Cara Mengusir Burung Hantu Yang Bersarang Di Atap Rumah

Cara Mengusir Burung Hantu yang Bersarang di Atap Rumah

Cara Mengusir Burung Hantu yang Bersarang di Atap Rumah

Burung yang berada di atap rumah sering kali mengganggu, dan salah satunya adalah Burung Hantu. Cara Mengusir burung hantu yang bersarang di atap rumah tentu kamu perlukan agar tidak mendapatkan gangguan dari burung predator tersebut.

Karena hidupnya di malam hari, burung hantu yang bersarang di atap rumah tentu dapat mengagung waktu istirahat bagi pemilik rumah. Kondisi tersebut bisa terjadi karena suara yang keluar dari burung hantu bisa mengganggu manusia. Mengusir burung jadi solusi yang bisa dilakukan.

Cara Mengusir Burung Hantu yang Bersarang di Atap Rumah

Ketika burung hantu sudah bersarang di atas, cara mengusirnya tentu tidak bisa dilakukan begitu saja. Ada beberapa tahapan dan langkah yang perlu dipertimbangkan agar bisa mengusir burung hantu dari atap rumah. Berikut ini cara yang dapat kamu lakukan demi bisa mengusir burung hantu.

1. Memasang lampu putih

Atap biasanya gelap pada siang hari sehingga jadi tempat yang tepat untuk burung hantu bersarang di sarana pada saat siang. Dengan kondisi tersebut, kamu perlu menambahkan lampu pada atap rumah agar burung hantu tidak nyaman dan pergi dari atap dengan sendirinya.

Burung Hantu merupakan hewan Noctunal yang aktivitas sehari – harinya lebih banyak dilakukan di malam hari. Pada siang hari, burung hantu akan tidur dan menghindari adanya cahaya. Kondisi tersebut yang dapat dimanfaatkan dengan menambahkan cahaya agar burung hantu tidak nyaman.

2. Mengusir secara langsung burung hantu

Kamu perlu mengetahui terlebih dahulu apakah memang benar ada burung hantu yang masuk ke dalam atap rumah. Perhatikan suara yang muncul terutama di malam hari, apakah sesuai dengan ciri dari bunyi-bunyian burung hantu.

Kamu dapat mencoba untuk mengusirnya secara langsung terutama saat pagi hari ketika burung tidak aktif. Sebagai predator, burung hantu akan menyerang ketika diusik sehingga harus waspada dan hati-hati saat melakukan cara mengusir burung hantu yang bersarang di atap rumah.

3. Temukan penyebab adanya burung hantu di atap rumah

Kehadiran burung hantu di atap rumah tersebut tentu terjadi karena suatu sebab. Kamu perlu mencari tahu penyebab dari adanya burung hantu di atap rumah tersebut untuk bisa mengusirnya. Adanya banyak tikus dan ruangan yang gelap jadi alasan burung hantu bersarang di sarana.

Kamu perlu membersihkan bagian atap agar tidak lagi ada tikus sebagai mangsa dari burung hantu. Selian itu, kamu dapat menjadikan atap rumah lebih teras pada saat siang hari dengan menggunakan genteng tembus cahaya.

Lewat ketiga langkah dan cara mengusir burung hantu yang bersarang di atap rumah tersebut, kamu tidak akan lagi terganggu dengan hadirnya burung hantu. Gangguan dari burung hantu memang dapat menyebabkan kondisi kurang nyaman.

Mencegah agar Burung Hantu Tidak Bersarang di Atap Rumah

Selain memahami cara untuk dapat mengusir burung hantu yang bersarang di atap rumah, ada beberapa langkah dan upaya pencegahan yang perlu dilakukan. Berikut ini beberapa penjelasan mengenai upaya pencegahan agar burung hantu tidak bersarang di atap rumah, seperti :

1. Memastikan atap rumah punya banyak cahaya

Kamu dapat menambahkan cahaya pada atap rumah dengan memanfaatkan matahari pagi. Gunakan genteng yang transparan pada sebagian titik agar atap rumah bercahaya oleh adanya sinar matahari tersebut. Saat malam hari bantu dengan lampu putih yang terang.

2. Menutup akses ke atap rumah

Cara mengusir burung hantu yang bersarang di atap rumah ini merupakan langkah pencegahan agar hal tersebut tidak terjadi. Cara mencegahnya dengan menutup semua akses untuk bisa masuk ke bagian atap rumah. Tanpa adanya akses, burung hantu pasti tidak akan bersarang di dalamnya.

3. Memastikan tidak ada banyak tikus di atas rumah

Langkah pencegahan lainnya yang dapat kamu lakukan agar tidak ada burung hantu yang bisa masuk ke atap rumah adalah dengan membasmi tikus. Adanya tikus menjadi daya tarik tersendiri bagi burung hantu karena merupakan salah satu makanan burung hantu.

Lewat pencegahan maka cara mengusir burung hantu yang bersarang di atap rumah tidak perlu dilakukan. Pencegahan lebih baik dibandingkan harus mengusir burung hantu yang pastinya sulit dilakukan.

Risiko adanya Burung Hantu di Atap Rumah

Penjelasan terkait cara mengusir dan mencegah burung hantu masuk ke rumah dilakukan agar beragam risiko tidak lagi muncul. Bentuk risiko dari adanya burung hantu di atap rumah di antaranya seperti :

  • Mengotori bagian atap rumah
  • membuat suara yang berisik dan menganggu
  • Merusak bagian dari atap rumah

FAQ | Pertanyaan Tentang Cara Mengusir Burung Hantu yang Bersarang di Atap Rumah

Apa penyebab burung hantu bisa bersarang di dalam atap rumah ?

Penyebabnya beragam mulai dari atap rumah yang punya kondisi dan suasanya pas karena gelap maupun disebabkan oleh karena banyaknya tikus.

Apakah burung hantu yang sudah diusir bisa kembali lagi ?

Selama kondisi atap rumah nyaman dan sesuai dengan kebutuhan burung hantu, burung yang sudah diusir tetap dapat kembali ke atap rumah yang sama.

Freelancer content writer teknologi. Sangat suka dengan dunia teknologi, seperti melihat masa depan.

Artikel Menarik Lainnya: