Cara Meredupkan Layar Laptop Dalam 3 Detik Dengan Mudah

Cara Meredupkan Layar Laptop Dalam 3 Detik dengan Mudah

Gambar dibuat dengan Canva Pro

Cara meredupkan layar laptop sangat mudah dan penting dipahami agar kamu lebih nyaman ketika bekerja atau belajar. Kamu dapat meredupkan layar laptop menggunakan keyboard shortcut maupun pengaturan.

Bagi yang belum memahami caranya, simak cara meredupkan layar laptop pada windows 10 dengan keyboard atau setting serta informasi lainnya.

Cara Meredupkan Layar Laptop Windows 10

Pada windows 10 sudah ada fitur mobility center serta action center. Keduanya dapat dimanfaatkan untuk mengatur kecerahan layar. Jika sudah paham caranya, kamu bisa lebih nyaman menonton film, belajar, atau bekerja menggunakan perangkat yang satu ini.

Bagaimana cara meredupkan layar laptop khusus sistem OS Windows 10?

1. Tekan Windows+A

Cara yang pertama adalah membuka action center dengan menekan tombol “windows” dan huruf A secara bersamaan. Jika sudah, kamu akan melihat beberapa menu yang muncul. Di bagian Action Center, kamu akan melihat pengaturan brightness atau kecerahan.

Cara meredupkan layar laptop lewat action center sangat mudah, gunakan touchpad atau mouse untuk menggeser slide ke arah kiri. Setelah itu, secara otomatis layar akan redup dan tidak akan menyebabkan mata cepat lelah.

2. Tekan Windows+X

Windows 10 sudah dilengkapi fitur mobility center yang bisa digunakan untuk menurunkan kecerahan layar laptop. Cara ini dapat kamu terapkan ketika menggunakan laptop Acer, HP, ASUS, Lenovo, dan jenis lainnya.

Cara membuka mobility center sangat mudah yakni dengan menekan keyboard “Windows” dan huruf X. Setelah itu pilih “mobility center” lalu seret slide display brightness ke sebelah kiri agar layar laptop lebih teduh.

3. Tekan Keyboard Windows+I

Cara meredupkan layar laptop benar-benar mudah, selain menggunakan windows+A dan windows+X, coba gunakan windows+I. Ketika kamu menekan tombol windows+ huruf I secara bersamaan kamu akan melihat menu pengaturan.

Di bagian menu pengaturan, pilih system atau langsung klik “display” setelah itu klik brightness yang paling atas. Geser garis ke arah kiri guna menurunkan kecerahan pada layar. Kalau kecerahan menurun, biasanya konsumsi baterai jadi lebih hemat.

4. Klik Kanan pada Desktop

Cara mudah dan cepat mengatur kecerahan layar laptop di semua merek adalah menggunakan mouse, simak petunjuk lengkapnya berikut ini.

  • Buka halaman desktop untuk mengatur kecerahan dengan mouse
  • Caranya sangat mudah tinggal klik kanan lalu pilih “Display Setting”
  • Kemudian atur kecerahan sesuai kebutuhan

Cara Mengatur Kecerahan Layar Komputer dengan Keyboard

Selain mengandalkan tombol FN, mengatur kecerahan layar juga bisa menggunakan tombol FN. Umumnya tombol FN digabungkan dengan tombol brightness yang biasa ditandai gambar matahari.

Di setiap laptop, letak tombol brightness berbeda-beda ada yang F2, F3, F4, dan F5. Tetapi ada juga yang diletakkan di tombol panah atau arah seperti pada laptop Acer.

Kalau mau menggunakan tombol Fn dan tombol brightness, berikut ini contoh kombinasi tombol berdasarkan merek laptop. 

  1. FN dan Tombol Panah Atas/Bawah           (Laptop Dell)
  2. FN dan Tombol Arah Kiri/Kanan                 (Laptop Acer)
  3. FN + F1/F2          (Laptop Universal)
  4. FN + F2/F3          (Laptop HP)
  5. FN + F4/F5          (Laptop ASUS)
  6. FN + F6/F7          (Laptop Thosiba)
  7. FN + F8/F9          (Laptop Axioo)
  8. FN + F11/F12      (Laptop Lenovo)

Cara Meredupkan Layar Laptop Windows 7

Bagi kamu yang masih aktif menggunakan windows 7 dan belum tahu cara mengatur kecerahan, simak cara meredupkan layar laptop berikut ini.

1. Gunakan Power Action Windows 7

  • Klik power options atau di bagian baterai
  • Setelah itu pilih “Adjust Screen Brightness”
  • Klik slider brightness kemudian geser ke kiri (untuk mengurangi kecerahan) dan geser ke kanan (untuk menambah kecerahan)
  • Atur kecerahan layar sesuai kebutuhan

2. Turunkan Kecerahan dengan Graphics Properties

  • Untuk menurunkan kecerahan, silakan klik kanan di windows
  • Klik menu Graphics Properties
  • Pilih basic mode kemudian klik “OK”
  • Pilih Color Enhancement
  • Kamu akan melihat baris pengaturan cahaya silakan geser garis brightness ke sebelah kiri
  • Terakhir klik Apply

3. Atur Layar Menjadi Redup dengan Generic PnP

  • Aktifkan laptop kemudian tekan tombol windows plus R
  • Kalau sudah muncul tampilan “Run” coba ketik devmgmt.msc
  • Akses device manager
  • Temukan monitor kemudian klik kanan
  • Pilih opsi generic PnP
  • Restart perangkat
  • Jika sudah nanti setting brightness aktif lalu atur kecerahan perangkat

Fungsi Meredupkan Layar Laptop

Kecerahan layar laptop sangat berpengaruh pada kesehatan mata. Gunakan perangkat dengan kecerahan yang normal supaya mata tidak cepat lelah. Berikut ini sejumlah manfaat kalau kamu menurunkan kecerahan layar laptop.

1. Hemat Baterai

Kalau kamu menggunakan laptop di ruangan dengan cahaya yang terang sebaiknya turunkan kecerahan hingga hingga ke 0% supaya hemat baterai. Tingkatkan kecerahan kalau kamu menggunakan perangkat di luar ruangan dan siang hari.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Idealnya, perangkat laptop memiliki kecerahan 10% di dalam ruangan dan 50% di luar ruangan. Dengan pengaturan ini mata kamu tidak akan cepat lelah meski melihat laptop berjam-jam.

FAQ: Pertanyaan Seputar Cara Meredupkan Layar Laptop

Bisakah Meredupkan Layar Laptop dengan Aplikasi Pihak Ketiga?

Bisa, kamu dapat menggunakan aplikasi Win10, ClickMonitorDDC, Gamma Panel, ScreenBright, dan F.lux. Gunakan salah satu aplikasi tersebut untuk mencerahkan atau menurunkan kecerahan pada layar.

Apakah Cara Meredupkan Layar Laptop dapat Digunakan pada Komputer?

Kamu bisa mengatur kecerahan melalui pengaturan windows. Kalau menggunakan sistem operasi Windows maka cara-caranya sama. Kamu bisa ke pengaturan, power action, mobility center, dll.

Kenapa Meredupkan Layar Laptop Gagal Dilakukan?

Hal itu dapat disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya terjadi kerusakan pada VGA atau software driver. Perbarui driver terlebih dahulu untuk mengatasi terjadinya masalah pada saat meningkatkan kecerahan.

Content writer teknologi yang sudah mulai menulis sejak tahun 2017. Terimakasih sudah membaca tulisan saya di sini. Jangan lupa share!

Artikel Menarik Lainnya: