Cara Mengikat Sabuk Taekwondo untuk Semua Tingkatan Warna

Cara mengikat sabuk taekwondo dengan benar menjadi salah satu persiapan penting ketika akan mulai berlatih. Bagi setiap orang yang akan berlatih Taekwondo, memang ada beberapa persiapan penting guna menunjang proses latihan berjalan lancar dan tanpa kendala.

1 Fashion murah

Memasang atau mengikat tali taekwondo merupakan bagian yang penting karena tali bukan menjadi aksesoris olahraga bela diri tersebut semata. Ada fungsi penting dari penggunaan tali yang diikatkan ke badan atlet taekwondo.

fashion muslim murah

Cara Mengikat Sabuk Taekwondo dengan Cepat dan Benar

Seperti yang diuraikan dalam sekilas penjelasan di atas, sabuk taekwondo harus dipasang dan diikat dengan benar saat sebelum berlatih. Ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan sebagai cara untuk bisa mengikat sabuk taekwondo dengan benar.

  • Pegang ujung sabuk taekwondo di depan dan atur agar kedua ujung tersebut sejajar serta memiliki ukuran panjang untuk bagian kiri dan kanan dari tubuh
  • Letakkan bagian tengah dari sabuk taekwondo ke daerah sekitar pinggan dan pastikan bagian lebar maupun tipis dari sabuk tersebut ada di depan
  • Pegang ujung sabuk pada satu sisi bagian kiri maupun kanan yang bisa disesuaikan dengan kebiasaan maupun peraturan dari tempat latihan taekwondo
  • Bawa bagian sabuk yang dipegang tersebut ke belakang tubuh dan mulai putar satu kali untuk mengelilingi bagian pinggan
  • Pada saat memutar, pastikan sabuk tetap rata dan tidak melintir
  • Kembalikan sabuk ke bagian depan tubuh setelah melakukan putaran dan pastikan posisinya sejajar di depan perut
  • Ujung sabuk yang sudah diputar tari ukurannya harus lebih kecil dibandingkan ujung yang belum diputar agar mudah dalam mengikat sabuk tersebut nantinya
  • Lanjutkan untuk membawa ujung sabuk taekwondo yang satunya mengelilingi badan dan kembali ke bagian depat
  • Buat ikatan sabuk dengan memasukkan bagian ujung tersebut ke celah yang terbentuk antara pinggang dengan sabuk
  • Tarik kedua bagian ujung sabuk dengan perlahan agar terikat dengan sempurna
  • Pastikan ikatan sudah kuat namun tetap memberikan kenyamanan bagi pengguna sabuk tersebut
  • Bentuk ikatan sabuk taekwondo juga harus terlihat rapi

Cara mengikat sabuk Taekwondo yang disebutkan di atas merupakan proses umum yang biasanya dilakukan. Perli diingat bahwa setiap Dojang atau tempat latihan taekwondo memiliki aturan tersendiri yang bisa disesuaikan terkait cara mengikat sabuknya.

Fungsi dan Arti Sabuk Taekwondo yang Perlu Dipahami

Selain mengerti tentang cara mengikat sabuk dalam olahraga bela diri taekwondo, kamu juga harus memahami fungsi dari sabuk tersebut dengan baik. Sabuk pada olahraga taekwondo selain sebagai pengikat baju dan penahan bagian perut, juga memiliki arti pada setiap warna yang digunakan, seperti :

1. Sabuk Warna Putih

Merupakan sabuk yang digunakan untuk pemula atau mereka yang baru pertama kali memulai belajar Taekwondo. Sabuk pada tingkatan dasar ini melambangkan kepolosan dan ketidaktahuan serta kondisi suci sebagai awal atau dasar memahami taekwondo.

1 Fashion murah

2. Sabuk Warna Kuning

Sabuk ini digunakan untuk mereka yang sudah lulus pada tingkatan pertama. Cara mengikat sabuk taekwondo warna kuning sama halnya dengan ikatan sabuk warna putih. Sabuk warna kuning ini memiliki makna bumi yang digunakan untuk menanamkan dasar taekwondo.

3. Sabuk Warna Hijau

Sabuk di tingkatan ketiga dari taekwondo ini memiliki arti sebagai masa pertumbuhan dan pengembangan dari teknik dasar. Ada dua tingkatan pada sabuk warna hijau yakni polos, warna hijau strip biru.

4. Sabuk Warna Biru

Setelah sabuk hijau, atlet taekwondo akan naik menjadi sabuk warna biru yang diartikan sebagai langit luar dan tinggi tak terukur sebagai pengembangan bibit yang terus tumbuh. Sebelum berganti ketingkatan selanjutnya, sabuk biru akan berubah jadi biru dengan strip merah.

5. Sabuk Warna Merah

Sabuk warna merah polos memiliki makna sebagai matahari yang bersinar dan digunakan untuk mereka yang akan belajar mengendalikan kekuatan. Sebelum naik ke sabuk yang lebih tinggi, sabuk merah akan mengenakan sabuk dengan tambahan strip hitam.

6. Sabuk Warna Hitam

Warna hitam dalam Taekwondo merupakan lambang kedewasaan dan keberanian. Cara mengikat sabuk taekwondo warna hitam sama halnya dengan warna lainnya. Ada 9 tingkatan sabuk warna hitam yang menunjukkan kemampuan dari atlet tersebut.

Setiap sabuk taekwondo diperoleh dari pembelajaran yang dilakukan dengan tingkatan berbeda satu sama lainnya. Atlet taekwondo pasti berharap bisa terus meningkatkan kemampuannya dan mendapatkan pengakuan dari penggunaan sabuk yang ada. Mengikat dan memakai sabuk taekwondo begitu penting dan harus diperhatikan.

1 Fashion murah

FAQ | Pertanyaan Tentang Cara Mengikat Sabuk Taekwondo

Apakah semua warna sabuk taekwondo diikat dengan cara yang sama ?

Iya, semua sabuk diikat dengan cara yang sama hanya punya arti berbeda dan tingkatan dari kemampuan dalam berolahraga bela diri taekwondo.

Mengapa sabuk taekwondo harus diikat dengan benar ?

Agar sabuk tidak mudah lepas ketika dalam latihan maupun pertandingan taekwondo karena sabuk memiliki arti dan fungsi penting.

Artikel Menarik Lainnya: