Cara Mereview Artikel Dengan Cepat Dan Contohnya

Cara Mereview Artikel dengan Cepat dan Contohnya

Bagi kamu yang masih bingung belum tahu bagaimana cara mereview artikel sebaiknya kamu simak dulu artikel ini sampai selesai karena tim Mustakim Media akan menjelaskan secara lengkap bagaimana caranya secara lengkap.

Akan kami jelaskan terlebih dahulu pengertian, tujuan, cara meview artikel, juga contoh review artikel yang baik dan benar. Yuk, simak sampai akhir ya!

Pengertian Riview Artikel

Cara Mereview Artikel

Jadi, review artikel ini merupakan salah satu kegiatan penilaian mengenai potensi atau limitasi serta pokok kebahasaan dari suatu artikel. Review artikel ini dapat memberikan pembaca penjelasan, investigasi dan klarifikasi tentang pentingnya suatu artikel yang di review.

Dan tentunya mereview memerlukan kejelian membaca sehingga penulis akhirnya mampu menyatakan argumen penelitiannya tentang pokok bahasan yang ada pada artikel.

Tak jauh berbeda dengan mengevaluasi suatu artikel. Kegiatan evaluasi dimaksudkan bahwa reviewer yaitu orang yang menulis review artikel, harus mampu menjelaskan kualitas, kelengkapan pada suatu artikel yang di reviewnya.

Tak hanya itu, reviewnya juga wajib memberikan komentar, saran serta rekomendasi keapda pembaca mengenai artikel yang diriview.

Tujuan Review Artikel

Nah, sebelum ke bagaimana cara mereview artikel kamu juga perlu ketahui apa saja yang menjadi tujuan dari review artikel.

Jadi, review artikel ini memiliki tujuannya sangat membantu orang-orang khususnya akademisi untuk lebih mendapat poin penelitian dari suatu artikel.

Salah satu pentingnya aktivitas mereview artikel adalah mampu memberikan kesempatan pada viewer untuk membagikan apa yang baru saja di dapatkan dari suatu artikel.

Manfaat Meriview Artikel

Selain tujuannya tentunya mereview artikel ini memiliki beberapa manfaat yang perlu kamu pahami dan berikut beberapa penjelasan mengenai manfaat meriview artikel, diantaranya adalah:

  • Kegiatan review artikel bisa menguji pemahaman penulis tentang topik dalam suatu artikel tersebut
  • Selanjutnya hasil review artikel bisa menjadi rujukan awal pembaca dalam setiap penelitian yang akan dilakukannya
  • Memungkinkan pembaca untuk memahami penelitian serta perspektif orang lain mengenai suatu topik dari artikel tanpa adanya bias pribadi
  • Mampu meningkatkan kemampuan tata bahasa dari reviwer
  • Membantu meningkatkan pemahaman reviewer mengenai suatu topik penelitian, utamanya pada artikel yang sedang direview

Cara Mereview Artikel

Nah, setelah kamu memahami pengertian, manfaat dan tujuannya sekarang mari kita bahas bagaimana cara mereview artikel yang baik dan benar. Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

1. Bacalah Artikel Secara Mendalam dan Holistik

Penulisan artikel seringkali menggunakan bahasa ilmiah yang sulit dipahami. Oleh karena itu, penting sekali bagi kamu untuk bisa membaca keseluruhan artikel secara teliti.

Selain membaca artikel secara holistik kamu juga bisa menggaris bawahi kalimat-kalimat penting atau argumen penting.

2. Tulis Identitas Artikel

Selanjutnya jangan lupa pahami abhwa identitas artikel membuat nama penulis artikel judul asrtikel, tempat publikasi, nomor volume, jumlah halaman hal-hal penting harus di tulis untuk memudahkan penulisan dalam daftar pustaka.

3. Tulis Ringkasan Isi Artikel

Selanjutnya sisi artikel biasanya akan memuat latar belakang, metode penelitian, tinjauan pustaka, teori yang digunakan untuk menganalisa hasil penelitian. Contoh review artikel yang baik biasanya akan dimulai dengan membahas hal-hal di atas.

Cukup buat satu atau tiga paragraf saja tergantung panjangnya dan walaupun singkat ringkasan artikel harus mampu menjelaskan detail tentang artikel tersebut.

4. Tuliskan Gagasan atau Argumen Pribadi kamu Tentang Artikel

Setelah menuliskan ringkasan mengenai isi artikel pada paragraf pembuka, kamu bisa memberikan gagasan atau argumen pribadi mengenai artikel yang sudah kamu baca tersebut.

Di tahap ini kamu bisa memberikan atau menambahkan pemahaman mengenai isi artikel, saran atau rekomendasi yang kamu miliki .

5. Tulislah Kesimpulan

Setelah menuliskan argumen pribadi selanjutnya kamu perlu menulis kesimpulan hasil review juga boleh berupa pemahaman atau pun pendapat umum mengenai isi artikel yang kkamu review tersebut.

6. Periksalah Kembali Hasil Review

Jika sudah berhasil mereview kamu bisa periksa kembali hasil review yang kamu tulis hal ini bertujuan untuk mencari kesalahan penulisan maupun kesalahan lainnya yang mungkin terlewat. Atau juga kamu bisa memeriksa perspektif baru dalam melihat hasil review artikel yang kamu susun.

Contoh Struktur Review Artikel

Nah, kamu yang masih bingung bisa ikuti struktur review artikel sederhana di bawah ini.

1. Judul

Cukup di pindah atau tulis ulang judul artikel terkait.

2. Identitas Artikel

Idenntitas ini berisi nama artikel jurnal, issue, volume, tahun terbit, halaman, serta DOI (tujuannya agar kita bisa terbiasa merujuk artikel yang berkualitas).

3. Author

Diperlukan untuk kita mengetahui spesifikasi/bidang dan penulis.

4. Abstract

Rangkum abstrack sesuai dengan hasil pemahaman kamu. Pastikan untuk menulis ulang hal-hal yang telah di deskripsikan oleh penulis.

5. Pendahuluan

Baca 2-3 paragraf terakhir pada bagian ini biasanya penulis akan menggambarkan gap research dari penelitian dan upaya-upaya yang direncanakan akan dilakukan dengan metode selanjutnya.

6. Literatur Review

Bagian ini sering terselubung jika tidak ada bagian yang harus di tulis perhatikan saja setiap kalimat pertama di paragraf pendahuluan.

7. Metode penelitian

Perhatikan paragraf di bagian metode kamu bisa masukan bagian metode dengan membedakan jenis penelitian, pendekatan penelitian, tehnik penelitian, tehnik analisis data, dan gambaran umum hipotesis yang akan dibuktikan.

8. Hasil/pembahasan

Di bagian ini perhatikan jumlah section dengan jumlah tujuan penelitian atau tidak. Dan pastikan dua paragraf terakhir perlu dibaca agar mendapat kesimoulan dari temuan dari teori yang dipakai untuk membuktikan.

9. Kesimpulan

Simpulkan apa yang kamu dapatkan dari artikel tersebut dan jelaskan secara singkat, padat dan jelas.

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai cara mereview artikel mulai dari pengertian hingga ara penulisannya semoga bermanfaat.

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: