11 Cara Merestart Laptop Lenovo, ASUS, Acer, HP dengan Tombol

Cara merestart laptop sangat mudah salah satunya bisa menggunakan keyboard. Petunjuk yang akan dijelaskan melalui artikel ini dapat diterapkan ke semua merek handphone hingga semua versi windows.

Restart pada perangkat laptop sangat penting salah satunya untuk mendeteksi kerusakan hardware pada perangkat. Kamu harus memahami cara merestart laptop apalagi kalau perangkat sudah sering nge-lag.

Pentingnya Merestart Laptop

Restart laptop merupakan salah satu bentuk perawatan sederhana pada perangkat supaya tidak cepat rusak. Berikut ini beberapa alasan kenapa perangkat kamu wajib di restart minimal 1x per minggu.

1. Mengatasi Error pada Perangkat

Restart laptop sangat berguna untuk mengatasi masalah pada laptop. Biasanya, kalau perangkat digunakan terus menerus bisa menimbulkan penumpukan komputasi. Hal ini bisa berpengaruh pada RAM dan sistem lainnya.

Oleh sebab itu, restart merupakan solusi tepat untuk mengatasi agar perangkat tidak mengalami error. Jika jarang di restart biasanya perangkat berisiko mengalami masalah bug yang membuat aplikasi gagal dimuat.

2. Meningkatkan Performa Sistem

Untuk kamu yang sering menggunakan laptop guna menunjang kebutuhan pekerjaan maupun pendidikan pastikan sering di restart supaya performa sistem meningkat. Ketika membuka aplikasi tidak pernah loading dan bisa membuka beberapa software secara bersamaan.

3. Memperbaiki Error pada Software

Ketika perangkat jarang di restart biasanya dapat menyebabkan software sulit dibuka. Apalagi kalau ada masalah virus serta gangguan lainnya. Hal itu dapat diatasi dengan sangat mudah menggunakan restart.

4. Dapat Mengatasi Koneksi yang Bermasalah

Jika terjadi masalah pada sistem koneksi internet, coba lakukan restart untuk memperbaikinya. Setelah diperbaiki, kamu dapat menghubungikan wifi ke perangkat tanpa masalah apa pun.

Cara Merestart Laptop dengan Keyboard

Salah satu cara paling sederhana untuk restart perangkat adalah menggunakan tombol keyboard. Biasanya, ada kombinasi tombol keyboard yang harus digunakan agar laptop bisa di restart. Kamu bisa menggunakan cara berikut untuk semua merek laptop dan semua versi windows.

Simak cara merestart laptop dengan keyboard kombinasi berikut ini:

1. Gunakan Alt+4

Cara pertama yang dapat kamu coba adalah menggunakan tombol ALT+F4. Kamu dapat menerapkan langkah-langkah ini pada perangkat dengan windows versi 7 atau lebih. Simak cara merestart laptop mudah dan pasti berhasil.

  • Tekan tombol ALT+F4 secara bersamaan pada saat laptop sedang menyala
  • Pilih menu restart pada perangkat kemudian tekan enter
  • Tunggu proses restart kemudian laptop akan menyala kembali

2. Tekan Tombol Ctrl+Alt+Del

Pengguna windows XP ke atas dapat menggunakan tombol lain untuk merestart perangkat laptop, simak panduannya:

  • Ketika laptop masih aktif silakan tekan tombol Ctrl+Alt+Del setelah itu akan muncul tombol biru
  • Pilih task manager
  • Kemudian pilih restart pada menu power
  • Tunggu proses restart selesai

3. Coba Gunakan Alt

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan tombol Alt dengan cara yang berbeda. Simak cara merestart laptop dengan tombol Alt.

  • Lakukan restart saat perangkat sedang menyala, kemudian tekan keyboard Alt+F4+R
  • Perhatikan petunjukknya, lalu pilih opsi restart setelah itu tunggu hingga prosesnya selesai

4. Restart dengan Tombol Windows

Selanjutnya, coba juga tekan tombol windows untuk restart perangkat. Coba cara merestart dengan tombol windows berikut ini:

  • Untuk restart laptop Lenovo, ASUS, Acer, atau merek lainnya coba tekan tombol windows+X
  • Klik tanda panah di bagian shutdown or sign out
  • Pilih restart yang paling bawah kemudian tunggu hingga prosesnya selesai

5. Tekan Tombol Power

Jika laptop mengalami nge-freeze, kamu bisa melakukan force restart dengan cara menekan  tekan dan tahan tombol power.

Cara Merestart Laptop Windows 7, 10, 11 Lewat Menu Start

Selain menggunakan kombinasi tombol keyboard, kamu juga dapat menggunakan menu start untuk memulai ulang perangkat. Berikut cara merestart laptop melalui menu start:

  1. Ketika laptop kamu mulai mengalami gangguan hingga kinerjanya lambat coba masuk ke menu start
  2. Klik opsi power kemudian pilih “restart”
  3. Tunggu hingga proses restart selesai lalu laptop akan aktif kembali kemudian dapat digunakan dengan nyaman

Cara Merestart Laptop Seperti Baru dengan Command Prompt

Selain menggunakan tombol kombinasi dan menu start, memulai ulang laptop bisa dibantu dengan command prompt. Bagi kamu yang belum tahu langkah-langkahnya, pahami cara merestart laptop dengan command prompt berikut ini:

  1. Restart melalui command prompt sangat mudah caranya tekan tombol windows+R
  2. Ketik “CMD” pada kolom yang muncul kemudian tekan enter
  3. Pada bagian C:\WINDOWS\ ketik Shutdown/r. kemudian laptop akan restart secara otomatis

FAQ: Pertanyaan Seputar Cara Merestart Laptop

Apa Bedanya Restart dan Reset pada Laptop?

Bagi kamu yang sering mendengar istilah reset dan restart, keduanya berbeda. Kalau restart hanya memulai ulang tanpa menghapus data cache maupun sampah. Meski begitu restart sudah efektif untuk memperbaiki kinerja perangkat. Sedangkan reset biasanya mengapus semua data termasuk virus dan cache di laptop.

Apa Saja Syarat Melakukan Restart Laptop?

Laptop harus dalam keadaan menyala dan semua software sudah ditutup. Pastikan tidak ada aplikasi atau software yang sedang berjalan. Prosesnya akan lebih cepat, aman, dan pasti berhasil. Selain itu, koneksi internet menyala atau pun tidak, itu tidak akan menjadi masalah.

Apakah Restart Menghapus Semua Data di Laptop?

Tidak akan, data pekerjaan dan semua data penting lainnya tetap tersimpan di hardisk internal maupun eksternal. Oleh sebab itu, banyak pengguna laptop memilih sering restart untuk memperbaiki performa pada perangkat.

Berapa Lama Proses Restart Laptop?

Proses restart perangkat sangat cepat, pada windows 7, 10, 11, maupun versi lainnya hanya membutuhkan waktu 20 detik saja. Setelah itu, perangkat akan kembali menyala secara otomatis dan memiliki performa yang lebih baik.

Artikel Menarik Lainnya: