Cara Menghitung Persentase Kenaikan di Excel, Begini Nih!

Cara menghitung persentase kenaikan di Excel ini cukup mudah sekali. Dengan mengetahui kenaikan persentase kenaikan di suatu perusahaan atau bisnis kamu akan dapat menghitung dengan mudah laba sebuah bisnis.

Dan tentunya mengetahui apakah bisnis ini ada peningkatan dibandingkan dengan sebelumnya. Di artikel ini akan dijelaskan cara menghitung persentase secara cepat menggunakan Excel.

Yuk, simak sampai akhir artikel ini agar kamu tidak ketinggalan informasi mengenai hal tersebut.

Rumus Menghitung Persentase Kenaikan di Excel

Nah, untuk rumus menghitung penurunan dan kenaikan persen di Excel kamu bisa dilakukan dengan mudah, kamu hanya perlu melakukan perhitungan seperti:

Kenaikan Persentase= angka sesudah-angka sebelum: angka sebelum

Atau

Persentase kenaikan (%)= ((Akhir-awal)) /awal x 100%

Contoh 1: jumlah penduduk di wilayah Sukamulya tiap tahunnya berbeda-beda seperti jumlah penduduknya dari tahun ke tahun karena beberapa faktor, misal kelahiran, kematian, dan perpindahan.

Sehingga jumlah setiap tahunnya akan berbeda-beda dan rumus di atas bisa kamu gunakan untuk menghitung rumus persentase kenaikan jumlah pendudul di setiap tahunnya.

Contoh 2:

Contoh PT Nurani menghitung total biaya pendapatan produk tas ransel premium tahun 2020 adalah sebesar Rp.20.000.000,- rupanya di akhir tahun 2021, jumlah total biaya produksi produk yang sama sebesar Rp.23.000.000,-.

Pemiliknya sedang ingin memprediksi berapa biaya produksi yang harus di siapkan untuk tahun 2022 dilihat dari persentase kenaikan produk tersebut.

Persentase kenaikan (%)=(Rp.23.000.000-Rp.20.000.000) / Rp.20.000.0000 x 100%= 15 %

Menentukan Format Persentase kenaikan di Excel

Nah sebelum ke cara menghitung persentase kenaikan di Excel kamu perlu menentukan format terlebih dahulu untuk format persentase pada Excel ini berfungsi untuk menghitung persentase dari total kenaikan persentase antara dua angka, hingga kenaikan persentase dari sebuah data.

Sebelum melakukan perhitungan dalam format persentase , sebaiknya kamu mengetahui terlebih dahulu cara memformat persentase pada lembar kerja Excel. Dan berikut merupakan langkah-langkah mudah untuk melakukannya:

  • Langkah pertama kamu bisa pilih Cells atau range pada lembar kerja yang ingin di ubah dalam bentuk persen
  • Kemudian selanjutnya kamu silahkan mengklik kanan pada sel atau ranef tersebut
  • Setelah itu, pilih meny “Format Cells”
  • Pada jendela Format Cells kamu bisa memilih opsi “Percentage atau persentase” pada kotak menu “Category”
  • Setelah itu, klik “OK” angka pada kolom tersebut secara otomatis akan berubah format setelah menjadi persen.

Cara Menghitung Persentase Kenaikan di Excel

Nah, dengan tidak banyak basa basi lagi mari kita bahas bagaimana cara menghitung persentase kenaikan di Excel. Kamu yang belum mengetahuinya bisa simak penjelasan berikut di bawah ini.

Akan saya rangkum beberapa langkah untuk kamu bisa menghitung kenaikan persentase secara cepat, diantaranya adalah:

1. Buat Tabel Data

Langkah yang paling pertama adalah kamu perlu membuat tabel data dan misalnya data tersebut akan memuat tahun dan jumlah penduduk desa Sukamulya misalkan.

2. Buat Hasil Persentase

Pada kolom persentase untuk mendapatkan hasil perhitungan berupa persen, kamu bisa mengikuti langkah yaitu dengan “Format Cells” atau pada tab “Beranda” silahkan klik %

3. Masukanlah Rumus Kenaikan

Nah, setelah itu pada tabel persentase kenaikan kamu bisa memasukan rumus perhitungannya. Masukan angka sebelum dan di bagi angka sebelumnya. Misal =(B3-B2)/B2

4. Klik Return atau Enter

Setekah itu, kamu bisa klik “Return atau Enter” pada keyboard. Maka akan diperoleh hasil perhitungan kenaikan sebanyak 10%

5. Drag ke Bawah

Untuk data selanjutnya kamu bisa mendrag ke bawah pada kolom C3 saat kursor seperti “+”. Maka secara otomatis persentase tahun-tahun berikutnya akan terlihat sehingga kamu tidak perlu repot melakukan perhitungan manual.

6. Selesai

Dan kamu akan melihat kenaikan persentase yang telah kamu buat dan membandingkan akankah ada kenaikan yang signifikan dari setiap tahunnya.

Pentingnya Menghitung Persentase Kenaikan

Dengan menghitung persentase kenaikan, kamu akan mendapatkan beberapa manfaat. Diantaranya pertama, tentu saja ini akan memudahkan kamu dalam menganalisis berbagai macam hal yang berkaitan dengan pengelolaan data dan keuangan.

Misal mengetahui apakah usaha kamu mengalami kemajuan atau malah kemunduran. Jika persentase keuntungan bersih terus naik. Artinya, secara finansial bisnis kamu maju.

Selain itu persentase kenaikan juga bisa digunakan untuk menganalisis proyeksi keuntungan. Seperti menganalisis proyek keuntungan, biaya produksi atau proyeksi lainnya.

Selain itu persentase kenaikan ini juga bisa dijadikan alat untuk meyakinkan investor yang akan menanamkan modal pada kamu nantinya. Atau jika dalam kenaikan data kependudukan kamu bisa melihat signifikan jumlah data dari data sebelumnya.

Hal ini berguna untuk memajukan semua rencana apa selanjutnya yang harus di ambil agar jumlah penduduk tidak bertambah cepat dan juga drastis menurun cepat.

Demikian penjelasan mengenai cara menghitung persentase kenaikan di Excel semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kamu yang sedang mencari informasi mengenai hal tersebut.

Artikel Menarik Lainnya: