuk bisnis gorengan.

4. Bahan Baku Yang bagus

Karena gorengan membutuhkan bahan yang fresh maka kamu perlu memilih bahan baku yang baik. misal pisang, kol, ubi dan lain sebagainya perlu di lihat kualitasnya apakah masih bik atau tidak. Karena rasa adalah nomber satu dalam jualan makanan.

5. Buat Value Lebih

Usaha gorengan adalah jenis usaha yang mudah untuk berkembang meskipun persaingan bertambah jika usaha kamu mempunyai value yang penjual lain tidak punya maka jualan kamu yang akan eksis.

Kamu harus membuat keunikan dan value tersendiri misal varian rasa, varian bentuk dan lain sebagainya yang membuat kamu unik dan berbeda.

6. Jaga Kebersihan

Meskipun nangkring dengan gerobak kamu tidak melewatkan untuk menjaga kebersihannya. Dan hal ini akan menjadi nilai lebih dari para pelanggan jika kamu bisa menjaga peralatan dan gerobak tetap bersih.

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai cara menghitung keuntungan jualan gorengan beserta beberapa tips yang bisa kamu gunakan agar jualan kamu laris dan bisnis gorengan kamu untung banyak. Semoga bermanfaat ya!

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: