Cara Menghubungkan Kamera HP ke Laptop dengan Mudah

Bagaimana cara menghubungkan kamera HP ke laptop? Pertanyaan ini tentu akan menjadi sebuah pertanyaan bagi kalian yang baru mengetahui bahwa kamera HP bisa dihubungkan ke laptop.

Menghubungkan kamera HP ke laptop bisa kalian lakukan menggunakan beberapa cara, salah satunya menggunakan kabel USB, Bluetooth, dan jaringan wifi yang tentunya cara-cara tersebut tidak luput dari bantuan aplikasi tambahan.

Cara Menghubungkan Kamera HP ke Laptop

Cara menghubungkan kamera HP ke laptop memang dapat membantu kalian agar mendapatkan hasil kamera yang lebih bagus ketika menggunakan laptop sebagai salah satu media pengambilan foto atau melakukan aktivitas online yang berhubungan dengan kamera. Berikut penjelasannya.

1. Kabel USB

Cara pertama yang bisa kamu gunakan untuk menghubungkan kamera HP ke laptop adalah dengan menggunakan kabel USB. Jika kalian ingin menggunakan kabel USB sebagai media penyambung antara HP dan laptop, kalian harus menggunakan aplikasi Droid Cam.

Aplikasi Droid Cam merupakan aplikasi yang bisa kalian gunakan untuk menghubungkan kamera HP ke laptop melalui kabel USB. Agar kalian dapat lebih memahami mengenai cara penggunaannya, berikut langkah-langkah yang harus kalian lakukan.

  • Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah menginstal aplikasi Droid Cam di HP yang kalian gunakan. Kalian bisa mendownload aplikasi Droid Cam melalui Play Store atau App Store.
  • Setelah kalian menginstal aplikasi Droid Cam, kalian tinggal buka aplikasi tersebut.
  • Selanjutnya kalian tinggal mengaktifkan mode USB Debugging pada aplikasi tersebut.
  • Langkah berikutnya, kalian tinggal menghubungkan HP dengan laptop yang kalian gunakan melalui kabel USB.
  • Setelah itu laptop akan otomatis menginstal driver yang dibutuhkan untuk mengakses kamera dari HP.
  • Selanjutnya, kalian lakukan download dan menginstal aplikasi Dev47apps client di laptop yang kalian gunakan.
  • Langkah berikutnya yang harus kalian lakukan adalah membuka Droid Cam Client.
  • Setelah itu, kalian tinggal pilih icon “USB”.
  • Langkah terakhir yang harus kalian lakukan adalah klik “Start” agar mengaktifkan kamera HP yang kalian gunakan.

2. Wifi

Selain menggunakan kabel USB, kalian juga dapat menggunakan jaringan wifi sebagai media untuk menghubungkan kamera HP ke laptop. Penggunaan jaringan wifi sebagai media penghubung juga harus di bantu oleh sebuah aplikasi, yaitu aplikasi iVCam.

Kalian harus mengunduh aplikasi iVCam di HP dan laptop yang kalian gunakan. Agar kalian lebih memahami mengenai langkah-langkah menghubungkan kamera HP ke laptop menggunakan wifi, mari simak langkah-langkah di bawah ini.

  • Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah mendownload dan menginstal aplikasi iVCam di HP dan laptop yang kalian gunakan.
  • Kemudian buka aplikasi tersebut di HP dan laptop yang kalian gunakan.
  • Setelah kalian membuka aplikasi tersebut di HP dan laptop yang kalian gunakan, kalian harus pastikan untuk menghubungkan jaringan wifi HP dan laptop yang digunakan terhubung dengan jaringan wifi yang sama.
  • Langkah selanjutnya, buka aplikasi iVCam di laptop. Kemudian pilih perangkat HP yang kalian gunakan.
  • Dan setelah itu kalian sudah bisa menggunakan kamera HP ke laptop dikarenakan HP yang kalian gunakan sudah terdeteksi sebagai webcam laptop yang kalian gunakan.

3. Bluetooth

Selain menggunakan kabel USB dan jaringan wifi, kalian juga bisa menggunakan Bluetooth sebagai media untuk menghubungkan kamera HP ke laptop. Namun, ada aplikasi yang hharus kalian install agar dapat menggunakan Bluetooth sebagai media, yaitu aplikasi Mobiola WebCamera.

Aplikasi ini dapat kalian dapatkan secara langsung melalui halaman resminya, yaitu mobiola.com. agar kalian lebih memahami mengenai proses menghubungkan kamera HP ke laptop melalui Bluetooth, kalian bisa simak langkah-langkah di bawah ini.

  • Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah menginstal aplikasi Mobiola WebCamera di HP dan laptop yang kalian gunakan.
  • Setelah aplikasi berhasil di install, kalian tinggal membuka aplikasi tersebut maupun itu di HP atau laptop yang digunakan.
  • Kemudian di aplikasi tersebut kalian atur ke mode Bluetooth, baik itu di HP atau di laptop.
  • Langkah berikutnya adalah memilih nama Bluetooth HP di laptop yang kalian gunakan.
  • Setelah itu, kalian tinggal klik “Start” untuk mulai menggunakan kamera HP di laptop kalian.

Media Penghubung Aplikasi yang Dapat Digunakan untuk Mengubah Kamera HP ke Laptop

Ada yang harus kalian perhatikan, aplikasi-aplikasi di atas tidak hanya dapat digunakan melalui satu media penghubung saja. Berikut media penghubung yang dapat kalian gunakan melalui aplikasi tersebut untuk menghubungkan kamera HP ke Laptop.

1. Droid Cam

Aplikasi Droid Cam tidak hanya dapat digunakan menggunakan kabel USB saja, tetapi juga dapat digunakan menggunakan jaringan Wifi.

2. iVCam

Aplikasi iVCam tidak hanya dapat digunakan menggunakan Wifi, tetapi juga dapat digunakan melalui kabel USB.

3. Mobiola

Aplikasi Mobiola hanya dapat dihubungkan melalui Bluetooth untuk menggunakan kamera HP di laptop. Tetapi ada aplikasi lain yang dapat kalian gunakan untuk menghubungkan melalui Bluetooth selain Mobiola, yaitu aplikasi Smartcam.

FAQ | Pertanyaan Tentang (Cara Menghubungkan Kamera HP ke Laptop)

Cara Apa Saja yang Dapat Digunakan untuk Menghubungkan Kamera HP ke Laptop?

Menghubungkan kamera HP ke laptop bisa kalian lakukan menggunakan beberapa cara, salah satunya menggunakan kabel USB, Bluetooth, dan jaringan wifi yang tentunya cara-cara tersebut tidak luput dari bantuan aplikasi tambahan.

Aplikasi Apa yang Digunakan untuk Menghubungkan Kamera HP ke Laptop Lewat Kabel USB?

ika kalian ingin menggunakan kabel USB sebagai media penyambung antara HP dan laptop, kalian harus menggunakan aplikasi Droid Cam.

Artikel Menarik Lainnya: