Cara Mudah Membuat HP Android jadi CCTV (Mudah)

Membuat HP Android jadi CCTV bisa dilakukan dengan mudah dan sederhana. Banyak yang penasaran dengan bagaimana cara membuat HP Android jadi CCTV secara mudah dan tak ribet.

Proses membuat HP Android jadi kamera CCTV yang fungsional itu bisa dilakukan dengan sangat mudah. Melalui penggunaan aplikasi yang tepat, proses bikin HP Android jadi CCTV pasti akan berlangsung dengan mudah.

Membuat HP Android jadi CCTV dengan IP Webcam

Jika mau membuat HP Android jadi CCTV bisa menggunakan aplikasi IP Webcam. IP Webcam adalah aplikasi yang bisa dimanfaatkan langsung untuk mengubah kamera HP Android jadi CCTV untuk memantau banyak hal.

Banyak yang menggunakan aplikasi IP Webcam sebagai sarana memantau rumah dan lingkungan sekitar. Semuanya bisa dilakukan dengan sangat sederhana. Berikut ini adalah cara mudah membuat HP Android jadi CCTV bisa menggunakan aplikasi IP Webcam.

1. Download dan Install IP Webcam

Langkah awal untuk memulai semuanya adalah download aplikasi IP Webcam. Aplikasi ini bisa diunduh di Playstore. Setelah melakukan proses pengunduhan, maka langsung install aplikasi IP Webcam ke HP Android.

2. Setting Dulu Aplikasi IP Webcam

Setelah menambahkan aplikasi IP Webcam ke HP Android, maka langsung tuju menu pengaturan. Lakukan setting awal terlebih dulu pada aplikasi IP Webcam di HP Android yang akan dijadikan sebagai kamera CCTV di rumah.

3. Buat Akun Dulu

Dalam penggunaan aplikasi IP Webcam, semua user wajib membuat akun terlebih dulu. Proses bikin akun sangat cepat. Setelah buat akun, maka proses berikutnya bisa langsung dilakukan yakni pengaturan server.

4. Start Server Utama

Pada menu IP Webcam, klik langsung start server. Setelah start server kamera akan langsung berfungsi untuk merekam. Di layar akan muncul IP Adress. Nantinya, alamat IP Adress yang muncul di layar akan dihubungkan dengan perangkat kedua.

5. Koneksikan HP dengan Perangkat Lain

Setelah server siap, maka langsung tuju media player VLC di HP atau perangkat kedua. Kemudian tuliskan alamat server di HP pertama secara tepat. Nantinya HP yang dijadikan kamera utama akan langsung terhubung dengan perangkat kedua yang berfungsi sebagai monitor.

Tips Menggunakan Aplikasi IP Webcam

Ada beberapa tips dalam memudahkan proses penggunaan aplikasi IP Webcam dalam membuat HP Android jadi CCTV. Tips yang ada ini bisa dimanfaatkan untuk memudahkan sekaligus melancarkan proses membuat HP Android jadi CCTV.

Jika mau lancar, semua tips yang ada perlu diterapka dengan baik. Berikut ini sejumlah tips penting agar proses mengubah HP Android jadi CCTV bisa berjalan degan lancar.

1. Siapkan Minimal 2 HP Android

Penggunaan aplikasi IP Webcam ini bisa berjalan lancar kalau ada 2 HP Android yang disiapkan. Satu HP akan menjadi kamera utama, satunya lagi bertugas sebagai monitor. Selain pakai HP lain, laptop juga bisa difungsikan. Semakin banyak perangkat, maka semakin baik.

2. Pastikan Koneksi Internet Lancar

APlikasi IP Webcam ini memang membutuhkan koneksi internet yang lancar. Jadi, pastikan bahwa HP Android yang dijadikan sebagai kamera utama di rumah terkoneksi dengan internet yang stabil seperti WIFI. Pastikan juga bahwa koneksi antara dua perangkat itu berada dalam satu jaringan.

3. Buat Server yang Tepat

Dalam proses pengaturan atau setting di awal, pengguna harus bisa membuat server yang tepat. Server di IP Webcam bisa berjumlah lebih dari satu. Semuanya bergantung kepada jumlah HP atau gadget yang dipakai dan koneksi internetnya.

4. Siapkan Tempat untuk HP yang Digunakan Sebagai CCTV

Mempersiapkan tempat untuk HP yang digunakan sebagai kamera CCTV di rumah itu juga penting. Siapkanlah tempat yang aman dan tepat untuk menaruh HP Android yang dijadikan sebagai kamera CCTV utama.

Demikianlah tadi ulasan mengenai cara mudah membuat HP Android jadi CCTV bisa menggunakan aplikasi IP Webcam. Penggunaan aplikasi IP Webcam ini bisa dilakukan dengan sangat mudah. Dengan semua cara mudah yang ada ini, proses membuat HP Android jadi CCTV sederhana akan berjalan dengan lancar.

Artikel Menarik Lainnya: