Cara Merawat Kaktus Sukulen Agar Sehat dan Tidak Busuk

Habitat dari kaktus sukulen ini sebagian besar di gurun oleh karena itu, mereka akan tumbuh paling baik dalam banyak cahaya, drainase yang baik, suhu tinggi dan kelembaban rendah.

1 Fashion murah

Lantas bagaimana cara merawat kaktus sukulen agar tumbuh dengan baik berikut tim Mustakim Media akan menjelaskan bagaimana cara lengkapnya. Simak sampai akhir ya!

fashion muslim murah

Cara Merawat Kaktus Sukulen

Nah, bagi kamu yang belum mengetahui cara merawat kaktus sukulen. Begini cara yang bisa kamu ikuti untuk merawat kaktus sukulen agar tumbuh dengan baik, diantaranya adalah:

1. Cahaya, Suhu dan Ventilasi yang Baik

Cara merawat kaktus sukulen yang pertama kamu perlu memperhatikan cahaya, suhu dan ventilasi. Kaktus dan sukulen tumbuh subur dengan cahaya yang baik dan menempatkan di tempat yang terang.

Dengan posisi menghadap selatan akan memberikan sinar matahari yang baik. cahaya optimal tergantung kaktus dan sukulen yang di tanam.

Misal Epirit yang tumbuh di hutan, Rhipsalis, membutuhkan semi-naungan dan Echeveria membutuhkan cahaya terang.

1 Fashion murah

3. Kompos yang Seimbang

Nah, selanjutnya cara merawat kaktus sukulen yaitu pengaturan kompos yang baik. Kompos yang dapat dikeringkan dengan bebas seperti kaktus westland dan campuran pot sukulen adalah kompos yang baik digunakan.

Karena ditambahkan pasir dan drainase yang optimal. Hal itu juga mengandung tingkat nutrisi yang tepat untuk kaktus dan sukulen kamu.

4. Penyiraman dan pemberian Makan

Cara merawat selanjutnya adalah pemberian nutrisi bahwa kaktus dan sukulen membutuhkan sedikit air itu merupakan pemahaman yang salah. Penyiraman adalah bagian penting untuk seberapa baik kaktus dan sukulen tumbuh.

Dan pengairan yang berlebihan akan menghambat pertumbuhan, tetapi pengairan yang kurang akan menyebabkan masalah.

5. Menyiram tanah Secara Langsung

Saat menyiram kaktus dan sukulen kamu perlu menyiram tanah secara langsung sampai air keluar dari lubang drainase. Jangan gunakan botol semprot untuk menyirami sukulen, gerimis dapat menyebabkan akar rapuh dan daun berjamur.

6. Singkirkan dari Serangga

Yang tidak bisa diabaikan dari cara merawat kaktus sukulen adalah menyingkirkan dari serangga kamu bisa menyemprot telur dan larva dengan menyemprot tanah dengan alkohol isopropil 70 persen.

1 Fashion murah

Kutu putih adalah hama yang harus dihadapi pemilik sukulen. Kamu bisa pindahkan tanaman yang terinfeksi hama dan semprot dengan 70% isopropil alkohol.

7. Pupuk Succulent di Musim Panas

Cara merawat kaktus sukulen yang terakhir ialah memperhatikan pupuknya. Tanaman sukulen tidak membutuhkan banyak pupuk, tetapi kamu dapat memberi mereka makan ringan selama masa semi dan musim panas.

Dan berhatilah agar tidak bisa menyebabkan sukulen tumbuh terlalu cepat dan menjadi lemah.

8. Hindari Wadah Kaca dan Tidak Memiliki Lubang Drainase

Wadah kaca umumnya yang bukan solusi pot jangka panjang yang bagus untuk sukulen dan kaktus  mereka tidak suka duduk di tanah yang basah, jadi toples kaca atau terarium.

Yang tidak memiliki tempat untuk mengalirkan air, tidak akan membuat sukulen tumbuh dengan baik karena akan menyebabkan sirkulasi udara kurang karena menjaga kesehatan akar dan juga batang dan daun yang sehat.

Cara Menyiram Kaktus Sukulen Agar Tidak Busuk

Nah, setelah mengetahui cara merawat kaktus sukulen kamu juga perlu mengetahui bagaimana cara menyiram kaktus dan sukulen agar tidak membusuk, berikut penjelasan lengkapnya:

1 Fashion murah

1. Kenali frekuensi penyiraman yang tepat

Sebelum menyiram kaktus dan sukulen setiap 10 hari sekali tapi kamu juga perlu memperhatikan beberapa faktor berikut ini untuk mengetahui kapan sebaiknya tanaman kaktus dan sukulen harus di siram.

Kamu harus kenali terhadap lingkungan, suhu, serta kesehatan dari tanaman, tingkat cahaya.

2. Perhatikan kekeringan media tanah

Menyiram tanaman kaktus dan sukulen ketika tanah dalam kondisi kering adalah cara terbaik untuk menentukan waktu penyiraman. Kamu bisa cek dengan jari kedalaman 2 inci  atau alat kelembaban.

3. Jangan terlalu banyak air

Ketika menyiram tanaman pastikan ia basah kuyup dan semua bagiannya terkena air berhenti menyiram setelah melihat air keluar dari dasar pot.

4. Perhatikan bagian yang disiram

Perlu ketahui juga bahwa kaktus dan sukulen tidak minum air melalui daun sehingga bagian daun tidak perlu banyak terkena air. Namun, air hanya berfungsi untuk menghilangkan hama putih saja.

Nah, itulah cara penyiraman kaktus dan sukulen yang baik dan benar pastikan kamu menyiramnya tidak terlalu banyak dan sering tapi pastikan dulu kelembaban tanah dan juga kebutuhan airnya sebelum menyiram.

1 Fashion murah

FAQ| Pertanyaan Seputar Cara Merawat Kaktus Sukulen

Apakah kaktus dan sukulen harus disiram setiap hari?

Tidak perlu jika kelembaban tanah masih bagus.

Apakah kaktus dan sukulen perlu sinar matahari?

Perlu kamu ketahui bahwa tanaman kaktus dan sukulen ini memerlukan cahaya sinar matahari jadi meski di simpan di dalam ruangan pastikan sesekali terkena sinar matahari agar tanaman kaktus sukulen ini bisa tumbuh dengan baik.

Artikel Menarik Lainnya: