Cara Menyalakan Lampu Keyboard Laptop HP

Ada berbagai cara menyalakan lampu keyboard laptop HP yang bisa kamu coba. Laptop HP merupakan salah satu merek yang cukup terkenal di Indonesia. Ada berbagai macam tipe laptop HP mulai dari Elitebook, Victus, Probook, dan masih banyak lagi.

Cari tahu cara menyalakan lampu keyboard laptop HP hingga kenali penyebab kenapa lampu keyboard laptop HP tidak menyala.

Ketentuan untuk Menyalakan Lampu Keyboard Laptop HP

Sebelum memahami fitur keyboard backlight, kamu harus memahami beberapa hal agar tindakan ini berhasil. Berikut ini beberapa ketentuan yang harus dilakukan pengguna laptop kalau mau menyalakan keyboard backlight.

1. Laptop Harus Terisi Daya Minimal 90%

Ketentuan pertama, pengguna laptop harus mengisi daya minimal 90% agar lampu keyboard berhasil menyala.

2. Pastikan Laptop Punya Fitur Keyboard Backlight

Selain itu, kamu juga harus memastikan laptop HP yang dimiliki memiliki fitur keyboard backlight. Tidak semua laptop HP punya fitur lampu keyboard terutama seri lama.

3. Kenali Tipe Laptop dan Tombol Keyboard

Letak keyboard backlight di setiap perangkat biasanya berbeda-beda, tombolnya bisa terletak pada F5, F12, bisa juga berbeda.

Cara Menyalakan Lampu Keyboard Laptop HP Victus 15

Bagi kamu yang memiliki laptop HP seri Victus 15, kamu bisa menyalakan perangkat ini hanya dengan tombol pintas. Keyboard Backlight pada laptop HP ini tidak bisa berganti warna karena 1 warna saja yakni putih.

Berikut cara menyalakan lampu keyboard laptop HP hanya dengan tombol pintas:

  1. Saat laptop sedang menyala, tekan tombol FN+ F4 hingga lampu laptop menyala
  2. Selain itu, kamu dapat mematikan lampu laptop dengan menekan tombol yang sama yakni FN+F4
  3. Setelah lampu keyboard menyala, kamu dapat meningkatkan kinerja pekerjaan

Cara Menyalakan Lampu Keyboard Laptop HP Pavilion

HP Pavilion merupakan salah satu seri laptop dari HP yang sangat populer. Laptop tersebut juga dilengkapi keyboard backlight yang memudahkan pengguna saat mengetik. Bagi kamu yang mau tahu cara menyalakan lampu keyboard laptop HP simak cara-caranya berikut ini.

  1. Saat laptop sedang menyala, cari tombol keyboard backlight yang ditandai dengan cahaya keyboard
  2. Tekan tombol pintasan Fn dan F5
  3. Setelah itu, keyboard backlight akan menyala
  4. Kalau mau meredupkan lampu keyboard backlight tinggal tekan 1x pada F5
  5. Untuk mematikan lampu keyboard backlight tekan F5 2x agar lampu keyboard mati

Cara Menyalakan Lampu Keyboard Laptop HP dengan F9

Selain dengan tombol F5, F4, kamu bisa mencoba menyalakan lampu keyboard dengan F9.

  1. Kalau laptop HP kamu memiliki keyboard backlight, kamu dapat menggunakan tombol F9
  2. Tekan FN+F9 untuk menyalakannya
  3. Selain itu, kamu dapat mematikan keyboard backlight dengan menekan tombol FN+F9 juga

Cara Menyalakan Lampu Keyboard Laptop HP dengan F12

Ada pun cara lainnya untuk menyalakan lampu keyboard adalah menggunakan tombol F12. Berikut ini cara menyalakan lampu keyboard laptop HP dengan F12.

  1. Kalau lampu keyboard backlight belum menyala silakan cek tombol F12, kalau terdapat lambang laptop menyala berarti tombol tersebut yang dapat digunakan
  2. Coba tekan tombol pintas kombinasi yakni FN+F12 agar lampu keyboard bisa menyala

Kenapa Lampu Keyboard Laptop HP tidak Menyala?

Sudah coba menyalakan lampu keyboard backlight pada laptop tapi tetap tidak menyala? Hal itu bisa diatasi dengan beberapa hal. Berikut ini penyebab kenapa lampu keyboard laptop HP tidak menyala?

1. Periksa Pengaturan BIOS

Kalau laptop kamu tetap tidak menyala setelah menekan tombol FN+F5, coba periksa pengaturan BIOS. Coba gunakan tombol agar mode BIOS bisa terbuka, setelah masuk ke BIOS, pilih BIOS Setup, kemudian klik BIOS Setup Utility.

Setelah itu gunakan tombol panah untuk memasuki System Configuration lalu klik Action Keys Mode kemudian klik “Enabled”.

2. Masuk ke Pengaturan Time Out

Masih lewat BIOS, kalau lampu keyboard laptop HP kamu tetap tidak menyala coba atasi dengan mengatur ulang Timeout. Pertama-tama, masuk dulu ke BIOS dengan restart lalu tekan F10 sebelum booting.

Setelah berhasil masuk ke BIOS, silakan arahkan ke opsi “Advanced” menggunakan tombol panah. Pilih menu “Built-in Device Options” lalu enter guna membuka menu. Kalau sudah, silakan klik “Backlit Keyboard Timeout” lalu tekan spasi agar pengaturan timeout terbuka.

Berikutnya klik never supaya keyboard backlight tetap menyala. Cara ini berlaku pada laptop HP yang memiliki fitur keyboard backlight.

3. Reset Pengaturan

Cara mengatasi kenapa lampu keyboard laptop HP tidak menyala adalah melakukan hard reset. Kamu bisa mencoba melepaskan baterai dari perangkat, namun cara ini hanya tersedia pada perangkat dengan baterai lepas pasang.

Kamu bisa mulai melakukan hard reboot dengan mudah guna menyelesaikan kendala pada keyboard backlight. Sebelum melakukan cara ini, pastikan beberapa komponen lain telah dilepaskan contohnya charger, kabel printer, dll.

4. Lakukan Update Windows

Jika cara sebelumnya belum berhasil, coba lakukan update windows pada perangkat. Hal ini bisa memperbaiki masalah sistem seperti adanya bug maupun malware.

FAQ: Pertanyaan Seputar Cara Menyalakan Lampu Keyboard Laptop HP

Bagaimana Cara Menyalakan Lampu Keyboard Laptop Hp?

Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu melihat letak keyboard backlight di antara F1-F12. Kalau ada tombol yang ditandai gambar keyboard menyala artinya laptop kamu memiliki fitur tersebut.

Bagaimana Cara Mengatasi Lampu Keyboard Laptop HP yang tidak Menyala?

Caranya pun mudah, kamu bisa mengatasi hal tersebut dengan cara install ulang laptop atau mengatur ulang lewat BIOS supaya bisa menyala lagi.

Kenapa Lampu Keyboard Laptop HP Tetap tidak Menyala?

Hal tersebut dapat disebabkan akibat laptop tidak punya fitur keyboard backlight atau terjadi kerusakan pada keyboard.

Artikel Menarik Lainnya: