Cara Pasang Tali Layangan yang Benar Agar Terbang Stabil

Cara pasang tali layangan jadi satu langkah penting dalam proses pembuatan layang-layang. Dengan memasang tali secara benar, layangan tentu dapat diterbangkan dan tidak mudah putus talinya. Proses pasang tali ini bisa dikatakan tidak mudah untuk yang belum punya pengalaman.

1 Fashion murah

Bermain layang-layang jadi satu aktivitas hiburan luar ruangan yang menyenangkan bagi banyak orang. Bukan hanya anak-anak, orang dewasa pun juga menyukai layang-layang. Untuk dapat menikmati aktivitas menerbangkan layangan, memasang talinya jadi satu langkah yang perlu kamu perhatikan.

fashion muslim murah

Cara Pasang Tali Layangan Agar Bisa Terbang

Ada beberapa proses yang perlu kamu lakukan agar bisa memasang tali layang-layang secara tepat dan benar. Berikut ini tahapan lengkap yang dapat kamu lakukan dalam memasang tali lapangan dengan baik dan benar.

1. Buat lubang dan pasang kenur

Langkah pertama dalam proses pasang tali layangan adalah membuat lubang terlebih dahulu. Buat lubang pada bagian belakang layangan di dua titik atas dan bawah. Lubang dibuat pada bagian persimpangan batang horizontal dan vertikal serta di bagian bawah.

Masing-masing titik punya dua lubang di kanan dan kiri. Kamu dapat menggunakan batang lidi atau gunting dalam membuat lubang tersebut. Usahakan agar lubang tidak terlalu besar dan pasti dengan tali atau kenur yang akan digunakan pada layangan.

2. Memasang kenur ke layangan

Cara pasang tali layangan selanjutnya adalah memasang kenur ke lubang yang sudah dibuat. Berikut ini tahapan untuk memasang kenur ke layangan.

1 Fashion murah
  • Lipat dua untai kenur yang panjangnya kurang lebih 2 meter atau dapat disesuaikan dengan ukuran layangan
  • Masukkan ujung lipatan kenur tersebut dengan panjang kurang lebih 5cm ke dalm lubang bagian atas lewat belangan layangan
  • Balik layangan dan ikat bagian kenur dari depan layangana
  • Masukkan kenur pada ujung satunya ke lubang bagian bawah
  • Pastikan rangka kenur vertikal agar seimbang untuk bisa menerbangkan layangan

3. Membuat Simpul pada Kenur

Proses penting yang perlu diperhatikan pada saat proses dan cara pasang tali layangan adalah membuat simpul. Pembuatan simpul ini penting agar tali layangan tidak mudah lepat atau putus. Berikut beberapa pertimbangan proses pembuatan simpul saat memasang tali lapangan.

  • Ikat terlebih dahulu bagian senur di lubang bawah
  • Pastikan ikatan dilakukan dua kali agar lebih kuat
  • Ikat simpul pada bagian lingkaran kenur dengan panjang kurang lebih 20 cm atau sesuai ukuran layangan
  • Ikatkan kenur yang panjang tersebut ke bagian lingkaran yang sudah dibuat
  • Sambungkan kenur ke tali layangan lainnya

Dengan tiga cara tersebut, kamu sudah dapat membuat tali untuk layangan. Memasang tali layangan butuh pengalaman agar bisa tahu yang paling benar dan seimbang. Proses pasang tali ini dapat berpengaruh terhadap kemampuan layangan untuk bisa terbang.

Memilih Jenis Tali Layangan Penting agar Aman Digunakan

Selain memahami cara pasang tali layangan seperti dijelaskan di atas, kamu juga harus mengerti pilihan tali yang cocok untuk digunakan. Berikut ini daftar jenis tali yang cocok digunakan untuk layangan dengan karakternya masing-masing.

1. Benang Gelasan

Pilihan tali pertama yang dapat kamu gunakan ini cocok untuk layangan yang diadu dengan lainnya. Benang gelasan yang tajam dapat membuat putus tali layangan lainya. Dalam menggunakan benang gelasan pakailah sarung tangan agar tidak tergores oleh tajamnya benang tersebut.

2. Benar Poliester

Pilihan tali kedua yang dapat kamu gunakan dalam menerbangkan layangan adalah Poliester. Benang ini lebih kuat dibandingkan jenis benang lain yang digunakan dalam tahapan cara pasang tali layangan. Benar Poliester relatif lebih murah dibandingkan dengan benar katun maupun nilon.

3. Benang Nilon

Benang bengkok, dikepang, dan benang pancing merupakan ketiga jenis nilon yang bisa digunakan sebagai tali layangan. Nilon termasuk benang yang cocok untuk digunakan pada pemain layangan anak – anak karena murah, mudah ditangani, dan lebih aman.

1 Fashion murah

4. Benang Katun

Pilihan benang lain yang juga dapat digunakan pada layang-layang adalah benang katun. Benang katun mudah di dapat dan tersedia di warung terdekat. Benang katun ini lebih aman untuk penggunaan bagi anak-anak karena halus dan tidak tajam.

5. Benang Kenur

Benang ini secara umum memang banyak digunakan untuk bermain layangan. Benang kenur memiliki karakter yang bisa digunakan untuk layangan duel namun tetap aman. Keuntungan lain dari benang kenur adalah bobotnya yang ringan sehingga memudahkan layangan untuk terbang.

FAQ | Pertanyaan Tentang Cara Pasang Tali Layangan

Apakah cara pasang tali ke layangan berpengaruh terhadap kemampuan terbang dari layang-layang ?

Iya, pemasangan tali ke layangan harus dilakukan dengan benar dan seimbang agar kendala terbang layangan mudah dan tidak mudah jatuh.

Apa benang atau tali layangan yang cocok untuk digunakan anak-anak ?

Katun merupakan pilihan tali atau benang layangan yang cocok digunakan anak-anak karena lebih halus dan tidak tajam namun tetap saja perlu hati – hati saat memakainya.

1 Fashion murah

Artikel Menarik Lainnya: