Cara Menyambungkan Laptop Ke Proyektor Dengan Dan Tanpa Kabel

Cara Menyambungkan Laptop ke Proyektor dengan dan Tanpa Kabel

Gambar dibuat dengan Canva Pro

Bagi kalian yang ingin melakukan presentasi pada saat meeting ataupun mengajar tentu memerlukan tambahan proyektor sebagai alat pembantu kalian, selain membutuhkan alat nya kalian juga memerlukan cara agar bisa menyambungkan laptop ke proyektor yang kalian gunakan.

Lalu bagaimana cara menyambungkan laptop ke proyektor? Cara menyambungkan laptop ke proyektor dapat kalian lakukan menggunakan 2 cara, yaitu dengan menggunakan kabel dan tanpa menggunakan kabel.

Cara Menyambungkan Laptop ke Proyektor

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ada dua cara yang bisa kalian gunakan untuk menyambungkan laptop ke proyektor. Cara-cara tersebut juga terbagi menjadi beberapa cara lainnya, untuk itu mari simak penjelasan cara menyambungkan laptop ke proyektor dibawah ini.

1. Cara Menyambungkan Laptop ke Proyektor dengan Kabel

Cara pertama yang bisa kalian gunakan untuk menghubungkan laptop ke proyektor adalah menggunakan kabel, kabel penghubung yang kalian gunakan adalah kabel HDMI atau VGA. Selanjutnya kalian tinggal menghubungkan antara laptop dan proyektor kemudian lakukan setting agar terhubung.

1.1. Cara Menyambungkan Laptop ke Proyektor dengan Kabel VGA

Menyambungkan laptop ke proyektor dengan menggunakan kabel VGA dapat langsung kalian lakukan jika laptop kalian sudah tersedia colokan VGA. Berikut langkah-langkah yang bisa kalian lakukan agar bisa melakukan proses penyambungan laptop ke proyektor.

  • Langkah pertama colokan kabel VGA proyektor ke laptop yang kalian gunakan.
  • Jika laptop sudah terhubung ke proyektor silahkan buka laptop lalu tekan tombol “Windows + P”.
  • Setelah itu kalian tinggal pilih opsi “Extend” atau “Duplicate” agar kalian bisa mengatur tampilan laptop yang akan di tampilkan oleh proyektor.
  • Dan sekarang proyektor akan menampilkan apa yang ada pada layar laptop kalian.

1.2. Cara Menyambungkan Laptop ke Proyektor dengan Kabel HDMI

Cara penggunaan kabel HDMI sebagai penyambung laptop ke proyektor hanya berbeda sedikit, yaitu dalam proses penghubungan kabel. Kabel HDMI digunakan oleh kalian jika laptop yang kalian gunakan belum mendukung colokan VGA.

Jadi kalian tinggal colokan kabel HDMI ke laptop kalian, setelah itu hubungkan kabel HDMI dengan kabel VGA pada proyektor. Dan cara penghubungan selanjutnya sama persis dengan yang dilakukan pada langkah-langkah di atas.

2. Cara Menyambungkan Laptop ke Proyektor tanpa Kabel

Cara berikutnya yang bisa kalian gunakan untuk menyambung laptop ke proyektor adalah tanpa menggunakan kabel atau dengan menggunakan teknologi nirkabel seperti wifi dan Bluetooth. Cara ini bisa kalian gunakan jika proyektor yang kalian gunakan sudah dilengkapi fitur tersebut.

Cara yang bisa kalian gunakan agar dapat menghubungkan laptop ke proyektor tanpa kabel secara umum atau secara garis besar dapat kalian simak langkah-langkah nya di bawah ini.

  • Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah mengaktifkan fitur nirkabel di laptop dan proyektor. Pastikan kalian mengikuti nirkabel bawaan yang digunakan oleh proyektor.
  • Kemudian dekatkan proyektor dan laptop agar koneksi yang di hasilkan bagus dan lancar.
  • Kemudian kalian buka laptop kalian dan masuk ke menu pengaturan nirkabel yang digunakan proyektor.
  • Setelah itu hubungkan laptop dan proyektor melalui perangkat tersebut.
  • Selanjutnya kalian tinggal melakukan setting agar dapat memilih tampilan yang akan ditampilkan pada layar proyektor.

3. Cara Menyambungkan Laptop ke Proyektor Windows 10

Sebagai contoh penerapan dari kedua cara di atas kita akan aplikasikan di sini dengan menerapkan caranya pada laptop yang memakai OS windows 10. Berikut langkah-langkah penerapannya.

3.1. Dengan Kabel

Cara pertama yang akan diterapkan adalah dengan menggunakan kabel HDMI, DVI atau VGA, tergantung laptop yang kalian gunakan kalo masalah kabel. Berikut langkah-langkah penerapatnya.

  • Langkah pertama sambungkan kabel proyektor ke laptop kalian.
  • Setelah proyektor terhubung dengan laptop, silahkan nyalakan proyektor.
  • Setelah itu silahkan tekan tombol “Windows + P” pada keyboard.
  • Kemudian kalian tinggal memilih opsi “Berbagi”.
  • Selanjutnya kalian tinggal memilih pembagian layar mana yang ingin kalian bagikan ke layar proyektor.

3.2. Tanpa Kabel

Cara berikutnya yang akan kita aplikasikan di windows 10 adalah penggunaan tanpa kabel dengan menggunakan nirkabel Bluetooth. Berikut langkah-langkah yang bisa kalian lakukan agar bisa menghubungkannya.

  • Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah menyalakan laptop dan proyektor yang akan digunakan.
  • Setelah itu pastikan proyektor dan laptop masih berdekatan.
  • Kemudian aktifkan mode penyandingan Bluetooth pada proyektor, biasanya akan ada tombol khusus yang disediakan untuk pengaktifan.
  • Kemudian sambungkan laptop dengan proyektor menggunakan Bluetooth.
  • Setelah proyektor terhubung dengan laptop yang kalian gunakan, silahkan kalian tekan tombol “Windows + P” pada keyboard.
  • Setelah itu akan muncul beberapa opsi berbagi layar yang bisa kalian pilih, kalian tinggal memilih pembagian layar seperti apa yang kalian inginkan.

FAQ | Pertanyaan Tentang (Cara Menyambungkan Laptop ke Proyektor)

Bagaimana Cara Menyambungkan Laptop ke Proyektor?

Cara menyambung laptop ke proyektor dapat kalian lakukan menggunakan 2 cara, yaitu dengan menggunakan kabel dan tanpa menggunakan kabel.

Bagaimana Cara Menggunakan Kabel HDMI?

Cara penggunaan kabel HDMI sebagai penyambung laptop ke proyektor hanya berbeda sedikit, yaitu dalam proses penghubungan kabel. Kabel HDMI digunakan oleh kalian jika laptop yang kalian gunakan belum mendukung colokan VGA.
Jadi kalian tinggal colokan kabel HDMI ke laptop kalian, setelah itu hubungkan kabel HDMI dengan kabel VGA pada proyektor.

Jaringan Nirkabel Apa yang Digunakan Nirkabel Bawaan Proyektor?

Cara berikutnya yang bisa kalian gunakan untuk menyambung laptop ke proyektor adalah tanpa menggunakan kabel atau dengan menggunakan teknologi nirkabel seperti wifi dan Bluetooth.

Seorang mahasiswa, nyambi freelance content writer. Suka dengan dunia teknologi dan gaming. Terimakasih sudah mau membaca tulisan sederhana saya di blog ini.

Artikel Menarik Lainnya: