Cara Ngeblok Tulisan di Laptop Lewat Mouse & Keyboard

Cara ngeblok tulisan di laptop dapat dengan mudah kamu lakukan menggunakan mouse. Tapi tahukan kamu? Ngeblok tulisan di laptop juga bisa kamu lakukan menggunakan keyboard, cara ini dapat dilakukan menggunakan kombinasi tombol yang ada di keyboard.

1 Fashion murah

Cara ngeblok tulisan di laptop dilakukan agar kamu bisa melakukan seleksi teks atau bisa untuk disalin, dihapus atau di edit. Banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk ngeblok tulisan di laptop.

fashion muslim murah

Cara Ngeblok Tulisan di Laptop

Cara ngeblok tulisan di laptop dapat kamu simak dengan membaca penjelasan di bawah ini yang mengutip dari dasar-dasar pengetikan dan editing yang diterbitkan Universitas Pendidikan Indonesia.

1. Mouse

Cara ngeblok tulisan di laptop ini mudah mungkin sudah banyak kalian ketahui, yaitu dengan cara klik “kiri” kemudian drag. Cara ini mungkin cara yang umum digunakan dan paling banyak diketahui.

Selain cara itu masih banyak cara yang dapat di lakukan mouse untuk memblok tulisan di laptop. Di antaranya sebagai beriikut.

  1. Klik “Kiri” dua kali pada mouse untuk blok satu kata.
  2. Tekan CTRL + klik “kiri” pada mouse untuk blok satu kalimat.
  3. Mengarahkan kursor ke ujung tulisan hingga memunculkan tanda panah dan lakukan klik “kiri” pada baris yang ingin di blok, cara ini dilakukan untuk blok satu baris.
  4. Mengarahkan kursor ke ujung tulisan hingga memunculkan tanda panah dan tekan “Shift” + klik “kanan” + drag ke bawah untuk blok beberapa baris.
  5. Mengarahkan kursor ke ujung tulisan hingga memunculkan tanda panah dan klik “kiri” dua kali untuk ngeblok semua teks.

2. Keyboard

Selain menggunakan mouse, kamu juga bisa melakukan blok teks hanya menggunakan keyboard, kamu bisa mengkombinasikan beberapa tombol di keyboard untuk melakukan blok.

1 Fashion murah

Macam-macam tombol yang digunakan untuk kombinasi adalah Shift, arah panah (kiri, kanan, atas, bawah), CTRL, Home, End, PgUp dan PgDn.

Berikut kombinasi-kombinasi yang dapat kamu lakukan untuk blok tulisan.

  1. Tekan “Shift” + tekan tombol “panah ke kiri” untuk melakukan blok tulisan per karakter ke sebelah kiri.
  2. Tekan “Shift” + tekan tombol “panah ke kanan” untuk melakukan blok tulisan per karakter ke sebelah kanan.
  3. Tekan “Shift” + tekan tombol “panah ke atas” untuk melakukan blok tulisan per baris ke atas.
  4. Tekan “Shift” + tekan tombol “panah ke bawah” untuk melakukan blok tulisan per baris ke bawah.
  5. Tekan “Shift” + tekan “CTRL” + tekan tombol “panah ke kiri” untuk melakukan blok tulisan per kata ke sebelah kiri sampai awal kata.
  6. Tekan “Shift” + tekan “CTRL” + tekan tombol “panah ke kanan” untuk melakukan blok tulisan per kata ke sebelah kanan sampai akhir kata.
  7. Tekan “Shift” + tekan “CTRL” + tekan tombol “panah ke atas” untuk melakukan blok tulisan per paragraf ke atas sampai awal paragraf.
  8. Tekan “Shift” + tekan “CTRL” + tekan tombol “panah ke bawah” untuk melakukan blok tulisan per paragraf ke bawah sampai akhir paragraf.
  9. Tekan “Shift” + tekan “Home” untuk melakukan blok tulisan sampai ke awal baris.
  10. Tekan “Shift” + tekan “End” untuk melakukan blok tulisan sampai ke akhir baris.
  11. Tekan “Shift” + tekan “CTRL” + tekan “Home” untuk melakukan blok tulisan sampai ke awal dokumen.
  12. Tekan “Shift” + tekan “CTRL” + tekan “End” untuk melakukan blok tulisan sampai ke akhir dokumen.
  13. Tekan “Shift” + tekan “PgUp” untuk melakukan blok tulisan beberapa baris ke atas.
  14. Tekan “Shift” + tekan “PgDn” untuk melakukan blok tulisan beberapa baris ke bawah.
  15. Tekan “CTRL” + tekan tombol “A” untuk melakukan blok tulisan seluruh dokumen.

Mudah bukan cara ngeblok tulisan di laptop? Tidak hanya menggunakan cara blok di mouse saja, kamu juga dapat melakukan blok menggunakan keyboard. Kamu juga bisa lebih mengetahui cara ngeblok tulisan yang tidak hanya itu-itu saja.

Dengan cara menggunakan kombinasi di keyboard untuk melakukan blok ini lebih membantu kamu dalam menyelesaikan pekerjaan agar lebih cepat dilakukan.

FAQ | Pertanyaan Tentang (Cara Ngeblok Tulisan di Laptop)

Apakah Cara Ngeblok Tulisan di Laptop Menggunakan Keyboard Dapat Dilakukan?

Selain menggunakan mouse, kamu juga bisa melakukan blok teks hanya menggunakan keyboard, kamu bisa mengkombinasikan beberapa tombol di keyboard untuk melakukan blok.

Bagaimana Cara Memblok Semua Tulisan Hanya Menggunakan Keyboard?

Tekan “CTRL” + tekan tombol “A” untuk melakukan blok tulisan seluruh dokumen.

1 Fashion murah

Apa Saja Kombinasi yang Diperlukan untuk Melakukan Blok Pada Keyboard?

Macam-macam tombol yang digunakan untuk kombinasi adalah Shift, arah panah (kiri, kanan, atas, bawah), CTRL, Home, End, PgUp dan PgDn

Bagaimana Cara Memblok Tulisan Per kata Hanya Menggunakan Keyboard?

Tekan “Shift” + tekan “CTRL” + tekan tombol “panah ke kiri” untuk melakukan blok tulisan per kata ke sebelah kiri sampai awal kata.
Tekan “Shift” + tekan “CTRL” + tekan tombol “panah ke kanan” untuk melakukan blok tulisan per kata ke sebelah kanan sampai akhir kata.

Artikel Menarik Lainnya:

Blog Literasi dan Dunia Teknologi

Menu