Cara Mengisi Kabupaten Kota Lahir Sesuai Dengan Ijazah CPNS

Cara Mengisi Kabupaten Kota Lahir Sesuai dengan Ijazah CPNS

Cara Mengisi Kabupaten Kota Lahir Sesuai dengan Ijazah CPNS

Cara mengisi kabupaten kota lahir sesuai dengan ijazah CPNS sebetulnya ini cukup mudah. kamu tinggal memasukkan tiga huruf awal kabupaten kota lahir kamu maka akan muncul ota yang kamu maksud.

Hanya saja ada beberapa permasalahan yang terjadi ketika memasukkan kabupaten kota lahir yang terkadang sudah dan membingungkan. Namun, kamu bisa simak artikel ini sampai selesai agar mengetahui cara mengisi dengan benar.

Permasalahan Mengisi Kabupaten Kota Lahir Sesuai Ijazah CPN

Pendaftaran CPNS tahun ini dilakukan secara online melalui website resmi SSCASN 2023 di sana kita harus mengisikan data-data kita seperti halnya KTP, ijazah dan lainnya. tidak sedikit peserta mengalami kebingungan dalam mengisi data tersebut.

Misalkan saja pada bagian biodata, di sana terdapat kolom isian kota lahir yang terkadang susah dan membingungkan ada juga kolom isian tanggal lahir dan tanggal ijazah yang terkadang tertukar saat mengisinya.

Nah, sebelum cara mengisi kabupaten kota lahir sesuai dengan ijazah CPNS kamu perlu ketahui dulu permasalahan apa saja yang dihadapi saat mengisi data yang harus di masukkan. Dan berikut 3 permasalahan yang perlu kamu ketahui.

  • Pertama yaitu adalah saat mengisi tempat lahir sesuai ijazah nama kota tidak tampil atau tidak ada pilihan kota tersebut
  • Selanjutnya adalah pengisian tanggal lahir ijazah pada biodata dan tanggal ijazah pada menu formasi tidak valid
  • Dan ketiga adalah tidak mengetahui di mana keterangan tanggal ijazah pada lembar ijazah peserta

Jika kamu mengalami salah satu dari ketiga masalah di atas. Nah, kamu perlu mengetahui bagaimana cara membagikan solusi dari 3 masalah tersebut dengan langkah yang jelas. Dengan mengetahui cara mengisi kabupaten kota lahir sesuai dengan ijazah CPNS.

Cara Mengisi Kabupaten Kota Lahir dengan Ijazah CPNS

Pada kolom pengisian tempat lahir sesuai dengan ijazah ini menerapkan cara auto fill. Artinya kolom menampilkan pilihan-pilihan nama kota secara otomatis ketika kita mengetik huruf awalan nama kota/kabupaten.

Setelah tampilan nama kota yang akan di pilih maka kita hanya perlu klik pada nama kota tersebut tanpa perlu mengisinya secara lengkap. Kesulitan mengisi kota lahir ini karena belum mengerti sistem pengisian data pada website SSCASN.

Agar tidak bingung kamu bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini bagaimana cara mengisi kabupaten kota lahir dengan ijaszah CPNS, diantaranya adalah:

  • Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah buka internet browser seperti Google Chrome di laptop atau HP
  • Selanjutnya buka alamat website resmi pendaftaran CPNS 2023 di sscasn.bkn.co.id
  • Kemudian selanjutnya kamu isa klik “Buat Akun” jika belum membuat akun lalu isikan semua data KTP dan KK kamu
  • Namun jika sudah membuat akun makan silahkan login dengan NIK dan Password kamu maka kamu akan diarahkan ke halaman beranda biodata
  • Pada kolom “Kabupaten/Kota Lahir (Sesuai dengan Ijazah) atau pada kolom Tempat Lahir cukup ketikan awalan nama kabupaten/ kota kelahiran kita tidak usah mengisinya dengan lengkap melainkan ketik tiga atau empat huruf awalan
  • Maka nama kotanya akan muncul. Contoh kamu lahir di kota JAKARTA maka cukup ketikkan 3 huruf pertama saja JAK maka otomatis akan muncul nama Jakarta di bawah kolom
  • Nah, setelah nama kota muncul klik nama kota tersebut sehingga kolom pengisian aan langsung terisi
  • Dan kamu tinggal isi data lainnya sesuai dengan arahan dari website SSCASN tersebut

Demikian penjelasan mengenai cara mengisi kabupaten kota lahir sesuai dengan ijazah CPNS. Bagaimana sekarang sudah paham kan cara pengisiannya? Jika masih menemukan kendala itu mungkin server sedang error.

Biasanya setelah menulis tiga huruf tapi nama kota tidak muncul itu karena sistem sedang sibuk kamu bisa hapus chace dan lakukan ulang pengisian data tersebut hingga selesai.

Perlu dipastikan juga bahwa data yang kamu masukkan sesuai dengan ijazah yang kamu miliki sinkronnya data dengan PDdikti dan juga Dukcapil akan membantu kamu memudahkan mengisi data SSCASN.

FAQ| Pertanyaan Seputar Cara Mengisi Kabupaten Kota Lahir Sesuai dengan Ijazah CPNS

Bagaimana Jika Tempat Lahir di Ijazah tertulis nama desa dan bukan kabupaten kota?

Jika kamu mengalami hal tersebut maka kamu tetap harus mengisikan nama kabupaten atau kota pada SSCASN karena permintaan data pada SSCASN adalah nama kabupaten/kota.

Bagaimana jika kota lahir dan KTP dan Ijazah tidak sesuai atau tidak sama?

Untuk data tempat lahir sesuaikan yang di minta jika website SSCASN meminta tempat lahir sesuai KTP maka sesuai dengan KTP yang kamu miliki. Dan jika SSCASN meminta data tempat atau kota lahir sesuai Ijazah maka kamu masukkan sesuai dengan ijazah kamu.

Bagaimana format penulisan tanggal lahir di SSCASN?

Nah, selain kota lahir kamu juga perlu menuliskan tanggal lahir formatnya adalah dd-mm-yyy contohnya 20-11-1992. Kamu bisa sesuaikan tanggal sesuai KTP dan ijazah kamu.

 

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: